Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Bukit, Gua

6 Tempat Wisata di Kabupaten Sarolangun

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Bukit Tempurung

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Bukit Tempurung - Sumber: jalanbareng.com

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun – Sarolangun merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Kabupaten dengan luas 6174 km2 ini merupakan salah satu kabupaten terluas di Jambi.

Sarolangun terletak di tengah-tengah daratan Provinsi Jambi. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa sarolangun tidak menawarkna tempat wisata yang bagus. Padahal, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa sarolangun menyimpan banyak tempat wisata yang menarik.

Sarolangun punya berbagai wilayah menarik yang patut dijadikan sebagai destinasi wisata. Apa saja itu? Berikut ini 6 tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang sebaiknya kamu tau dan wajib dikujungi.

1. Air Terjun Talun Saluro

Nah, salah satu tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Talun Saluro. Air terjun ini sangat indah dan memiliki panorama sangat mengagumkan dengan ketinggiannya yang mencapai 25 meter.

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Air Terjun Talun Saluro

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Air Terjun Talun Saluro – Sumber: Mangaloksa Hasibuan

Air Terjun Talun Saluro ini adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang ada di pedalaman. Hal itu yang membuatnya menjadi masih sangat alami dan asri. Kamu harus berjalan kaki selama sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke Air Trjun Talun Saluro. Uniknya, erjalanan akan melintasi area persawahan dan hutan belantara loh. Tertarik?

Kamu juga harus tau :

2. Bukit Seruling

Bukit Seruling merupakan tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang juga harus dikunjungi. Kamu bisa melihat panorama dan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian.

Bukit Seruling ini berada di Muara Air Duo, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Uniknya, apabila berada di Bukit Seruling ini, kamu akan seperti berada di atas awan loh. Bukit ini sangat sering diselimuti oleh kabut uap air sehingga itu membuat suasananya menjadi segar dan asri.

3. Bukit Tempurung

Tidak hanya itu, tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang juga sangat menarik adalah Bukit Tempurung. Sama halnya dengan Bukit Seruling, Bukit Tempurung ini sangat sering diselimuti oleh kabut uap air. Hingga Bukit Tempurung ini juga di sebut bukit di atas awan.

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Bukit Tempurung

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Bukit Tempurung – Sumber: jalanbareng.com

Sayangnya, bukit ini masih belum banyak diketahui orang lain. Sehingga tempatnya masih sangat tenang dan sepi. Nah, buat kamu yang menyukai ketenangan dalam keasrian, silahkan datang ke Bukit Temurung ini. Kamu akan rasakan sensasi alamnya yang luar biasa.

4. Goa Calaw Petak

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang cocok bagi kamu yang menyukai ekpedisi goa harus datang ke Goa Calaw Petak ini. Goa ini terletak di kecamatan Limun.

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Goa Calaw Petak

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Goa Calaw Petak – Sumber: thejambitimes.com

Uniknya lagi, Goa ini memiliki pintu masuk di Desa Malibung dan pintu keluarnya di Desa Napal Melintang dengan jarak 1,8 km. Tidak hanya itu, kamu akan menemui keindahan didalam goa berupa air sungai bawah tanah yang sangat jernih yang kedalamannya hanya selutut orang dewasa.

5. Taman Nasional Bukit Dua Belas

Ada juga nih tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang keren dan wajib kamu kunjungi. Taman Nasional Bukit Dua Belas, taman nasional di Kabupaten Sarolangun yang berlokasi di Kecamatan Pauh yang jaraknya sekitar 40 km dari Kabupaten Sarolangan.

Disana kamu bisa naik ke gardu pandang untuk bisa melihat taman nasional ini dari ketinggian. Tidak hanya itu, kamu bisa menemui beragam keanekaragaman flora dan fauna di sana. Bahkan uniknya lagi, di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas ini kamu bisa meejumpai Suku Anak Dalam loh.

Nah, bila penasaran dengan Suku Anak Dalam, kamu bisa datang ke Taman Nasional Bukit Dua Belas ini. Bahkan kini, Dinas Pariwisata wilayah setempat telah menyediakan program wisata semalam bersama Suku Anak Dalam. Pastinya sangat menantang kan.

Dari kota Jambi, kamu harus menaiki travel untuk menuju kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas ini di Kabupaten Sarolangun dengan biaya sekitar Rp 100.000. Bila perjalanan mulus, kamu akan tiba di sana setelah menempuh 6 jam perjalanan. Selanjutnya, karena letaknya yang berada di dalam hutan, kamu harus berjalan kaki sekitar satu jam menuju lokasi Suku Anak Dalam.

6. Tepian Cik Minah

Ini salah satu tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang cukup modern. Tepian Cik Minah merupakan kawasan wisata yang berupa River Side. Tepian Cik Minah ini tepat berlokasi di sisi Sungai Tembesi.

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Tepian Cik Minah

Tempat wisata di Kabupaten Sarolangun, Tepian Cik Minah – Sumber: wisato.id

Walaupun Kabupaten Sarolangun tidak memiliki pantai, kabupaten ini menyediakan kawasan wisata yang memiliki panorama indah. Bahkan Tepian Cik Minah ini menjadi tempat terbaik dalam menyaksikan pesona sunset loh.

Leave a Reply