Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan – sumber : suarasulutnews.co.id

Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki banyak objek wisata yang dapat menyegarkan mata dan pikiran yang suntuk dari rutinitas sehari-hari dengan keindahannya yang begitu memukau, tidak terkecuali di Amurang.

Ibukota Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara ini juga menyimpan banyak tempat-tempat eksotis yang sering direkomendasikan sebagai destinasi wisata bagi para wisatawan yang melancong ke kota yang berjarak kurang lebih 64 km dari Manado ini.

Berikut lima tempat wisata menarik di Amurang yang dapat anda kunjungi untuk menghabiskan waktu selama masa liburan anda.

5 Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

1.Batu Dinding Kilo 3 Amurang

Saat berkunjung ke Amurang Minahasa Selatan , sempatkan untuk bermain ke tempat wisata yang satu ini. Batu Dinding Kilo 3 merupakan sebuah tebing alami setinggi 90 meter yang menjadi destinasi favorit para pecinta olahraga panjat tebing.

Karena bentuknya yang unik, menyebabkan Batu Dinding memiliki tingkat kesulitan jalur pemanjatan yang terbilang cukup sulit. Permukaannya menyerupai jajaran balok yang bersusun bertingkat kebalik. Balok atas menindih balok yang berada di bawahnya sehingga semakin ke atas maka permukaan tebing akan semakin menonjol.

Batu Dinding Kilo 3 Amurang, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

Batu Dinding Kilo 3 Amurang, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan – sumber : Indonesia.tripcanvas.co

Terdapat beberapa rute pemanjataan yang disediakan oleh pengelola di Batu Dinding, diantaranya adalah rute Ofu (dalam bahasa lokal berarti lebah), rute Spider yang merupakan jalur pemanjatan yang cukup panjang, rute Climb or Swim yang dibatasi dengan aliran air di salah satu sisinya, rute Malaria, rute Ratapan dan rute Hang Dog.

Batu Dinding berlokasi di Desa Kilometer 3 yang terletak 5 km sebelah barat daya dari kota Amurang dan dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

2. Pantai Moinit Tewasen

Pantai Moinit Tewasen, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

Pantai Moinit Tewasen, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan – sumber : mapio.net

Tak hanya panjat tebing, di Amurang juga terdapat beberapa pantai yang patut nih untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Pantai Moinit Tewasen. Ciri khas paling unik yang dimiliki oleh Pantai Moinit Tewasen adalah sumber air panas di perairannya yang membuat air laut menjadi hangat dan dapat digunakan sebagai sarana relaksasi.

Pantai ini berada di belakang sekolah Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan dan dapat diakses melalui PLTU Moinit. Untuk sampai di pantai ini memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Amurang dan harga tiket masuk yang perlu anda bayar adalah sebesar Rp 10.000. Setelah lelah bermain dan berenang di pantai, anda juga dapat bersantai dan mengisi perut dengan membakar ikan bersama teman ataupun keluarga.

3. Pantai Alar Amurang

5 Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan 1

Pantai Alar Amurang – sumber :manadotribunnews

Pantai yang satu ini terkenal sebagai lokasi yang pas untuk menikmati sunset di sore hari. Selain itu, akses menuju Pantai Alar juga cukup mudah untuk dilalui dan pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling disukai oleh wisatawan yang mencari tempat rekreasi di Minahasa Selatan.

Selain terkenal akan keindahan alamnya, pantai yang berada tepat di tengah kota Minahasa Selatan ini juga terkenal dengan wisata kulinernya. Terdapat banyak kios dan warung makan yang berjejer di sekitar pantai. Anda dapat mencicipi berbagai macam jenis makanan dan minuman mulai dari pisang goreng goroho, pisang stik, saraba, es kelapa muda, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa juga ya untuk mencicipi hidangan khas dari Amurang seperti dodol kenari dan Koyabu.

4. Air Terjun Lopana

Air terjun Lopana, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

Air terjun Lopana, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan – Photo by Jemmy

Air terjun Lopana berlokasi di Desa Lopana, sebelah timur Amurang. Untuk sampai ke Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 20 menit. Anda akan melewati 4 buah sungai yang berukuran kecil hingga besar selama perjalanan sebelum akhirnya sampai di Air terjun Lopana yang terletak di dalam hutan.

Suasana sejuk dan keindahan pemandangan alam air terjun yang disuguhkan dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini. Sayangnya Air terjun Lopana belum banyak diketahui oleh orang-orang sehingga tidak banyak wisatawan yang singgah ke tempat ini.

5. Bukit Sasayaban

Bukit Sasayaban, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan

Bukit Sasayaban, Tempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan – sumber : wartawisata.id

Bukit Sasayaban telah menjadi salah satuTempat Wisata di Amurang Minahasa Selatan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk sampai di bukit ini.

Saat tiba di puncak bukit, mata anda akan dimanjakan dengan panorama biru laut Teluk Amurang, padang rumput yang hijau dan juga pemandangan pemukiman warga dari ketinggian.

Banyak warga yang juga mengunjungi tempat ini untuk mengabadikan momen dengan berfoto dan untuk  sekadar refreshing. Di sebelah barat Bukit Sasayaban terdapat sebuah pondok yang biasa anda gunakan untuk beristirahat.

Sembari menyusun rencana liburan di Amurang, Minahasa Selatan, bisa juga nih kalian lihat-lihat beragam wisata yang ada di Airmadidi Minahasa Utara. 

Penulis : Via Moira

Leave a Reply