Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai, Pengetahuan, Pulau

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara

Pelabuhan Tobelo

Pelabuhan tobelo - sumber : jarangpanas.com

Tempat Wisata di Tobelo – Jika anda senang menghabiskan waktu untuk bersantai dan menikmati pemandangan hamparan laut di pantai, anda tentunya tidak dapat melewatkan untuk mengunjungi Tobelo yang berada di provinsi Maluku Utara. Tobelo merupakan salah satu kecamatan di Halmahera Utara yang dikelilingi pulau-pulau kecil di sekitarnya sehingga tempat ini memiliki banyak objek wisata, khususnya pantai yang akan memanjakan indra penglihatan anda dengan keindahannya. Berikut lima tempat di Tobelo yang dapat menjadi referensi wisata anda selama berada di Maluku Utara.

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara

1.Pulau Tagalaya

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara 1

Pulau Tagalaya – sumber : merahputih

Pulau Tagalaya merupakan salah satu pulau kecil yang mengelilingi Tobelo. Dengan arus laut yang relatif tenang dan air lautnya yang jernih, tempat ini sangat cocok menjadi destinasi wisata bagi anda yang ingin melakukan diving ataupun snorkeling. Anda akan disuguhkan dengan beragam jenis terumbu karang dan biota laut yang akan membuat anda takjub selama menyelam di perairan. Namun yang perlu anda ingat, terdapat peraturan bagi wisatawan untuk tidak menginjak atau berpijak pada bunga karang yang berada di dasar laut tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan. Untuk sampai di pulau ini diperlukan waktu 20 – 30 menit perjalanan dari Pelabuhan Tobelo. Anda dapat memilih untuk menggunakan perahu tradisional ketinting atau speedboat untuk menyebrang ke Pulau Tagalaya. Apabila anda ingin menjelajahi pulau-pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Meti, Pulau Kakara, Pulau Pawole dan Pulau Kumo, anda dapat menyewa kapal berkapasitas 4 – 6 orang dengan membayar sebesar Rp 150.000 – Rp 200.000.

2. Pantai Kupa-Kupa

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara 2

Pantai Kupa-kupa di Tobelo – sumber : KSMTour

Pantai Kupa-kupa berlokasi tidak jauh dari Pulau Tagalaya. Karena letaknya yang berada di dalam Teluk Kao menyebabkan pantai ini memiliki riak ombak yang tenang sehingga nyaman untuk berenang dan melakukan snorkeling. Selain itu, banyaknya pohon beringin yang tumbuh di sekitar pesisir, menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Kupa-kupa dan membuat suasana pantai menjadi sejuk serta teduh, cocok digunakan sebagai lokasi untuk berjemur. Sama seperti Pulau Tagalaya, Pantai Kupa-kupa juga menyuguhkan pemandangan terumbu karang yang tidak kalah cantik di sepanjang pantainya. Dengan berlatarkan pegunungan, menambah keunikan dari pantai ini yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

3. Pantai Luari

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara 3

Pantai Luari – sumber : tipswisataindonesia

Pantai Luari merupakan salah satu pantai di Tobelo yang tak kalah wajib untuk dikunjungi. Sebagai destinasi tujuan wisata favorit wisatawan, daya tarik dari pantai ini yaitu letaknya yang  berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik sehingga menyuguhkan pemandangan biru laut yang membentang luas sejauh mata memandang. Selain itu, anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di Tanjung Luari yang berlatarkan Gunung Mamuya dan Gunung Tarakani. Namun untuk berfoto dengan latar pegunungan tersebut, anda perlu menunggu saat air laut surut. Hal menarik yang juga terkenal dari pantai ini yaitu anda dapat menikmati momen matahari terbit dan terbenam sekaligus. Untuk momen sunset, anda dapat menikmatinya di sebelah kiri pantai, yaitu di tanjung utara. Sedangkan untuk momen sunrise, anda dapat melihat dari sisi sebaliknya yang juga akan mengantarkan anda menuju tanjung dengan batu-batu karangnya yang indah.

4. Bukit Doa Dukono Lamo

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara 4

Bukit Doa – sumber : indonesiakaya

Selain memiliki objek wisata alam, Tobelo juga memiliki objek wisata religi bernuansa Katolik yang berada di Perbukitan Mahawu. Bukit ini hanya berjarak sejauh 3 km ke arah barat dari Jl. Tugu Air Nusantara, Kota Tabelo dan dapat anda capai dengan menggunakan sepeda motor.

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara 5

Jalan setapak menuju Bukit Doa – sumber : indonesiakaya

Dikelilingi banyaknya pepohonan yang rindang membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman digunakan sebagai tempat ibadah karena suasananya yang hening. Selain sebagai tempat ibadah, puncak Bukit Doa juga dapat menjadi lokasi yang pas untuk menikmati panorama daratan Tobelo yang mengarah ke Kepulauan Tobelo yang indah.

5. Air Terjun Jembatan Batu

5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara 6

Air Terjun Jembatan Batu – sumber : tipswisataindonesia

Tidak kalah menarik dengan objek wisata pesisirnya, wisata Air Terjun Jembatan Batu yang terletak di Sungai Mede ini juga banyak direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Namanya yang unik ini terilhami dari bentuk bebatuan di sekitar air terjun yang membentuk semacam jembatan batu alami. Walaupun untuk sampai di sana anda perlu melewati tebing yang terjal dan bebatuan yang licin, namun semua kesulitan itu akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang eksotis ketika anda sampai, Karena lokasinya yang berada di tengah hutan maka disarankan bagi wisatawan untuk menyewa jasa pemandu lokal.

Sebagai tambahan referensi liburan, kalian bisa cek link di bawah ini ya :

  1. 5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan
  2.  6 Kuliner khas Tobelo Halmahera Utara 

 

Penulis : via

Leave a Reply