Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Harga Tiket, Rumah Adat

5 Tempat Wisata di Sinjai Sulawesi Selatan yang Wajib Kalian Kunjungi

Tempat Wisata di Sinjai

Pulau Sembilan, Tempat Wisata di Sinjai -sumber: Jalanwisata.id

Tempat Wisata di Sinjai – Kabupaten Sinjai merupakan wilayah di Sulawesi Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Bone di Makassar. Bagi kalian yang suka menikmati perjalanan ke luar pulau jangan lewatkan perjalananmu untuk tidak berkunjung ke Sinjai ini.

Pasalnya, di daerah ini banyak terdapat destinasi wisata yang keren dan juga bisa dijadikan spot foto yang ciamik. Di sinjai sendiri terbagi menjadi beberapa objek wisata baik wisata alam, budaya, religi dan masih banyak lagi lainnya.

Daftar Tempat Wisata Di Sinjai Sulawesi Selatan

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Sinjai Sulawesi Selatan yang wajib untuk dikunjungi.

1. Rumah Adat Karampuang

Rumah Adat Karampuang, Tempat Wisata di Sinjai

Rumah Adat Karampuang, Tempat Wisata di Sinjai – sumber: Twitter.com

Di wilayah desa Karampuang di Sinjai terdapat objek wisata budaya berupa Rumah Adat. Di kampung ini terdapat dua buah rumah adat yang masih berdiri kokoh ala Bugis kuno. Rumah adat yang pertama dihuni oleh To Matoa (Raja), dan rumah kedua dihuni oleh Gella (Kepala Pemerintahan Adat).

Menurut informasi warga setempat apabila rumah adat tersebut hendak direnovasi, maka harus diadakan sebuah upacara pengangkatan kayu dari hutan yang bernama Madduik. Lokasi Rumah Adat Karampuang ini berada di Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupodo dan jaraknya sekitar 30 kilometer dari kota Sinjai.

Oh ya Rumah adat Karampuang ini menjadi salah satu Rumah Adat Karampuang, Tempat Wisata di Sinjai yang cukup ngehits dikunjungi para wisatawan.

2. Air Terjun Lembang Saukang

Air Terjun Lembang Saukang, Tempat Wisata di Sinjai

Air Terjun Lembang Saukang, Tempat Wisata di Sinjai – sumber: Tribunnews.com

Air Terjun Lembang Saukang adalah Tempat Wisata di Sinjai lainnya yang bis akamu kunjungi. Air Terjun ini memiliki pesona yang unik yaitu adanya bebatuan yang menyerupai tujuh tingkat. Maka tak heran jika tempat ini juga mendapatkan julukan yang sama yaitu Air Terjun Tujuh Tingkat.

Namun, akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di kawasan ini pada 2006 silam. Struktur bebatuannya telah mengalami perubahan. Meskipun demikian air terjun ini tetap banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pesona keindahannya.

Lokasi Air Terjun Lembang Saukang ada di Desa Sukamaju, Tellulimpoe dan butuh waktu sekitar 30 menit dari kota Sinjai.

Baca juga ya :

3. Pulau Sembilan, Tempat Wisata di Sinjai

Pulau Sembilan, Tempat Wisata di Sinjai

Pulau Sembilan, Tempat Wisata di Sinjai – sumber: Kurio.id

Tempat Wisata di Sinjai selanjutnya adalah Pulau Sembilan. Dinamakan pulau Sembilan karena terbentuk dari deretan pulau-pulau kecil yang jumlahnya sembilan buah yaitu pulau Kambuno, Liang-Liang, Burunglo’e, Kodingere, Batanglampe, Katindoang, Kanalo I, Kanalo II, dan Lare-rea.

Daya tarik pulau Sembilan ini adalah indahnya pasir putih yang berkilau, bonsai-bonsai laut dan terumbu karang di bawah laut, aneka jenis ikan hias di perairan laut lepas, dan juga pulau ini memiliki arus gelombang yang tidak besar.

Oleh karena itu, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, ski air, dayung atau bisa juga memancing. Lokasinya kurang lebih 3 mil dari pusat kota Sinjai dan untuk menuju ke sini harus ditempuh dengan menggunakan perahu motor.

4. Bamboo Village Tanassang

Bamboo Village Tanassang, Tempat Wisata di Sinjai

Bamboo Village Tanassang, Tempat Wisata di Sinjai – sumber: Nyero.id

Bamboo Village Tanassang merupakan salah satu Tempat Wisata di Sinjai yang tengah ngehits dikalangan wisatawan. Di Kampung Bambu ini kalian bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan cocok untuk dijadikan spot foto yang oke.

Sesuai dengan nama tempatnya, Kampung Bambu akan menawarkan spot foto dengan tema apa saja yang terbuat dari bambu. Lokasinya yang berada di ketinggian, sehingga kalian bisa melihat pemandangan yang luar biasa dari atas tempat wisata ini.

5. Mangrove Tongke-Tongke

Mangrove Tongke -Tongke , Tempat Wisata di Sinjai

Mangrove Tongke -Tongke , Tempat Wisata di Sinjai  -sumber: Celebes.com

Tempat Wisata di Sinjai selanjutnya adalah kawasan Hutan Mnagrove yang biasa disebut Mangrove Tongke-Tongke. Di tempat wisata ini kalian bisa bebas berkeliling hutan mangrove sepuas hati. Menurut data di tempat ini terdapat hutan bakau dengan luas 173,5 hektare.

Berkelilingnya pun dengan cara yang menyenangkan yaitu melewati jalan setapak yang terbuat dari kayu sekaligus bisa juga bisa sambil berswafoto. Jika kalian merasa kelaparan setelah berkeliling. Di tempat ini juga terdapat kafe terapung yang menyajikan berbagai macam minuman dan makanan.

Harga Tiket Masuk Ke Mangrove Tongke-Tongke di Sinjai Sulawesi Selatan ini maka kalian harus membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah per orang.

Untuk menuju Lokasi Menuju Ke Mangrove Tongke-Tongke di Sinjai Sulawesi Selatan maka kalian bisa naik kendaraan pribadi atau umum menuju kota Sinjai terlebih dahulu.

Hutan Mangrove Tongke-Tongke terletak di Kecamatan Sinjai Timur. Untuk bisa menuju ke lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dengan jarak 7 kilometer dari pusat kota Sinjai. Agar lebih cepat dan aksesnya lebih mudah kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua.

Sumber: celebes.com, berandarimbanews.blogspot.com,travelingyuk.com,gema.id

Leave a Reply