Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Harga Tiket, Pantai

5 Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai yang Menakjubkan

Pulau Awera, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Pulau Awera, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai -sumber: Merahputih.com

Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai – Kota Tuapejat merupakan ibu kota dari Kabupaten di Kepulauan Mentawai. Kota Tuapejat sendiri berada di Pulau Sipora yang merupakan bagaian dari Kepulauan Mentawai. Karena kawasannya berada di kepulauan maka di kabupaten ini lebih didominasi dengan wisata pantai yang masih alami dan bersih.

Seperti yang kita ketahui kepulauan Mentawai merupakan tempat untuk berselancar atau surfing yang paling populer tidak hanya di Indonesia saja tetapi hingga ke mancanegara. Bahkan peselancar dari negara-negara lain pun tertarik ingin mencicipi rasanya berselancar di pulau ini dan sering berlama-lama menetap dan berlibur di Mentawai.

Daftar Tempat Wisata Di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Tuapejat Kepulauan Mentawai yang wajib untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Pujujurung

Air Terjun Pujujurung, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Air Terjun Pujujurung, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai -sumber: Okezone.com

Air Terjun Pujujurung adalah Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai yang pertamaa. Air terjun Pujujurung  berjarak kurang lebih 100 meter dari jalan raya. Dalam perjalanan menuju ke air terjun ini, kalian bisa menikmati udara yang segar dari hutan tropis.

Air Terjun Pujujurung ini punya debet air yang banyak dan mengalir dari atas tebing batu. Kalian bisa memanfaatkan air terjun tersebut untuk berenang sepuas hati atau hanya sekadar bermain air saja.

Lokasi air terjun ini berada di tengah hutan tropis Mentawai Pujujurung di Desa Goiso Oinan. Kalian bisa naik jasa ojek dari Dermaga Tuapejat hingga ke Desa Goiso Oinan kurang lebih 1 jam perjalanan.

2. Pulau Umat Siteu

Pulau Umat Siteu, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Pulau Umat Siteu, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai -sumber: Wisataterbaru.net

Pulau Umat Siteu adalah Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai yang juga tak boleh kalian lewatkan. Pulau Umat Siteu merupakan kawasan hutan Mangrove. Di pulau ini kalian bisa menikmati sensasi masuk labirin yang terbuat dari pohon Mangrove yang tumbuh berkelompok menyerupai pulau-pulau kecil.

Kemudian air laut di pulau ini pun berwarna biru muda dan jernih, sehingga kita bisa melihat terumbu karang otak yang berbentuk bulat. Untuk bisa mencapai ke pulau ini kalian harus naik perahu motor dari dermaga Tuapejat dalam waktu sekitar 5 menit.

Baca Juga ya :

3. Pantai Jati, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Pantai Jati, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Pantai Jati, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai – sumber: Twitter.com

Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai selanjutnya yang bis akalian kunjungi adalah Pantai Jati,.Keindahan pantai Jati nan eksotis ini menjadi daya tarik tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat.

Banyak wisatawan khususnya pada waktu sore hari datang ketempat indah ini karena bisa menikmati sunset dan juga pesona keindahan pantai lainnya terutama untuk mandi bersama. Pantai ini berjarak sekitar 700 meter dari dermaga Tuapejat dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja.

4. Pantai Mapadeggat

Pantai Mapadeggat, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Pantai Mapadeggat, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai – sumber: Travel.tempo.com

Pantai Mapadeggat merupakan Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai yang cukup terkenal sebagai spot tempat wisata untuk berselancar atau surfing. Di pantai ini ombaknya berbentuk bulat dan pannjang menyerupai teleskop.

Jika kalian ingin menjajal kemampuan berselancar di pulau ini harus naik kendaraan bermotor sendiri atau menyewa dengan harga 100.000 rupiah dalam sehari. Biasanya diwaktu tertentu banyak sekali para bule berselancar dipantai Mapadeggat ini.

5. Pulau Awera

Pulau Awera, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai

Pulau Awera, Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai – sumber: Twitter.com

Tempat Wisata di Tuapejat Kepulauan Mentawai lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Awera. Pulau Awera ini memilki daya tarik pasir putih dan air lautnya yang masih berwarna biru kehijauan.

Selain itu di pulau ini kalian juga bisa melihat kawanan burung yang sedang mencari ikan saat air laut sedang pasang. Bahkan apabila sedang pasang seolah terbentuk pulau-pulau pasir yang indah.

Air di Pulau Awera ini juga cukup tenang dan kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling atau diving sambil menikmati keindahan bawah laut dan menyaksikan bermacam-macam jenis ikan beserta karang.

Bagi yang gemar berselancar kalian juga bisa melakukan hal ini di bagian pulau-pulau kecil dengan ombak terbaiknya seperti Iceland, Bintang, Scarecro. Jika sudah beranjak sore hari alian juga bisa menikmati panorama sunset yang terpantau indah dari pulau ini.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan di Pulau Awera

Untuk bisa ke pulau Awera kalian harus menaiki kapal cepat atau Mentawai Fast dengan harga tiketnya 250.000 rupiah per orang. Pulau Awera ini juga banyak disewa oleh wisatawan asing, sehingga tidak heran apabila terdapat banyak penginapan.

Penginapan di pulau ini pun harganya bervariasi mulai dari 150.000-350.000 rupuah per malam. Untuk paket resornya sendiri dipatok harga 2,1 juta-3,5 juta rupiah per malam termasuk diantar ke tempat selancar dan fasilitas makan.

Untuk bisa menuju ke pulau Awera kalian harus menggunakan kapal cepat atau yang disebut Mentawai Fast dari Pelabuhan Muaro Padang menuju ke Tuapejat. Kapal cepat ini pun berlabuh setiap 3 setengah jam sekali ke Tuapejat.

Sumber: Beritagar.id, djkn.kemenkeu.go.id, Travel.tempo.com

Leave a Reply