Budaya, Daftar Wisata, Masjid

5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi 1

Masjid Sunan Ampel. Foto: IDN Times

Selain wisata alam, kuliner, dan wisata budaya, Indonesia juga memiliki wisata religi yang tidak kalah unik dan menariknya untuk dikunjungi. Bagi kamu yang beragama Islam, kali ini seringjalan.com akan merangkum 5 Masjid bersejarah yang ada di Indonesia yang wajib kamu datangi.

5 Masjid Bersejarah di Indonesia Sebagai Tempat Wisata Religi

Berikut ini adalah daftar 5 Masjid bersejarah di Indonesia yang wajib kamu datangi sebagai tujuan wisata religi berikutnya, berikut liputannya.

1. Masjid Sunan Ampel (Surabaya)

5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi 4

Foto: IDN Times

Masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Ampel ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Setiap tahunnya, masjid ini selalu ramai dengan wisatawan yang ingin menikmati wisata religi di daerah Ampel yang sudah terkenal ini.

Sesuai dengan namanya, masjid yang satu ini didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421. Sunan Ampel sendiri adalah salah satu dari sembilan Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Pada tahun 1481, Sunan Ampel wafat dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel. Hingga saat ini, banyak wisatawan yang datang kesini untuk berziarah ke makam Sunan Ampel. Tapi ingat, meminta hanya kepada Tuhan ya teman – teman, bukan kepada kuburan.

2. Masjid Agung (Banten)

Setelah dari Surabaya, mari kita beranjak ke Banten. Sekitar 10 km dari Kota Serang, ada masjid yang sangat bersejarah bernama Masjid Agung. Masjid ini telah dibangun sejak tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama dari Kesultanan Banten.

Sultan Maulana Hasanuddin merupakan putra dari Sunan Gunung Jati, juga merupakan salah satu sunan yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Di dalam kompleks masjid ini, terdapat makam para sultan Banten dan keluarganya, termasuk Sultan Maulana Hasanuddin sendiri.

3. Masjid Agung (Demak)

5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi 5

Foto: Instagram @y.frankgita

Setelah membahas tentang 2 masjid yang berada di Jawa Timur dan Jawa Barat, kali ini kita akan pergi ke Jawa Tengah, tepatnya di Masjid Agung Kudus.  Masjid ini didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1401 Saka dan kabarnya menjadi tempat berkumpulnya para Wali Songo.

Sama seperti dua masjid sebelumnya, dalam kompleks masjid ini terdapat makam – makam dari para raja kerajaan Demak, termasuk Raden Patah sendiri yang merupakan raja pertama di kerajaan Demak.

4. Masjid Menara (Kudus)

Masih di Jawa Tengah, kita pergi ke kota Kudus. Di kota ini, terdapat salah satu masjid peninggalan Wali Songo yaitu Masjid Menara. Masjid ini dibangun pada tahun 1549 masehi oleh Sunan Kudus yang juga merupakan anggota Wali Songo.

Masjid ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan masjid – masjid lain karena memiliki bentuk bangunan yang memadukan antara budaya Islam dan budaya Hindu-Buddha. Di bangunan masjid ini, terdapat menara yang bentuknya menyerupai bangunan candi yang terdapat dalam budaya Hindu-Buddha.

5. Masjid Mantingan (Jepara)

5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi 6

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Bergeser sedikit dari kota Kudus, kita menuju ke kabupaten Jepara di Jawa Tengah. Disini, ada sebuah masjid yang sudah dibangun oleh Ratu Kalinyamat sejak tahun 1481 Saka atau 1559 masehi. Masjid ini bernama Masjid Mantingan, terletak di desa Mantingan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Pada masanya, masjid ini merupakan pusat penyebaran agama Islam di wilayah pesisir utara pulau Jawa dan merupakan masjid terpenting kedua dalam Kesultanan Demak setelah Masjid Agung Demak yang tadi sudah kita bahas.

Sama seperti masjid – masjid bersejarah lainnya, di dalam kompleks masjid ini terdapat makam Sultan Hadlirin (Sunan Mantingan) dan istrinya, Ratu Kalinyamat. Banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid ini untuk berziarah.

Namun selalu ingat ya untuk tidak meminta sesuatu apapun dari makam – makam yang ada di masjid – masjid bersejarah. Para Sultan dan Sunan memanglah manusia – manusia yang spesial dan istimewa, namun mereka tetaplah manusia biasa. Tidak ada tempat meminta selain kepada Tuhan ya, teman teman.

Demikian pembahasan mengenai daftar masjid bersejarah di Indonesia yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata religi ketika mengisi waktu liburan di bulan Ramadhan. Kelima masjid diatas berperan sangat penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Sampai bertemu di artikel – artikel selanjutnya!

Leave a Reply