Alam, Pulau

3 Spot Wisata Cantik di Pulau Rupat

pulau rupat

wisatasumatera.com

Pulau Rupat merupakan salah satu spot wisata yang terletak di Kabupaten Bengkalis, Riau. Lokasi pulau ini berbatasan langsung dengan 2 negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Bibir pantainya juga berbatasan dengan Selat Malaka.

Untuk menuju ke Pulau Rupat, kamu bisa menaiki kapal Carter Ferry. Biasanya kapal tersebut berlabuh langsung di Pantai Wisama Mutiara. Jadwal kapal Ferry dua kali sehari, yaitu di pagi hari jam 08.00 – 09.00 dan di sore hari yaitu jam 15.00.

Lalu, apa saja spot wisata di Pulau Rupat?

Pulau Rupat menyimpan panorama dan pesona alam yang sangat indah. Pemandangan pantai berpasir putih akan sangat memanjakan mata. Berikut adalah beberapa spot wisata di Pulau Rupat:

1. Pantai Teluk Rhu

Pantai Teluk Rhu

Pantai Teluk Rhu di pulau Rupat – foto nativeindonesia.com

Jika kamu mengunjungi Pulau Rupat, kamu bisa mengunjungi Pantai Teluk Rhu. Saat ombak Pantai Teluk Rhu sedang bersahabat, maka ombaknya akan bergulung dengan tenang. Sehingga kamu bisa menikmati pantai pasir putih ini dengan beberapa kegiatan seperti, berenang, memancing, atau berolahraga.

Saat sunrise, kamu bisa bermain di laut dengan ditemani matahari yang baru terbit. Sedangkan saat sore hari, kamu bisa memancing ikan. Dengan ditemani semilir angin dan ombak yang mengayun-ayun pelan, kamu akan betah untuk berlama-lama di sini.

Sedangkan saat malam hari, kamu bisa belanja ikan hasil tangkapan nelayan. Harga ikan-ikan tersebut lebih murah juga loh. Jadi tidak akan membuat kantong kering. Ikan tersebut bisa kamu bakar sendiri untuk makan malam.

Baca juga:

2. Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh pulau rupat

Pulau Beting Aceh – wisatasumatera.com

Pulau Beting Aceh merupakan spot wisata selanjutnya. Pulau ini merupakan pulau kecil yang hanya memiliki luas 2 hektar. Pulau ini memiliki pasir putih di antara laut yang berwarna kebiruan. Selain itu, di tengah pulau juga terdapat deretan pohom cemara yang berjejer.

Beting sendiri awalnya adalah gundukan pasir memanjang, namun karena berlangsung lama, terbentuklah sebuah pulau. Untuk asal muasal namanya sendiri sedikit unik, konon katanya ada nelayan asal Aceh yang terdampar di sana, maka dari itu pulau ini dikenal dengan nama Beting Aceh.

Di sana, kamu bisa melihat indahnya pantai berpasir putih bersih yang pasirnya berbentuk seperti ukiran. Genangan air yang ada juga nampak seperti cermin saking bersihnya. Kamu bisa memanfaatkan tempat ini untuk berfoto-foto.

3. Pantai Lapin

Pantai Lapin Pulau Rupat

Pantai Lapin Pulau Rupat – foto nativeindonesia.com

Untuk spot wisata ketiga di Pulau Rupat adalah Pantai Lapin. Pantai Lapin memiliki panjang 17 km. Sama dengan pantai Teluk Rhu, Pantai Lapin juga memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang dan jernih.

Di Pantai Lapin juga terdapat penginapan, lapangan sepak bola dan volly pantai. Selain itu, kamu juga bisa bermain Jet Sky dan Banana Boat. Untuk harga sewa Jet Sky sendiri yaitu Rp 250.000,- per 20 menit, dan Banana Boat Rp 30.000,- per orang.

Fasilitas di Pulau Rupat

Untuk fasilitas di dalam Pulau Rupat sudah dibangung sedikit demi sedikit. Di sana sudah terdapat fasilitas seperti rumah makan sampai penginapan. Meskipun tidak begitu lengkap, namun fasilitas tersebut sudah dapat menunjang kebutuhan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pulau Rupat

Untuk masuk ke dalam Pulau Rupat, kamu tidak perlu membayar tiket masuk, kamu hanya perlu membayar tiket kapal untuk transportasi, yaitu Kapal Ferry seharga Rp 100.000,- . Pulau Rupat juga buka 24 jam. Jadi tidak ada istilah jam buka tutup kunjungan.

Leave a Reply