Alam, Daftar Wisata, Danau, Gunung, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro – Sitaro

pantai tanganga

pantai tanganga - photo by thaliatumanduk

Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro – Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau yang biasa disingkat dengan Sitaro merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Utara yang terdiri dari 47 buah pulau besar dan kecil. 80% wilayahnya merupakan lautan sehingga kabupaten ini terkenal akan keindahan objek-objek wisata baharinya.

Bahkan salah satu pulau di kabupaten Sitaro disebut sebagai ‘Surga Tersembunyi’ di Sulawesi Utara. Berikut lima tempat wisata menarik di Sitaro yang dapat menjadi referensi destinasi liburan anda selama berada di Sulawesi Utara.

Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

1.Pantai Temboko Lehi

5 Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro - Sitaro 1

Pantai Temboko Lehi, salah satu pantai indah di Sitaro – Sumber : merdeka.com

Tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Temboko Lehi memiliki air yang bersuhu panas. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang berada di kaki gunung api Karengetang yang masih berstatus aktif. Air laut di pantai ini pun tidak asin sehingga tidak terdapat biota laut yang hidup di kawasan perairan pantai.

Para pengunjung yang datang dilarang untuk sembarangan berenang di pantai karena dinilai cukup berbahaya. Bahkan untuk bermain pasir anda perlu berhati-hati karena jika anda menggali pasir pantainya, anda dapat melihat uap air laut panas yang menyembul ke udara.

Namun tidak perlu khawatir karena di tempat ini menyediakan bak pemandian di sekitar pantai yang bisa anda gunakan untuk berendam dan mandi sambil menikmati hangatnya air laut Pantai Temboko Lehi. Untuk sampai ke tempat ini anda dapat menyewa kapal dari Pelabuhan Manado dengan estimasi waktu selama 4 jam.

2. Pulau Mahoro

5 Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro - Sitaro 2

Pulau Mahoro – sumber : gocelebes.com

Pulau Mahoro semakin dikenal oleh wisatawan Indonesia maupun mancanegara setelah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah variety show Korea ‘Law of The Jungle’. Pulau ini telah menjadi objek wisata terfavorit di Sitaro dan terkenal sebagai ‘Surga Tersembunyi’ di Sulawesi Utara karena keindahannya yang begitu mempesona.

Air lautnya yang sangat bersih dan jernih banyak ditinggali oleh terumbu karang dan berbagai macam biota laut lainnya. Anda bahkan dapat menikmati pemandangan terumbu karang ini hanya sejauh 3 meter dari bibir pantai dan pada kedalaman 1 meter.

Selain Pulau Mahoro, Sulawesi Utara khususnya masih punya beberapa pulau-pulau yang indah dan wajib masuk daftar liburan kalian nih. Misalnya seperti Pulau Bangka, Pulau Bunaken, atau Pulau Lembeh. 

3. Pantai Tanganga

Pantai yang satu ini juga merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sitaro. Saat tiba di Pantai Tanganga, indra penglihatan anda akan langsung dimanjakan dengan panorama hamparan pasirnya yang berwarna putih kekuningan.

Tidak hanya pasirnya saja, namun air lautnya yang biru jernih juga akan membuat anda terpukau karena keindahannya. Suasananya yang sejuk dikarenakan banyaknya pepohonan rindang yang berada di sekitar pantai juga menambah kenyamanan untuk menghabiskan waktu liburan anda di pantai ini.

Pantai Tanganga memiliki ombak yang tenang sehingga anda dapat berenang dengan aman tanpa perlu merasa khawatir. Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak dikenakan biaya masuk.

4. Danau Kapeta

5 Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro - Sitaro 3

Danau Kapeta-sumber : clippingnews2011blogspotcom

Danau Kapeta merupakan danau berukuran kecil dengan sumber airnya yang berasal dari mata air. Danau ini berada di  tengah-tengah hutan yang tidak begitu luas di Kampung Mburake. Salah satu ciri khas menarik dari danau ini adalah kawasan hutannya yang merupakan rumah dari hewan endemik munngil bernama Tarsius Tumpara.

Dalam perjalanan menuju danau, anda akan menemukan beberapa tempat di punggung bukit yang bisa menjadi spot yang pas untuk memandangi gunung api Karangetang dan perairan laut di sekitar Sitaro. Anda juga dapat mengabadikannya melalui jempretan kamera karena keindahannya yang sayang untuk dilewatkan.

5. Gunung Api Karangetang

5 Tempat Wisata di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro - Sitaro 4

Gunung Karangetang – sumber : mounture.com

Gunung Karangetang merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 1827 m. Gunung api ini menjadi salah satu destinasi wisata di Sitaro yang banyak dikunjungi oleh wisawatan karena dari puncak gunung ini anda dapat menikmati pemandangan eksotis, mulai dari rumah-rumah warga sekitar yang menempel pada tebing dan lereng gunung hingga pulau-pulau yang terdapat di Sitaro.

Keaktifan gunung ini menjadi berkat bagi warga sekitar karena menyuburkan tanah yang menjadi lahan perkebunan pala. Tanaman pala ditanam oleh penduduk mulai dari lereng hingga mendekati puncak gunung dan produksi palanya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

penulis : via

Leave a Reply