6 Kuliner dan Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone

images_Kue_cubit_Resep-coto-makassar-1200x900

Makanan Khas Watampone – Kabupaten Bone berada di provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kota terletak di Kota Watampone. Di daerah ini merupakan tempat kelahiran mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Kabupaten Bone terkenal dengan ragam kuliner yang menggugah selera. Ada beberapa kuliner khas bone yang mirip dengan kuliner di kota daerah Sulawesi Selatan. Karena budaya bugis masih sangat kental dan memiliki kesamaan pada beberapa kuliner khasnya

Kuliner khas bone terkenal dengan paduan rempah-rempah dan memiliki cita rasa unik pada makanan yang mengunggah selera. Berikut beberapa kuliner khas Watampone Kabupaten Bone adalah:

1. Nasu Likku

Nasu Likku, Makanan Khas Watampone

Nasu Likku,Makanan Khas Watampone – Foto: food.detik.com

Makanan Khas Watampone  yang pertama adalah Nasu Likku. Makan ini terbuat dari olahan daging ayam kampung dengan lengkuas. Khasnya terletak pada bumbu rempah lengkuas yang selalu dipadukan dengan pulut kuning. Paling enak disajikan dengan nasi putih hangat karena aroma lengkuasnya akan sangat terasa.

Pilihan ayam kampung, karena tekstur tidak cepat hancur, proses masak nasu likku sangat lama hingga bumbu mengental dan kuah tersisa sedikit sehingga ayam kampung yang dihasilkan akan lebih gurih. Biasanya nasu likku ditemukan pada perayaan lebaran.

2. Lawa Bale, Makanan Khas Watampone

Lawa Bale, Makanan Khas Watampone

Lawa Bale, Makanan Khas Watampone – Foto: etnis.id

Makanan Khas Watampone lainnya yang tak kalah menggodanya adalah Lawa Bale. Makann ini merupakan makanan unik yang terbuat dari bahan ikan mentah atau ikan segar. Jenis ikan yang digunakan beragam tergantung pada selera.

Proses masaknya dengan cara unik yaitu setelah dibersihkan bagian dalam ikan, rendam dengan asam cuka sekitar 15 menit atau 30 menit. Untuk bumbunya yaitu kelapa parut, bisa diparut atau disangrai, Kemudian ditambahkan mangga muda yang telah diserut, garam sedikit, perasan jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Baca juga ya :

3. Kue Baruasa

Kue Baruasa,Makanan Khas Watampone

Kue Baruasa,Makanan Khas Watampone – Foto: cookpad.com

Kue Baruasa merupakan kue kering yang terbuat dari Telur, gula merah serut, gula pasir, minyak goreng, kepala parut disangrai, tepung terigu, tepung beras, soda kue, pengembang kue, vanili. Makanan Khas Watampone Kabupaten Bone ini menjadi salah satu cemilan yang bisa dijumpai dibanyak warung pinggir jalan.

Leave a Reply