Air Terjun, Daftar Wisata, Desa Wisata, Uncategorised

5 Tempat Wisata Di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan

Air Terjun Aek Sipulak, Tempat wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan

Air Terjun Aek Sipulak, Tempat Wisata di Dolok Sanggul- foto wisato.id

Tempat Wisata Di Dolok Sanggul – Apakah kamu pernah mendengar kecamatan Dolok Sanggul yang ada di Kabupaten Hasundutan, Sumatera Utara? Ternyata terdapat 5 tempat wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja jika kamu berencana mengunjungi Danau Toba dalam waktu dekat.

Selain berada dekat dengan danau toba, Dolok Sanggul juga memiliki udara yang dingin sejuk karena terletak di dataran tinggi.

Dolok Sanggul merupakan salah satu kecamatan yang baru dibentuk karena adanya pemekaran. Namun walaupun seperti itu, kecamatan ini sudah memiliki Bandara Silangit sehingga lebih mudah untuk dikunjungi.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Dolok Sanggul Humbang Hasundutan adalah pemandangannya yang indah. Terletak di daerah pegunungan, kamu bisa melihat pemandangan danau toba yang indah dari ketinggian.

Dan jika kamu berencana mengunjungi Dolok Sanggul dalam waktu dekat, berikut tempat wisata Dolok Sanggul Humbang Hasundutan yang tidak bisa kamu lewatkan sekalipun:

Baca juga:  Melihat Bendungan Tangga Asahan Yang Sangat Ikonik Di Sumatera Utara

 

1. Lembah Bakkara Di Dolok Sanggul

Lembah Bakkara, Tempat Wisata Di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan

Lembah Bakkara, Tempat Wisata Di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan – foto suara.com

Tempat Wisata Di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan pertama yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Dolok Sanggul adalah lembah Bakkara yang terletak di sepanjang pantai selatan danau Toba. Tempat ini adalah tempat yang sangat bersejarah bagi masyarakat danau Toba karena merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja.

Untuk mendapatkan pemandangan danau toba dari ketinggian, kamu bisa mengunjungi Menara Pandang Tele yang sudah dibangun sejak 1998. Untuk melihat pemandangan danau Toba dari ketinggian di menara ini kamu hanya cukup membayar Rp7000. Sangat terjangkau kan?

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Huta Ginjang yang berada diatas ketinggian 1550 Mdpl yang memiliki fasilitas lengkap mulai dari penginapan, penjual cenderamata, atraksi wisata, sampai dengan merasakan naik Paralayang dan menikmati pemandangan danau toba yang indah dari atas langit.

 

2. Air Terjun Aek Sipulak

Air Terjun Aek Sipulak

Air Terjun Aek Sipulak – foto wisato.id

Tempat wisata Dolok Sanggul yang masuk kedalam 5 tempat wisata Dolok Sanggung Humbang Hasundutan selanjutnya adalah air terjun Aek Sipulak. Air terjun ini memiliki tinggi mencapai 70 meter dengan lebar mencapai 3 meter yang airnya berasal dari sungai Sipulak.

Walaupun memiliki keindahan alam yang masih asri, namun air terjun ini belum dikelola oleh pemerintah setempat sehingga belum menjadi destinasi wisata. Disini tidak boleh ada pengunjung yang datang dan berenang disekitar air terjun karena adanya resiko kemunculan pusaran air yang bisa terbentuk dan membahayakan.

Baca juga:  Pesona Tari Serampang Dua Belas, Tarian Tradisional Asli Sumatera Utara Yang Memikat Para Penonton

 

3. Istana Sisingamangaraja

Istana Sisingamangaraja, Tempat wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan

Istana Sisingamangaraja, Tempat wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan – foto seindotravel.com

Istana ini adalah tempat yang cocok jika kamu ingin berwisata sejarah dan mengenal lebih dalam sejarah masyarakat Toba di Dolok Sanggul. Istana ini adalah istana dari raja Sisingamangaraja ke XII yang merupakan pahlawan nasional asal Sumatera Utara.

Di masa lalu, istana ini sempat dua kali dibakar dan dibangun lagi tenpa melupakan bentuk aslinya. Di kompleks istana ini nantinya kamu juga bisa melihat makam bersejarah milik Sisingamangaraja X dan Sisingamangaraja XI.

 

4. Aek Sipangolu

Aek Sipangolu, Tempat Wisata di Dolok Sanggul

Aek Sipangolu, Tempat Wisata di Dolok Sanggul – foto detiktrave.com

Merupakan salah satu obyek wisata yang sarat dengan nilai-nilai religi karena airnya berasal dari sumber air yang keramat dan diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat di Dolok Sanggul, sumber mata air ini berasal dari tapak gajah putih milik Raja Sisingamangaraja. Menurut kepercayaan setempat, saat itu Raja Sisingamangaraja yang sedang menunggangi gajah putih tersebut kehausan dan menancapkan tombaknya di bekas tapak kaki gajahnya. Dan saat itulah keluar air dari dalam tanah dan mengalir sampai hari ini.

Hari ini disekitar tempat dimana Aek Sipangolu berada sudah dibuatkan sebuah kolam yang menjadi tempat bagi masyarakat setempat untuk berdoa dan meminta kesembuhan dari penyakitnya sambil meminum air yang keluar dari mata air Aek Sipangolu.

 

5. Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur, Tempat Wisata di Dolok Sanggul

Geosite Sipinsur, Tempat Wisata di Dolok Sanggul – foto youtuve Charis Yogi

Tempat wisata terakhir yang masuk kedalam 5 tempat wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan adalah Geosite Sipinsur dimana kamu dan pengunjung yang lain bisa menikmati panorama keindahan danau toba dari ketinggian.

Geosite Sipinsur berada diatas ketinggian dengan ketinggian 1213 mdpl dimana dari tempat ini nantinya kamu bisa melihat 4 kabupaten sekaligus: Tobassa, Humbang Hasundutan, Samosir, dan Tapanuli Utara.

Hal lain yang menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke Geosite Sipinsur adalah udaranya yang sejuk karena Geosite ini berada didalam hutan seluas 2 Ha yang didominasi oleh hutan pinus. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan fasilitas umum lainnya yang bisa kamu nikmati seperti taman bermain, camping ground, sampai dengan restoran, penginapan, dan arena outbond.

Baca juga:  Mengenal Sejarah Dengan Berkunjung Ke Museum Deli Serdang Sumatera Utara

Akomodasi Penginapan Di Dolok Sanggul

Salah satu akomodasi yang banyak ditemui di Dolok Sanggul adalah penginapan yang bisa kamu sewa dengan biaya permalam Rp200.000 sampai dengan Rp500.000. Uniknya dibeberapa penginapan yang banyak tersebar di jalan utama ini harga sewa permalamnya bisa kamu tawar menjadi lebih murah lagi. Jadi bisa lebih hemat lagi kan?

5 tempat wisata di dolok sanggul

5 tempat wisata di dolok sanggul

Cara Menuju Kota Dolok Sanggul

Seperti sudah disinggung diawal, untuk mencapai Dolok Sanggul kini tidaklah sulit bahkan hanya dalam waktu 2 jam dari Jakarta kamu sudah bisa sampai di Dolok Sanggul.

Cara termudah mencapai Dolok Sanggul adalah dengan sekali penerbangan langsung dari Jakarta atau Medan ke Bandara Silangit dan dilanjutkan dengan menggunakan taxi untuk sampai ke Dolok Sanggul selama 1 jam. Biaya taxi mulai dari bandara ke Dolok Sanggul berkisar antara Rp200.000 yang mungkin jika kamu jago menawar, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

**

Itulah 5 tempat wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin berkunjung danau Toba dalam waktu dekat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply