Alam, Air Terjun, Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Jantur Air Terjun Ujoh Bilang, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu – photo credit @madeewidianii on instagram

Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu – Long Bagun adalah salah satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Long Bagun memiliki 11 kampung yang kaya akan potensi wisata alam dan budaya yang luar biasa mempesona.

Diantaranya adalah Kampung Batoq Kelo, Batu Majang, Long Bagun Ilir, Long Bagun Ulu, Long Hurai, Long Melaham, Long Merah, Memahak Ilir, Memahak Ulu, dan Ujoh Bilang. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Long Bagun yang patut kalian kunjungi.

1. Jantur Air Terjun Ujoh Bilang

Jantur Air Terjun Ujoh Bilang, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Jantur Air Terjun Ujoh Bilang, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu – photo credit @madeewidianii on instagram

Jantur Air Terjun Ujoh Bilang atau yang disebut juga dengan Air Terjun Kohong merupakan Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu. Tepatnya di Desa Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur. Objek wisata ini adalah salah satu daya tarik utama sektor wisata di Kabupaten Mahakam Ulu.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter dan lebar 15 meter. Ia dikelilingi oleh hutan dan pepohonan hujau yang menambah pesona dan daya tarik air terjun. Lokasi wisata ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati suasana segarnya air terjun dan sejuknya pepohonan hutan.

Kalian hanya perlu berjalan sekitar 5 menit melewati hutan dari lokasi parkir kendaraan ke lokasi air terjun. Jarak ini masih terbilang ideal ditempuh oleh keluarga kalian yang  berusia lebih dari 60 tahun.

Baca juga ya: 

Selain pesona wisatanya, aksesnya yang terbilang cukup mudah dan strategis turut menambah poin plus dari objek wisata ini karena berada di dekat Ibukota Kabupaten Mahakam Ulu, yaitu Kota Ujoh Bilang.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini, kalian hanya perlu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi atau naik ojek dari Ibukota Kabupaten. Apabila kalian dari luar kota, kalian bisa memilih menggunakan moda transportasi perahu atau pesawat karena Kota Ujoh Bilang telah memiliki pelabuhan dan bandara sendiri.

2. Sungai Mahakam

6 Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu 1

Sungai Mahakam – photo credit: pesona.travel

Sungai Mahakam merupakan  sungai paling besar yang membelah Provinsi Kalimantan Timur. Panjangnya mencapai 920 km, melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat hingga Kutai Kartanegara di hulu, Kota Samarinda di hilir, dan bermuara di Selat Makassar.

Sungai Mahakam menjadi sumber utama yang menopang kehidupan masyarakat Kalimantan Timur di sepanjang aliran dari hulu hingga hilir, dan anak sungainya. Di antaranya, Sungai Belayan, Sungai Kedang Kepala, Sungai Lawa, Sungai Tenggarong dan Sungai Telen.

Tepian sungai mahakam  juga dimanfaatkan sebagai objek wisata, tempat bersantai menikmati panorama senja di sore hari bagi para wisatawan dan bercengkerama dengan teman atau keluarga.

Kalian yang mengunjungi tepian sungai ini juga dapat menyaksikan lumba-lumba air tawar antara pukul 06.00 – 08.00 atau 16.00 – 18.00 WITA, apabila kalian beruntung. Sebab, lumba-lumba ini tidak muncul setiap musim. Selain lumba-lumba air tawar, ada juga beberapa jenis mamalia yang dapat kalian saksikan, seperti Bangau Tong-Tong, Bekantan, Raja Udang, Berang-Berang, Lutung, dan Enggang. Menarik sekali bukan?

Sayangnya, hari ini pemandangan di Sungai Mahakam tidak lagi seperti dulu. Keasriannya mulai digantikan dengan tongkang-tongkang batu bara, terutama di wilayah hulu. Tetapi, kalian masih tetap dapat menikmati keeksotisan sungai terbesar di Kaltim ini kok.

3. Sungai Cinta

Sungai Cinta, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Sungai Cinta, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu – photo credit: travel.detik.com

Sungai Cinta yang berada di wilayah Kampung Sumalindo menjadi salah satu Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu. Tempat indah ini  merupakan kawasan sungai dengan hamparan rerimbunan pohon hijau dan rumah-rumah warga di tepiannya.

Sungai ini memiliki aliran air yang tenang dan jernih, sehingga digunakan penduduk kampung sebagai sumber air bersih. Kawasan ini tidak hanya menawarkan jernihnya air sungai dan segarnya pemandangan hijau dari pepohonan hutan, tetapi juga terdapat air terjun atau jantur.

Setelah melintasi sungai cantik ini, kalian akan menemukan sebuah air terjun alami yang disebut dengan Air Terjun Cinta. Indah sekali bukan?

4. Kampung Batu Majang

Kampung Batu Majang, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Kampung Batu Majang, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu – photo credit @Uti Fitri on Twitter

Bagi kalian yang menyukai wisata adat dan budaya, Kampung Batu Majang di Long Bagon, Mahakam Ulu ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi buat kalian. Mayoritas penduduk di kampung ini adalah Suku Dayak Kenyah. Dibandingkan dengan Suku Dayak yang ada di Pulau Kalimantan, Suku Dayak Kenyah ini memiliki ciri khas dalam pengucapan bahasa dan dialeknya.

Kampung Batu Majang jini sudah menjadi salah satu Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu yang wajib kalian kunjungi. Kampung adat ini terletak di seberang Kota Ujoh Bilang. Oleh karenanya, untuk  menuju kesana, dari Kota Ujoh Bilang kalian harus melalui jalan di tengah hutan dan menyeberangi Sungai Mahakam.

Kalian akan dikenakan tarif Rp. 10.000/orang dan Rp. 5000/motor untuk menyeberang ke Kampung Batu Majang menggunakan kapal dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Setelah sampai disana, kalian bisa menyewa motor untuk mengelilingi kampung ini dengan biaya Rp. 100.000/motor/hari.

Baca juga ya:

Biaya yang kalian keluarkan akan sebanding dengan kepuasan kalian menikmati suasana kampung adat dan mengikuti berbagai kegiatan adat yang dilakukan oleh masyarakat adat lokal.

Diantaranya, kalian dapat mengikuti acara adat perayaan panen yang diadakan di Rumah Adat Lamin yang juga digunakan sebagai balai pertemuan masyarakat setempat. Rumah Adat Lamin dihiasi dengan ukiran khas Suku Dayak. Rumah adat ini dibangun memanjang agar dapat menampung banyak orang.

Selain perayaan panen, kalian dapat menyaksikan acara-acara dan mengunjungi destinasi wisata lain yang dikembangkan secara khusus untuk mendukung potensi kampung wisata. Diantaranya, tarian adat, perkawinan adat, alat musik, kerajinan, serta wisata alam seperti Hutan Lindung, Goa, Sungai Alan dan Ladang Padi.

5. Riam Udang

6 Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu 2

Riam Udang, Mahakam Ulu – photo credit: kaltim.tribunnews.com

Riam Udang merupakan Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu lainnya yang bisa kalian kunjungi. sebutan untuk arus sungai yang cukup deras (jeram) di hulu Sungai Mahakam.

Derasnya aliran air dan terdapat banyak bebatuan besar di sepanjang Riam Udang menyebabkan riam ini dimanfaatkan sebagai salah satu wisata air, yaitu arung jeram yang paling menantang di Kalimantan Timur.

Meskipun tak sedikit yang telah menjadi korban ganasnya Riam Udang, tetapi banyak yang tertarik berpetualang memacu adrenalin dengan melakukan arung jeram.

Memang, di tengah tegang dan menakutkannya perjalanan melintasi derasnya aliran riam, kalian akan menemukan pemandangan yang amat eksotis dari air terjun yang tenang dan alami. Salah satunya adalah air terjun Jantur Kenheq yang masih terjaga keindahan dan keasriannya.

6. Batu Dinding, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Batu Dinding, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu

Batu Dinding, Tempat Wisata di Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu – photo credit: getborneo.com

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur memang menawarkan berbagai keunikan dan eksotisme bentang alam tersendiri. Salah satunya adalah adanya bebatuan karst yang menjulang tinggi setinggi 80 meter dan sepanjang 10 km di tepi kiri Sungai Mahakam ini. Batu dinding yang menawan ini telah terbentuk ratusan hingga ribuan tahun lalu.

Batu Dinding tersebut bagaikan gerbang selamat datang bagi masyarakat yang menggunakan Sungai Mahakam sebagai sarana transportasi. Kini, dinding batu tersebut dimanfaatkan sebagai salah satu objek wisata yang paling digemari untuk ber-swafoto ketika melintasi Sungai Mahakam. Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk melestarikan sungai dan sarana transportasi airnya.

Nah, itulah 6 destinasi wisata di wilayah Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur yang dapat kalian masukkan dalam rencana perjalanan wisata untuk kalian kunjungi.

Pada dasarnya, keenam destinasi wisata tersebut tidak mematok tarif masuk ke lokasi wisata, sehingga dalam hal ini, kalian bisa menghemat pengeluaran. Tetapi, bagi kalian yang berada di luar kota Long Bagun, kalian perlu menyiapkan uang yang cukup untuk biaya perjalanan. Sebab memang untuk mencapai lokasi wisata, kalian harus berpindah-pindah moda transportasi.

Misalnya, bagi kalian yang berangkat dari Balikpapan, kalian harus naik mobil selama kurang lebih 12 jam dari Bandara Balikpapan ke Pelabuhan Tering, Kabupaten Kutai Barat. Dari Pelabuhan Tering ini kalian harus naik speed boat ke Dermaga Ujoh Bilang selama kurang lebih 4 jam dengan biaya Rp. 250.000.

Tapi percayalah, kalian tidak akan menyesali perjalanan kalian. Karena selama naik speed boat, kalian akan disuguhi pemandangan indah hutan belantara dan rumah panggung warga di sepanjang kanan kiri sungai saat melintasi luasnya Sungai Mahakam.

Sebenarnya biaya tersebut terhitung relatif murah karena kalian akan mendapatkan makan siang di rumah makan apung yang terletak di Kecamatan Laham, Kabupaten Mahakam Ulu. Setelah 2 jam menyusuri Sungai Mahakam, kalian pasti akan berhenti disini.

Ini juga menandakan separuh perjalanan kalian menuju Dermaga Ujoh Bilang. Bayangkan betapa asyiknya sensasi makan siang di tengah Sungai Mahakam sambil mengamati aktivitas warga lokal disana.

2 Comments

  1. Edi sopiyan

    Baru tau ada nama sungai cinta di kampung sumalindo itu, nama aslinya apa ya?

Leave a Reply