Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Bukit, Harga Tiket, Taman

5 Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang Bikin Jatuh Hati

Bulu Tanda, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Bulu Tanda, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi - Sumber: festivaljalanjalan.com

Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Sedang merencanakan untuk berlibur ke Sulawesi Tengah? Selain mengunjungi kota Palu dan Kabupaten Poso yang memiliki beragam tempat wisata alam , kamu juga harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi kabupaten Sigi.

Kabupaten Sigi adalah kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari kabupaten Donggala di tahun 2008.  Di Kab. Sigi, terdapat beberapa destinasi wisata alam yang menjadi surga tersembunyi yang bisa membuat para pengunjungnya jatuh hati. Yuk kita simak berikut ini 5 tempat wisata alam di Kab. Sigi yang bisa menjadi pilihan utama untuk kamu kunjungi.

1. Paralayang Matantimali

Percaya atau tidak, salah satu lokasi terbaik di Indonesia untuk olahraga ekstrem paralayang berada di Kab. Sigi, Sulawesi Tengah, tepatnya di Desa Waju, Kecamatan Marawola Barat. Tempat Wisata di Kabupaten Sigi ini sudah sangat terkenal hingga ke manacanegara sebagai salah satu tempat indah untuk spot Paralayang.

Paralayang Matantimali, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Paralayang Matantimali, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Sumber: festivaljalanjalan.com

Sayang sekali, tempat wisata ini sedang off  sementara waktu dikarenakan bencana yang baru terjadi di tahun 2018. Walaupun begitu, tetap ada banyak pengunjung yang datang untuk berkumpul bersama keluarga dan teman di akhir pekan.

Pemerintah setempat sedang mengupayakan untuk segera membuka kembali wisata Paralayang Matantimali ini. Saat ini sedang dilakukan perbaikan infrastruktur di lokasi wisata dan juga akses menuju tempat ini.

2. Bulu Tanda, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang Indah

Bulu Tanda, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Bulu Tanda, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Sumber: festivaljalanjalan.com

Objek wisata ini adalah perbukitan yang menjulang tinggi yang terletak di di Desa Sibedi, Marawola, Kabupaten Sigi. Para pengunjung yang mengunjungi Bulu Tanda dapat menikmati pemandangan kab. Sigi dan kota Palu dari atas ketinggian.

Bulu Tanda juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies karena bentuk bukit yang sangat mirip dengan di kartun tersebut.  Bila kamu ingin pemandangan yang lebih bagus, cobalah naik ke puncak bukit ini, dibutuhkan waktu 15 menitan untuk bisa sampai ke puncak.

Meskipun Bulu Tanda berada di atas bukit, kamu tidak perlu khawatir karena akses menuju tempat wisata ini mudah dijangkau, dekat dengan pusat kota, dan jalanannya mulus. Untuk biaya karcis masuk Bulu Tanda, cukup siapkan 10 ribu rupiah.

Baca Juga ya :

3. Taman Hutan Rakyat (Tahura) Kapopo

Taman Hutan Raya Kapopo, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Taman Hutan Raya Kapopo, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Sumber: sulteng.antaranews.com

Tempat Wisata di Kabupaten Sigi selanjutnya adalah Taman Hutan Raya Kapopo. Objek wisata Tahura Kapopo berlokasi di Desa Ngata Baru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Tahura Kapopo adalah panorama alam yang berupa ekosistem hutan yang didominasi oleh pohon dan taaman dengan ketinggian 100 – 1.500 meter dari permukaan laut dengan kondisi topografi lokasi yang datar dan berbukit.

Menurut beberapa penelitian, kawasan Tahura Sulawesi Tengah memiliki kurang lebih 159 jenis tumbuhan, yang terdiri dari 100 jenis pepohonan, 13 jenis rerumputan, 22 jenis parasit, dan 5 jenis palmae.

Selain menikmati variasi tumbuhan di Tahura Kapopo, para pengunjung juga dapat menghabiskan waktu bersama keluarga di area outbond. Pemerintah Sulteng sedang mengusahakan untuk membangun beberapa fasilitas agar kunjungan wisata dapat meningkat.

4. Taman Wisata dan Air Terjun Wera

Air Terjun Wera, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Air Terjun Wera, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Sumber: festivaljalanjalan.com

Taman Wisata dan Air Terjun Wera adalah Tempat Wisata di Kabupaten Sigi lainnya yang harus kalian kunjungi. Lokasi tempat wisata yang satu ini berada di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Taman Wisata Wera adalah kawasan hutan lindung yang memiliki vegetasi yang beragam dengan ditemani beberapa jenis burung seperti gagak dan kasuari. Bila kamu cukup beruntung, kamu akan menjumpai burung-burung tersebut dan juga beberapa jenis hewan mamalia.

Setelah puas berkeliling di Taman Wisata Wera, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Wera. Tinggi airnya 80 meter lho! Menyegarkan dan menyenangkan sekali berwisata di komplek wisata Wera ini. Khawatir akan bayar mahal untuk tiket masuknya? Tidak perlu cemas, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000,- (harga tiket bisa saja berubah ya)

5. Danau Lindu

Danau Lindu, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Danau Lindu, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Sumber: Instagram – @zuullfaaaaa_

Danau Lindu adalah Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang wajib kalian kunjungi. Danau yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki banyak cerita dan keindahanya. Lokasi danau ini adalah di Taman Nasional Lore Lindu, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi.

Danau Lindu sangatlah luas, hingga terdapat lima desa yang mengelilingi danau ini. Para pengunjung yang tiba di danau Lindu ini pastilah akan jatuh hati. Coba lihat saja keindahan Danau Lindu di postingan ini.

Untuk bisa menikmati keindahan danau lindu, kamu perlu sedikit berjuang ya karena akses jalan menuju Danau Lindu cukup menantang. Selengkapnya bisa dibaca di tulisan ini ya: Danau Lindu .

Leave a Reply