Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Kuala Kapuas Kalimantan Tengah

Pulau Telo Kapuas, Tempat wisata di Kuala Kapuas Kalimantan Tengah

Pulau Telo Kapuas, Tempat wisata di Kuala Kapuas Kalimantan Tengah - Journey Of Drone

Tempat wisata di Kuala Kapuas – Kuala Kapuas adalah ibu kota dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kota ini dilalui oleh Sungai Kapuas yang juga menjadi tulang punggung perekonomian daerah tersebut. Kuala Kapuas termasuk kota satelit bagi Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dahulu, perjalanan dari Kuala Kapuas ke Banjarmasin melewati Sungai Kapuas dan Barito, sedangkan sekarang perjalanan tersebut bisa ditempuh dengan jalan darat melalui Jembatan Barito (dekat Banjarmasin) dan Jembatan Pulau Petak (Kuala Kapuas) dengan jarak 46 km.

Tempat wisata di Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas sangat banyak dan indah-indah. Maka dari itu, jika kebetulan datang ke tempat ini jangan lupa untuk mampir ke tempat wisatanya. Berikut ini akan dijelaskan tempat wisata apa saja yang berada di Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas. Semuanya hits dan populer sehingga dijamin kamu dan keluarga tidak akan kecewa jika mendatanginya. Ini dia destinasi wisata yang dimaksud:

1. Bundaran Besar Kuala Kapuas

Bundaran Besar Kuala Kapuas

Bundaran Besar Kuala Kapuas

Tempat wisata di Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas yang pertama adalah Bundaran Besar Kuala Kapuas. Ini merupakan tempat wisata yang menarik dan cocok dijadikan tempat untuk melepas penat.

Di Bundaran Besar Kuala kapuas kamu bisa melihat patung-patung diorama khas Dayak yang dibangun di atas tugu bundaran. Artinya tempat wisata ini bisa juga dijadikan sebagai destinasi pelesir edukasi bagi anak-anak.

Tak hanya itu, pihak pengelola juga sudah membangun beberapa sarana taman bermain yang menarik dan aman. Maka dari itu, jika sedang ke Kuala Kapuas jangan lupa mampir ke Bundaran Besar Kuala Kapuas.

2. Tugu Batang Garing

Tugu Batang Garing, Tempat wisata di Kuala Kapuas

Tugu Batang Garing, Tempat wisata di Kuala Kapuas – foto kataomed.com

Tugu Batang Garing adalah tugu yang terletak di tengah-tengah bundaran jalan Pemuda Kuala Kapuas. Tugu ini tidak hanya sebagai pemanis jalan protokol tetapi juga sebagai tempat untuk menikmati keindahan bagi masyarakat setempat. Bahkan Tugu ini menjadi salah satu Tempat wisata di Kuala Kapuas.

Pihak pengelola sendiri yaitu Pemkab Kapuas terus mendandani Tugu Batang Garing dengan berbagai macam fasilitas wisata. Bahkan tanaman hias yang ditanam di sana memiliki warna dan jenis yang bermacam-macam.

Karena pesona inilah Tugu Batang Garing layak dijadikan sebagai sarana untuk berfoto selfie Jangan khawatir spot fotonya juga tersedia dan dijamin instagramable dan memukau.

3. Taman Raja Bunu

Taman Raja Bunu, Tempat wisata di Kuala Kapuas

Taman Raja Bunu, Tempat wisata di Kuala Kapuas – foto banjarmasin.tribunews.com

Jika kamu penyuka wisata pemandangan alam silakan datang saja ke Taman Raja Bunu Kapuas. Tempat wisata di Kuala Kapuas Ini merupakan flower park yang sangat menarik karena dipenuhi dengan berbagai jenis bunga dan pepohonan.

Pihak pengelola juga memenuhi taman dengan berbagai sarana wisata. Selain sudah ada gazebo, juga ada beberapa pedagang yang berjualan di sana. Tak hanya itu, fasilitas playground untuk anak-anak juga tersedia.

Biasanya Taman Raja Bunu juga dijadikan tempat para seniman mementaskan kesenian yang digelutinya. Maka dari itu, masyarakat setempat kadang menyebutnya dengan sebutan Taman Budaya.

4. Pulau Telo Kapuas

Pulau Telo Kapuas, Tempat wisata di Kuala Kapuas

Pulau Telo Kapuas, Tempat wisata di Kuala Kapuas – Journey Of Drone

Tempat wisata di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas yang selanjutnya adalah Pulau Telo. Gugusan nusa ini berada tepat di tengah-tengah Sungai Kapuas yang terkenal sebagai sungai terbesar di sana.

Salah satu keistimewaan Pulau Telo adalah memiliki panorama alam persawahan yang sangat asri. Bahkan sebagian besar wilayah hutan dan perbukitannya masih belum tersentuh tangan-tangan manusia.

Tak hanya itu, wilayah pesisirnya juga sangat indah sekalipun masih belum menjadi objek wisata yang resmi. Sekalipun demikian, masyarakat setempat sering menikmati senja dengan duduk-duduk di pinggir pantai.

Karena alasan inilah Pulau Telo bisa menjadi tempat wisata rujukan di Kuala Kapuas. Apalagi rencananya pulau ini akan dijadikan sebagai pesona wisata perintis di Kapuas.

5. Pantai Teluk Gabang

Pantai Teluk Gabang, Tempat wisata di Kuala Kapuas

Pantai Teluk Gabang, Tempat wisata di Kuala Kapuas- foto berbagifoto123.blogspot

Pantai Teluk Gabang adalah Tempat wisata di Kuala Kapuas yang berada di kecamatan Kuala Kapuas. Sebuah destinasi yang layak dikunjungi terutama saat menjelang sunrise dan sunsite.

Sekalipun termasuk tempat wisata baru di kecamatan Kuala Kapuas, Pantai Gabang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat. Bahkan sudah ada beberapa fasilitas wisata di sana yang di antaranya ada gazebo dan gardu pandang sederhana.

Tak hanya itu, jarak dari kota Kuala Kapuas juga tidak terlalu jauh. Kamu hanya cukup menyeberang saja menggunakan speedboat yang memakan waktu selama satu jam.

6. Pantai Cemara Labat

Pantai Cemara Labat

Pantai Cemara Labat – dipora.kapuas.kab

Pantai Cemara Labat adalah tempat wisata di Kuala Kapuas yang layak untuk dikunjungi. Namun untuk mendatanginya pastikan di musim kemarau karena di musim hujan air pasang sehingga pantai tidak terlihat.

Sekalipun pasirnya masih tidak se-eksotis pantai lain, tetapi dari segi pemandangan pantai Cemara Labat tidak kalah. Bahkan di beberapa wilayah terdapat spot foto yang terbentuk secara alami.

***

Itulah beberapa tempat wisata di Kuala Kapuas kabupaten Kapuas yang layak untuk dikunjungi. Maka dari itu, silakan persiapkan budget dan bekal wisata saat ini juga.

Leave a Reply