5 Tempat Wisata di Pagururan Samosir - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Bukit, Alam, Budaya, Daftar Wisata, Danau, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Pagururan Samosir

Tempat Wisata di Pagururan Samosir

Pasir Putih Parbaba - foto Herry Simbolon

Tempat Wisata di Pagururan Samosir – Mendengar kata Samosir tentunya yang paling diingat adalah keberadaan Danau Toba. Salah satu danau yang memiliki legenda bagi masyarakat Indonesia. Danau Toba Juga termasuk salah satu danau terbesar dan terluas di Dunia.

Namanya pun juga begitu tersohor bagi kalangan wisatawan local maupun domestik. Tanpa mengesampingkan ketenaran dari danau yang satu ini, di Kabupaten Samosir juga terdapat banyak tempat yang sangat berpotensi untuk lokasi wisata.

5 Tempat Wisata di Pagururan Samosir 1

Pagururan Samosir / Google Maps: Doni swandana

Tepatnya di sebuah kota kecil yang disebut dengan Pagururan. Pagururan sendiri terletak di tepi Danau Toba, dan potensi wisatanya tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam maupun wisata geo begitu lengkap di tempat ini. Inilah sederet wisata yang sayang untuk dilewatkan saat kalian berada di Pagururan Samosir.

1. Pantai Pasir Putih Parbaba

Tempat Wisata di Pagururan Samosir yang pertama adalah Pantai Pasir Putih Parbaba. Pantai yang satu ini jelas memiliki keunikannya tersendiri, sebab lokasinya yang tidak berada di pinggir laut.

Lokasinya berada di Desa Parbaba Dolok, Kabupaten Samosir. Jika ditemouh dari Tuktuk Siadong, membutuhkan waktu sekitar 40 menit, sedangkan dari kota Pagururan hanya butuh waktu 20 menit saja.

Tempat Wisata di Pagururan Samosir

Pasir Putih Parbaba – foto Herry Simbolon

Begitu masuk pantai, wisatawan akan langsung disuguhkan pemandangan Danau Toba berlatarkan perbukitan hijau. Melihat keindahan ini tentu saja pengunjung tidak akan menyiakan kesempatan untuk berjalan di atas pasir pantainya sembari menikmati pemandangan. Deburan di pantai ini juga tidak begitu besar, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin bermain air langsung di pantai tersebut.

Wisatawan juga bisa menyewa peralatan yang telah disediakan oleh pengelola untuk bermain di pantai tersebut. Tarifnya pun juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp 250.000 setiap permainan. Sayangnya ada satu yang kurang, spot untuk foto selfie sepertinya masih kurang mendapat perhatian dari pihak pengelola.

2. Pemandian Panas Aek Rangat

Setelah memanjakan mata dengan keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Pasir Putih Parbaba, alangkah baiknya sedikit merilekskan diri. Salah satu tempat yang cocok dikunjungi adalah pemandian air panas yang begitu terkenal yaitu Pemandian Panas Aek Rangat atau juga kerap disebut Rianiate.

Lokasi menuju tempat pemandian ini adalah terletak di desa Rianiate dan begitu dekat dengan Gunung Pussuk Buhit yang merupakan puncak tertinggi Gunung Toba. Pemandian Panas Aek Rangat juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Pagururan Samosir yang juga wajib kalian kunjungi.

Aek Rangat Rianiate, Tempat Wisata di Pagururan Samosir

Aek Rangat Rianiate, Tempat Wisata di Pagururan Samosir – foto erwinthon charly

Jadi tidak heran jika lokasi di Pemandian Panas Aek Rangat Rianiate ini menjadi primadona tersendiri karena lokasinya dikelilingi oleh alam yang masih asli. Di pemandian iniĀ  telah dibangun beberapa kolam yang langsung dialiri air dari gunung.

Suhu hangat dari gunung dikombinasikan dengan air segar sehingga tidak begitu panas. Bagi anak-anak, bisa memilih kolam dengan tingkat panas yang lebih rendah, dan dangkal supaya bisa tenang menikmati mandi di dalamnya.

Leave a Reply