6 Kuliner dan Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, Pengetahuan

6 Kuliner dan Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula

Sambel Kena Kewahi, Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula

Sambel Kena Kewahi, Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula - travel.kompas.com

Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula – Kabupaten Kepulauan Sula adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Kabupaten Kepulauan Sula dengan ibu kota Sanana terletak paling Selatan di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Jarak dari Kota Ternate, ibu kota provinsi sekitar 284 km dapat ditempuh melalui penerbangan udara dan pelayaran laut.

Kepulauan Sula memiliki 3 pulau utama  yaitu Sanana, Taliabu dan Mangole. Nah kabupaten Kepulauan Sula merupakan sebuah kabupaten yang beribu kota di Sanana.

Kuliner dan Makanan Khas Sanana Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula

Kecamatan Sanana dekat dengan Laut Banda. Di Kecamatan Sanana pula, ada dermaga cukup besar. Berarti bisa kebayang apa saja makanan khas Sanana yang ada di sana. Tapi dari banyaknya ragam kuliner di Sanana, berikut ini adalah 6 makanan khas Sanana Kepulauan Sula.

1. Air Guraka

Jika kamu mengunjungi salah satu wisata di Kecamatan Sanana, yaitu Pantai Wai Ipa, maka akan banyak warga di sana. Entah mereka memancing, menjamah senja, merasakan aroma pantai atau bahkan nongkrong di pedagang kaki lima sekitaran Pantai Wai Ipa.

Air Guraka minuman dari Maluku Utara

Air Guraka minuman dari Maluku Utara – foto beritabeta.com

Di Pantai Wai Ipa, salah satu andalannya adalah minuman air guraka. Air guraka di sini adalah campuran dari jahe yang direbus bersama gula merah. Jika di Tobelo, Halmahera Utara, air guraka menggunakan kacang kenari yang diiris-iris. Maka air guraka di Sanana, menggunakan taburan biji buah kenari yang sudah disangrai terlebih dahulu.

Sebenarnya Air Guraka sendiri bisa dijumpai hampir disemua sudut kota atau pulau di Maluku. Tak heran jika air guraka juga menjadi salah satu minuman dan Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula Maluku Utara.

2. Pisang Goreng dan Sambal Roa

Di Pantai Wai Ipa yang merupakan wisata andalan Sanana, ada banyak gubuk penjual makanan. Mereka banyak yang menjajakan camilan Sanana, Maluku Utara. Seperti pisang goreng dengan sambal roanya, air guraka dan air kelapa muda.

Pisang goreng yang biasa dijual ditempat ini memiliki tekstur tidak lembek, tapi rasanya yang tidak terlalu manis. Dipadukan dengan sambal roa yang didominasi rasa gurih. Untuk air kelapa mudanya, pembeli bisa memilih toping susu kental manis atau sirup.

pisang goreng, sambal roa, Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula

pisang goreng, sambal roa, Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula – Terbitan.com

Tapi, di Sanana, Kepulauan Sula, pisang goreng juga bisa dicocol dengan sambal dabu-dabu. Sambalnya dibuat dari cabai, bawang merah, tomat, daun kemangi dan perasan jeruk nipis. Semua bahan dicacah kasar lalu ditumis. Harga paket (pisang goreng, sambal roa, air kelapa muda): Rp30.000.

Baca juga:

3. Halua Kenari

Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula berikutnya adalah makanan ringan dari olahan kacang kenari, yang dicampurkan dengan gula merah. Makanan khas Sanana ini, rasanya gurih, manis dan legit teksturnya. Halua kenari cocok untuk yang sedang diet.

Halua Kenari, Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula

Halua Kenari, Makanan Khas Sanana Kepulauan Sula – genpi.co

Leave a Reply