Air Terjun, Desa Wisata

Rute Dan Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal

Rute Dan Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal 1

poto by nativeindonesia

Rute Dan Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal 2

foto by nativeindonesia

Menghabiskan akhir pekan atau libur panjang sangat asyik bila mengunjungi tempat wisata air, terutama wisata air yang berada dipedesaan. Salah satu lokasi wisata air yang patut dikunjungi sebagai list tempat wisata oleh para traveler adalah Taman Wisata Sungai Mudal yang berada di Kulonprogo. Taman wisata sungai mudal yang memiliki keindahan alam sangat pantas menjadi lokasi yang wajib dikunjungi oleh traveler.

Sungai mudal sendiri merupakan mata air yang memancar dari kedalaman gua dikawasan Girimulyo., Kulonprogo. Dinamakan Mudal karena sumber air disini mengalir sepanjang tahun hingga dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduk disekitarnya. Keindahan air yang jernih dan dikelilingi oleh tumbuhan hijau menjadikan tempat ini sebagai destinasi wajib bagi para traveler baik lokal maupun dari luarkota.

 

Hal Menarik di Taman Wisata Sungai Mudal

Terdapat air terjun

Rute Dan Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal 3

poto by nativeindonesia

Disekitar lokasi taman wisata sungai mudal terdapat air terjun yang berjarak sekitar 95 meter dari taman wisata sungai mudal, menuju air terjun tersebut juga sangat mudah. Aliran airnya yang jernih juga meluap membentuk aliran sungai serta melewati air terjun dengan nama serupa, kemudian berlanjut hingga Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang letaknya lebih rendah.

Terdapat Kolam Air Alam

Kolam air ini terbentuk secara alami dan menjadi daya tarik utama saat mengunjungi atman wisata sungai mudal. Kolam air ini juga sangat jernih dan biru sehingga banyak pengunjung yang datang untuk berendam, berenang dan mandi. Selain itu kolam air ini dibagi menjadi dua yaitu untuk kolam anak-anak dan orang dewasa dengan kedalaman yang berbeda disetiap kolam. Kolam air alam ini juga masih dimanfaatkan warga sekitar sebagai pengairan bagi kebun dan sawah.

Hiking

Di sekitar air sungai mudal dan tak jauh dari air terjun mudal terdapat jembatan bambu yang digunakan sebagai jalan penghubung untuk menuju kolam air, disamping jembatan terdapat air terjun yang mengalir deras dan dibawah jembatan juga mengalir aliran sungai mudal sehingga pengunjung dapat merasakan adrenalin tersendiri saat melewati jembatan bambu tersebut.

Flying Fox

Didalam kawasan taman wisata sungai mudal, pengelola juga menyediakan paket wisata lainnya seperti flying fox, berkemah dan river tubing. Kegiatan-kegiatan tersebut dipatok harga berbeda-beda dan setiap kegiatan terdapat beberapa professional agent untuk menjaga keselematan pengunjung. Pengunjung juga bisa menikmati trekking pendakian diatas tebing batu kapur untuk menuju bukit watu wayang.

Berkemah

Di area wisata taman sungai mudal terdapat tanah yang cukup lapang, pengelola biasanya menginjinkan dan memberikan fasilitas berupa alat berkemah seperti tenda dan perlengkapan lainnya bagi pengunjung yang ini merasakan sensasi berkemah didalam area taman wisata sungai mudal. Dalam area ini pengunjung dapat mendirikan tenda menikmati suasana sejuk dan rindang dalam tenda serta mendengar gemericik air dari aliran sungai mudal.

 

Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal

Rute Dan Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal 4

poto by nativeindonesia

Taman Sungai Mudal tepatnya berada di Dusun Banyunganti, Desa jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Taman Sungai Mudal lumayan jauh yaitu sekitar 33,2 kilometer. Jarak ini memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Taman Wisata Sungai Mudal  sekitar 1,5 jam perjalanan. Rute menuju Taman Sungai Mudal ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan, lalu melanjutkan perjalanan melewati Jalan Wates. Sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Ringroad Barat, kemudian di perempatan ke arah barat menuju Jalan Godean. Lalu jalan terus melewati Jalan Raya Kaligesing, sampai di Jalan Raya Kaligesing. Ikuti terus jalan yang ada hingga akhirnya sampai di Taman Sungai.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Sungai Mudal   

Untuk memasuki area wisata taman sungai mudal ini masih cukup murah, dipatok Rp6000 – Rp10.000 perorangnya (harga tiket dapat berubah kapanpun) dan untuk parkir di area wisata ini cukup membayar dengan Rp3000 – Rp5000. Harga tiket ini belum termasuk paket wisata lainnya seperti flying fox, berkemah dan lainnya.

Jam operasional dari taman wisata sungai mudal dibuka dari jam 08.00 pagi dan tutup 18.00 sore.

taman wisata Sungai Mudal sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati liburan dan berwisata air ditempat sejuk dan nyaman.

Leave a Reply