Tapi Ingat Pulang

Budaya

6 Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Tehyan Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Alat Musik Tehyan

Alat musik tradisional dari Pulau Jawa – Pulau jawa sangat terkenal dengan kekayaan adat istiadat serta budayanya yang khas. Salah satu dari kekayaan budaya yang terkenal adalah kesenian tradisionalnya.

Budaya Jawa - Photo By Garuda Jateng

Budaya Jawa – Photo By Garuda Jateng

Bentuk dari kesenian tradisional yang cukup banyak menarik masyarakat Indonesia dan mancanegara adalah alat musik khas asli dari Pulau Jawa.

Beberapa alat musik tersebut masih dijaga kelestariannya hingga saat ini. Kita dapat menikmati berbagai kesenian alat musik tradisional dari pulau Jawa ini, pada beberapa pertunjukan acara.

Contoh dari beberapa acara pertunjukkan yang menggunakan alat musik tradisional tersebut adalah, acara pernikahan, keagamaan, ritual, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, akan kita bahas mengenai 6 alat musik tradisional dari Pulau Jawa

Baca Juga:

1. Alat Musik Angklung

Angklung Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Angklung Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa – Photo By Shopee

Alat Musik Angklung  merupakan salah satu alat musik tradisional dari Pulau Jawa, tepatnya dari Jawa Barat. Alat musik ini sangat terkenal akan suaranya yang khas.

Keunikan alat musik tradisional ini terbuat dari susunan bambu yang dibentuk sedemikian rupa. Dan cara memainkannya dilakukan dengan cara  digerak-gerakkan hingga menghasilkan paduan bunyi yang merdu.

Angklung termasuk dalam jenis alat musik idiophone, yang dapat menghasilkan beberapa jenis suara berdasarkan nadanya. Karena memiliki ukuran dan nada yang bermacam-macam, alat musik ini sebaiknya dimainkan oleh beberapa orang.

2. Alat Musik Gamelan

Gamelan Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Gamelan Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa – Photo By BSD City

Pembahasan berikutnya adalah Alat Musik Gamelan, yang juga merupakan alat musik tradisional dari Pulau Jawa.

Alat musik yang menjadi salah satu kesenian khas Jawa Tengah ini, memiliki beberapa bagian instrumen. Setiap bagian instrumen  memiliki fungsi dan dan nada yang berbeda-beda. 

Misalnya saja seperti gong, kenong, saron, kendang, bonang, demung, peking,dan lain sebagainya. Gamelan termasuk ke dalam jenis alat musik yang bernada pentatonis.

Alat musik tradisional ini  sering digunakan dalam berbagai macam pertunjukkan kesenian, contohnya  seperti pengiring tarian tradisional, acara pernikahan, pertunjukan wayang, dan pertunjukan seni Jawa yang lainnya.

3. Alat Musik Tehyan

Tehyan Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Tehyan Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa – Photo By Kerajinan Indonesia

Sebagai alat musik tradisional dari Pulau Jawa, Alat Musik Tehyan sangat kental dengan Budaya  Betawi nya. Alat musik ini memang awalnya diperkenalkan oleh masyarakat Jakarta asli.

Alat musik  ini berbentuk seperti Biola. Cara memainkannya pun hampir sama, yaitu dengan cara digesek. Tehyan sering digunakan sebagai alat musik pendukung berbagai kesenian Jakarta.

Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi beberapa pertunjukan khas Betawi, misalnya seperti Kesenian Marawis, Gambang Kromong, Keroncong Tugu, dan Kesenian Tanjidor. Semua  jenis kesenian rakyat tersebut menjadi ciri khas masyarakat Betawi.

4. Alat Musik Bedug

Bedug Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Bedug Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa – Photo By Bukalapak

Alat Musik Bedug  merupakan alat musik tradisional dari Pulau Jawa yang cukup populer, karena sangat identik dengan Agama Islam. 

Alat musik yang terbuat dari bahan dasar kulit lembu atau sapi ini, memiliki jenis suara yang sangat khas. Bentuknya cukup khas, karena memiliki ukuran yang cukup besar.

Penggunaannya sangat dikenal sebagai budaya pemanggilan sholat saat  adzan tiba. Selain itu, penggunaannya juga biasa digunakan dalam upacara adat keagamaan atau kebudayaan masyarakat tanah Jawa.

5. Alat Musik Kendang

Kendang Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Kendang Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa – Photo By Dictio

Alat Musik Kendang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, dan merupakan jenis alat musik tradisional dari Pulau Jawa. 

Cara penggunaan alat musik ini  sebenarnya hampir sama dengan penggunaan salah satu instrumen pada Alat Musik Gamelan, hanya saja fungsinya berbeda. 

Kendang memiliki 2 bagian sisi yang bernama membran pada masing-masing bagian ujungnya. Dengan ukuran yang berbeda, jenis suara yang dihasilkan pun juga berbeda.

6. Alat Musik Suling

Suling Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa

Suling Alat Musik Tradisional Dari Pulau Jawa – Photo By Belajar Alat Musik

Alat Musik Suling merupakan jenis alat musik tiup yang merupakan alat musik tradisional dari Pulau Jawa. 

Umumnya terbuat dari bambu wuluh. Suling memiliki ciri khas pada bentuknya, yaitu berupa lubang-lubang yang berfungsi sebagai pengatur suara yang hendak dihasilkan. 

Alat musik ini juga cukup populer, bahkan sekarang ini ada Suling yang terbuat dari plastik atau logam. Suling dimainkan dengan cara ditiup. 

Pemainnya harus memiliki sistem pernafasan yang baik agar suara yang dihasilkan bisa konsisten. Semakin panjang pemain bisa menghembuskan udara, semakin baik pula alunan nada yang akan keluar.

Demikianlah ulasan mengenai 6 alat musik tradisional dari Pulau Jawa, yang merupakan salah satu kekayaan dari Budaya Indonesia. 

Apapun bentuk dari kebudayaan kesenian yang dimiliki, sudah seharusnya kita ikut serta dalam mempertahankan dan melestarikannya, agar tidak hilang tergerus zaman.

 

Leave a Reply