Alam, Bukit, Danau, Gunung, Pulau

5 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

pemandian air soda, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

pemandian air soda, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara - foto Thecute Wild

Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara – Mendengar nama Tarutung mungkin sedikit asing untuk sebagian orang. Perlu diketahui jika Kota Tarutung adalah ibukota dari Kabupaten Tapanuli Utara yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Meskipun terdengar asing, Kota Tarutung memiliki segudang lokasi wisata yang sayang dilewatkan begitu saja. Selain itu harganya yang bersahabat menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktunya bersama. Berikut ini 5 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara yang wajib kamu kunjungi :

1. Kawah Sipoholon

Lokasi wisata yang begitu terkenal di pulau Sumatera adalah pemandian air panasnya, tak heran di setiap provinsi wisata seperti ini selalu ada. Kali ini pemandian air panas yang ada di Tarutung dan kerap menjadi tujuan utama wisatawan adalah Kawah Sipoholon.

Kawah Sipoholon, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Kawah Sipoholon, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Daya tarik utama dari Kawah Sipoholon yaitu terletak pada dua sumber mata air panasnya yang lokasinya saling berdampingan. Dua mata air tersebut seolah berlomba mengeluarkan air panas dari dalam tanah.

Kawah Sipoholon merupakan Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara yang paling terkenal, sehingga tak heran jika lokasi wisatanya dibuka 24 jam. Banyak yang menyebut keindahan yang ditawarkan Kawah Sipoholon tak kalah dengan Pamukkale. Sebuah pemandian air panas dengan kolam serba putih nan eksotis yang terletak di Turki.

Lokasi pemandian ini berada di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara. Di setiap sudutnya ada pegunungan pasir yang memancarkan warna putih layaknya kapas. Dengan pemandangan seperti itu tak heran jika pemandian air panas dengan suhu 40 – 70 derajat celcius ini dianggap sebagai surge lain di tanah Indonesia.

2. Toga Aritonang

Toga Aritonang, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Toga Aritonang, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Kawasan wisata satu ini begitu istimewa sebab menjunjung tinggi salah satu marga Batak yang begitu terkenal. Marga Aritonang memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, sebab Aritonang memiliki banyak keturunan yang tersebar bahkan hingga ke luar negeri.

Karena keistimewaan itulah tercetuslah ide untuk membangun sebuah monument sebagai penghormatan sekaligus mempererat tali persaudaraan marga Aritonang. Tugu ini bahkan sangat terkenal hingga menjadi salah satu Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Hal seperti ini tidaklah mengherankan di wilayah Sumatera, kebanyakan marga Batak yang tersebar di seluruh Indonesia akan membangun sebuah monument di kampung halamannya. Tugu ini dibangun oleh perkumpulan marga Aritonang dan kini menjadi salah satu ikon di Tapanuli Utara. Tidak tanggung-tanggung dana yang digelontorkan untuk mendirikan monument ini sebesar lima milyar.

3. Bukit Doa

Bukit Doa, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Bukit Doa, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Tidak hanya wisata yang menampilkan sebuah keindahan saja, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara juga terdapat tempat wisata bernuansa religi. Salah satu yang paling terkenal adalah Bukit Doa dengan daya tarik utamanya sebuah jalan bernama “Jalan Salib Mahawu”. Konon terciptanya jalan tersebut menyimpan kisah mengenai Yesus Kristus dengan 14 lokasi pemberhentian.

Sedangkan di bagian puncak dari bukit doa ini terdapat sebuah kapel. Kapel tersebut dinamakan Kapel Maria dan memiliki bentuk yang cukup unik. Sehingga membuat wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan pemandangan sekitar sembari fokus memanjatkan doa pada sang pencipta.

Baca Juga: 

4. Huta Ginjang

Huta Ginjang, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Huta Ginjang, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Lokasi Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara yang satu ini memang paling terkenal di antara yang lainnya, sebab dari lokasi ini wisatawan bisa menikmati keindahan berbagai lokasi wisata di Tapanuli Utara.

Salah satunya dengan menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Sibandang. Tak heran, sebab lokasinya memang berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Selain itu, wisata ini juga dibuka 24 jam, sehingga tak pernah sepi oleh pengunjung.

5. Pemandian Air Soda

Pemandian Air Soda, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Pemandian Air Soda, Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

Bosan berkunjung ke pemandian air panas, wisatawan bisa beralih ke lokasi satu ini yaitu pemandian air soda. Di dunia ini hanya ada dua pemandian air soda, yang pertama berada di negara Venezuela. Dan beruntungnya Indonesia menjadi yang kedua dan terletak di Desa Parbubu, kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Perbedaan pemandian air soda dengan pemandian lainnya adalah keluarnya gas dari dasar kolam yang membentuk buih dan gelembung. Hal itu menimbulkan sensasi tersendiri bagi siapapun yang berada di dalamnya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana pastikan tidak lebih dari waktu yang telah ditentukan yaitu 6:00 hingga 21:00.

Leave a Reply