Alam, Bukit, Daftar Wisata, Danau, Harga Tiket

6 Tempat Wisata di Kasongan Kabupaten Katingan

Tempat Wisata di Kasongan

Wisata Danau Biru, Tempat Wisata di Kasongan Katingan-sumber: Wisatasia.com

Tempat Wisata di Kasongan – Katingan adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten ini memiliki semboyan “Penyang Hinje Simpei” yang artinya Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama.

Di kabupaten ini banyak menyimpan tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Oleh karena itu jangan lewatkan liburanmu untuk tidak mengunjungi kabupaten ini.

Daftar Tempat Wisata di Kasongan Kabupaten Katingan

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Kasongan Kabupaten Katingan yang wajib untuk dikunjungi.

1. Objek Wisata Bukit Bulan Kabupaten Katingan

6 Tempat Wisata di Kasongan Kabupaten Katingan 1

Bukit Bulan, Kabupaten Katingan-sumber: Pariwisataku.com

Tempat wisata pertama yang wajib kalian kunjungi saat travelling ke Katingan adalah Bukit Bulan. Tempat wisata Bukit Bulan berada di kawasan Taman Nasional Subangau, Kalimantan Tengah.

Daya tarik objek wisata Bukit Bulan ini adalah panorama keindahan flora dan fauna yang masih dirawat dengan baik. Kemudian, di Bukit Bulan juga terdapat penangkaran sarang lebah madu. Sehingga tak heran apabila kecamatan ini merupakan penghasil madu terbaik. Pesonanya ini jugalah yang membuat Bukit Bulan menjadi salah satu Tempat Wisata di Kasongan  yang menarik.

2. Taman Nasional Sebangau Kabupaten Katingan

6 Tempat Wisata di Kasongan Kabupaten Katingan 2

Taman Nasional Sebangau, Kab. Katingan-sumber: Pedomanwisata.com

Taman Nasional ini berada di Kabupaten Pulang Pisau, Palangka Raya, dan Kabupaten Katingan. Taman Nasional ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Secara administratif, Taman Nasional Sebangau memiliki luas wilayah kurang lebih 1, 5 juta hektare. Taman Nasional yang merupakan kawasan pelestarian alam ini dihuni oleh satwa endemik seperti Orangutan Borneo dan spesies burung yang sudah mulai langka.

Selain itu pada hari-hari tertentu, kalian juga bisa menyaksikan atraksi budaya Tiwah oleh masyarakat Dayak Pedalaman.

Untuk bisa menuju ke kawasan Taman Nasional tersebut.

Kalian harus menyusuri sungai Katingan menggunakan speedboat atau  kelotok selama kurang lebih 2 jam lamanya.

3. Objek Wisata Danau Bulat Kabupaten Katingan

Danau Bulat, Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan

Danau Bulat, Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan -sumber: Pariwisataku.com

Lokasi Objek wisata Danau Bulat berada di desa Jahanjang, Kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Di sini kalin bisa menikmati keindahan wisata air dimana airnya masih alami dan juga tenang.

Pesona keindahan Danau Bulat membuatnya menjadi Danau Bulat, Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan yang jug atak boleh kalian lewatkan. Selain menikmati pemandangan air yang menyejukkan mata, di tempat wisata Danau Bulat juga terdapar fasilitas gazebo atau pondok tempat untuk beristirahat.

4. Objek Wisata Bukit Batu Kabupaten Katingan

Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan

Bukit Batu, Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan -sumber: Borneonews.co.id

Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan selanjutnya yang harus kalian kunjungi saat travelling ke kota cantik ini adalah adalah Bukit Batu.

Bukit Batu ini merupakan landmark nya kota Kasongan. Mengapa disebut Bukit Batu? Karena di wisata ini kalian bisa menemukan batu-batu yang sangat besar saling bersusun menjadi sebuah bukit.

Konon, masyarakat sekitar menganggap Bukit Batu adalah tempat yang keramat. Dimana terdapat sesajen yang berada di atas batu dan bukit ini pernah menjadi tempat pertapaan pahlawan nasional Tjilik Riwut.

Objek wisata Bukit Batu terletak di kota Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Untuk bisa masuk ke Bukit Batu kalian harus membayar uang sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Murah sekali bukan.

5. Kebun Raya Kabupaten Katingan

6 Tempat Wisata di Kasongan Kabupaten Katingan 3

Kebun Raya Katingan-sumber: Lancangkuning.com

Kebun Raya ini dibuat sebagai pusat konservasi tumbuhan buah-buahan asli Indonesia. Objek wisata Kebun Raya Katingan memiliki luas lahan sekitar 102.7 hektare.

Tempat Wisata di Kasongan kabupaten Katingan ini memberikan tak hanya pemandangan indah saja namun juga edukasi bagi para pengunjungnya. Di sini kalian bisa melihat bermacam-macam koleksi tumbuhan buah tropis yang ada di Indonesia.

Selain sebagai tempat konservasi, Kebun Raya ini juga dijadikan tempat wisata edukasi dan juga penelitian. Jadi, kalian bisa jalan-jalan melihat tumbuhan sembari belajar juga.

6. Objek Wisata Bundaran Durian Kabupaten Katingan

6 Tempat Wisata di Kasongan Kabupaten Katingan 4

Bundaran Durian, Kab. Katingan-sumber: Wisato.id

Jika berkunjung ke Provinsi Kalimatan Tengah, terutama liburan ke Kabupaten Katingan jangan lupa mampir ke Bundaran Durian.

Bundaran Durian ini dibuat sebagai simbol bahwa Kabupaten Katingan merupakan salah satu daerah penghasil buah Durian terbaik.

Oleh karena itu, Pemerintah sempat mendirikan bangunan Bundaran Durian ini sebagai ikon Kabupaten Katingan.

Di tempat ini kalian bisa mengabadikan momen saat berada di kawasan sekitar Bundaran Durian.

Lokasi Menuju ke Kota Kasongan Kabuapten Katingan

Berwisata ke kota Kasongan ini sangat mudah ditempuh oleh berbagai kendaraan umum dan juga sangat dekat lokasinya dari pusat kota. Letak kota Katingan yang hanya berada sekitar 80 kilometer dari Kota Palangkaraya membuatnya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua, bus, ataupun travel umum.

Sumber: Idntimes.com, pariwisataku.com, wisato.id

Leave a Reply