Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone

images_Kue_cubit_Resep-coto-makassar-1200x900

Makanan Khas Watampone – Kabupaten Bone berada di provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kota terletak di Kota Watampone. Di daerah ini merupakan tempat kelahiran mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Kabupaten Bone terkenal dengan ragam kuliner yang menggugah selera. Ada beberapa kuliner khas bone yang mirip dengan kuliner di kota daerah Sulawesi Selatan. Karena budaya bugis masih sangat kental dan memiliki kesamaan pada beberapa kuliner khasnya

Kuliner khas bone terkenal dengan paduan rempah-rempah dan memiliki cita rasa unik pada makanan yang mengunggah selera. Berikut beberapa kuliner khas Watampone Kabupaten Bone adalah:

1. Nasu Likku

Nasu Likku, Makanan Khas Watampone

Nasu Likku,Makanan Khas Watampone – Foto: food.detik.com

Makanan Khas Watampone  yang pertama adalah Nasu Likku. Makan ini terbuat dari olahan daging ayam kampung dengan lengkuas. Khasnya terletak pada bumbu rempah lengkuas yang selalu dipadukan dengan pulut kuning. Paling enak disajikan dengan nasi putih hangat karena aroma lengkuasnya akan sangat terasa.

Pilihan ayam kampung, karena tekstur tidak cepat hancur, proses masak nasu likku sangat lama hingga bumbu mengental dan kuah tersisa sedikit sehingga ayam kampung yang dihasilkan akan lebih gurih. Biasanya nasu likku ditemukan pada perayaan lebaran.

2. Lawa Bale, Makanan Khas Watampone

Lawa Bale, Makanan Khas Watampone

Lawa Bale, Makanan Khas Watampone – Foto: etnis.id

Makanan Khas Watampone lainnya yang tak kalah menggodanya adalah Lawa Bale. Makann ini merupakan makanan unik yang terbuat dari bahan ikan mentah atau ikan segar. Jenis ikan yang digunakan beragam tergantung pada selera.

Proses masaknya dengan cara unik yaitu setelah dibersihkan bagian dalam ikan, rendam dengan asam cuka sekitar 15 menit atau 30 menit. Untuk bumbunya yaitu kelapa parut, bisa diparut atau disangrai, Kemudian ditambahkan mangga muda yang telah diserut, garam sedikit, perasan jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Baca juga ya :

3. Kue Baruasa

Kue Baruasa,Makanan Khas Watampone

Kue Baruasa,Makanan Khas Watampone – Foto: cookpad.com

Kue Baruasa merupakan kue kering yang terbuat dari Telur, gula merah serut, gula pasir, minyak goreng, kepala parut disangrai, tepung terigu, tepung beras, soda kue, pengembang kue, vanili. Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone ini menjadi salah satu cemilan yang bisa dijumpai dibanyak warung pinggir jalan.

Jajanan kue kering yang berbentuk bulat khas bone, terdapat dua rasa yaitu gula merah dan gula pasir original. Rasanya yang guri, manis sehingga cocok disantap bersama kopi atau teh hangat. Baruasa kerap kali dihidangkan oleh warga Bone setiap perayaan hari keagamaan dan acara pernikahan.

4. Kapurung

Kapurung, Makanan Khas Watampone

Kapurung, Makanan Khas Watampone – Foto: resepkoki.id

Kapurung merupakan Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone di Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari tepung sagu,  bumbu halus, tambahan udang, perasan jeruk nipis, garam dan penyedap rasa.

Sekilas memang mirip dengan makanan dari Papua yakni Papeda. Cara memasak Kapurung dengan mencampurkan ikan atau daging ayam dengan aneka sayuran. Kuliner ini dapat dijumpai di beberapa restoran di Makassar.

5. Coto Makassar

images_Kue_cubit_Resep-coto-makassar-1200x900

Coto Makassar, Foto: selerasa.com

Makanan tradisional yang berasal dari Makassar Sulawesi Selatan cukup banyak dan terkenal. Salah satunya adalah coto makassar atau coto mangkasara yang sudah tersohor di berbagai daerah Indonesia. Bahan dalam pembuatan coto makassar yaitu daging sapi, batang serai, air, daun salam, minyak goreng, kacang tanah, jahe, dan lengkuas.

Sementara untuk bumbu yang dihaluskan: bawang putih, kemiri sangrai, ketumbar sangrai, jinten sangrai, merica, garam. Bahan pelengkap yaitu bawang merah goreng, seledri dan daun bawang yang sudah diiris.

Cara masaknya: jeroan dan daging sapi yang direbus dalam waktu cukup lama hingga empuk, kemudian diiris kecil-kecil, setelah itu diberi bumbu yang sudah diracik, terakhir tambahkan dengan bahan pelengkap dan coto makassar siap untuk dihidangkan dalam mangkuk.

Coto Makassar ini memiliki rasa enak dan paket komplit ditambah guri berasal dari kuahnya. Dan aroma khas rempah-rempah yang mengunggah selera untuk mencicipinya. Lebih nikmat jika dimakan bersama ketupat atau nasi putih hangat.

6. Sop Konro

Sup Konro, Makanan Khas Watampone

Sup Konro, Makanan Khas Watampone – Foto: idntimes.com

Sup Konro merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar.  Masakan sup terbuat dari bahan utamanya iga sapi atau daging sapi. Ciri khas masakan sup ini terlihat dari kuahnya berwarna coklat kehitaman, warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang warna asli buah kluwek berwarna hitam. Makanan Sop Konro juga masuk kedalam list Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone.

Bumbunya khas ketumbar. Konro aslinya dimasak berkuah seperti sup yang kaya akan rempah-rempah. Namun kini, inovasi kuliner konro bermacam-macam seperti konro kering atau konro bakar dengan bumbu khas konro. Apapun cara masaknya konro lebih nikmat jika dimakan bareng lontong, ketupat, atau nasi putih hangat. Di jamin membuat napsu makanan anda bertambah.

Leave a Reply