City Tour, Alam

Nyamannya Berendam Air Hangat di Watu Gunung Semarang

Watu Gunung

Kolam Renang di Watu Gunung. Foto: myimage.id

Semarang sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah menyimpan berbagai keindahan. Mulai dari kotanya yang penuh dengan sejarah hingga alam pegunungannya yang memukau, menjadi daya tarik tersendiri dalam berwisata. Salah satu objek wisata yang tengah dicari wisatawan baik dari dalam maupun luar Semarang adalah Watu Gunung.

Watu Gunung merupakan kolam air hangat yang berada di lereng Gunung Ungaran. Pasti sudah terbayang betapa nyamannya berendam air hangat di cuaca yang sangat sejuk. Apalagi kawasan Ungaran adalah salah satu kawasan perbukitan yang sangat menyejukan.

Baca Juga ya : Liburan ke Purwakarta, Yuk Kunjungi Taman Batu yang mempesona

Watu Gunung Semarang

Kolam Renang di Watu Gunung Semarang. Foto: myimage.id

Pesona Keindahan di Lereng Gunung Ungaran

Nuansa tradisional nan alami akan segera menyambut wisatawan begitu menginjakkan kaki di kawasan Watu Gunung. Terletak di lereng Gunung Ungaran dengan tinggi kurang lebih 2.050 mdpl. Menawarkan kesejukan dan ketenangan alami khas pegunungan.

Kolam pemandian Watu Gunung Ungaran memiliki konsep tradisional. Di kawasan wisata, tepatnya di sekitar danau, terdapat saung – saung kecil. Terbuat dari bambu dengan atap genteng. Di sini, pengunjung biasa memanfaatkannya untuk bersantai setelah berendam atau berenang. Di danau ini, pengunjung juga dapat berkeliling dengan perahu kayu.

Musim alam dari hewan – hewan hutan menambah kesan alami tempat ini. Apalagi, lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat kawasan Watu Gunung Semarang bersih dari polusi.

Watu Gunung Semarang Kolam dari Mata Air Alami

Selain Watu Gunung Semarang, objek wisata ini juga dikenal sebagai Kolam Renang Lerep. Air kolamnya begitu jernih dan berasal dari mata air alami Gunung Ungaran. Jernih dan segarnya air di kolam renang membuat siapapun merasa rileks ketika berendam atau berenang di dalamnya.

Baca juga : Cantiknya Taman Bunga Axelia Semarang Kamu wajib kesini

Watu Gunung Semarang memiliki tiga kolam renang yang dapat dipakai oleh wisatawan. Kolam ini dibedakan berdasarkan kedalamannya, dimana kolam terdalam memiliki kedalaman 120 meter. Tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk berendam dari kalangan anak – anak hingga orang dewasa.

Karena jernihnya kolam, bahkan pengunjung dapat melihat dasar kolam dengan jelas. Desain kolam semakin menarik karena adanya batu – batu kali yang disusun dengan rapi di pinggir kolam. Membuat nuansa alami begitu terasa.

Daya Tarik lain di Watu Gunung Semarang

Watu Gunung Semarang

Kolam di depan Rumah Joglo. Foto: Gmap/Saifudin Nafara

Selain kolam renang, Watu Gunung Semarang juga menawarkan daya tarik lainnya. Keindahan alam di sini dilengkapi dengan adanya kolam yang dipenuhi dengan ikan – ikan hias. Pengunjung dapat menyaksikan lincahnya ikan – ikan ini berenang kesana – kemari.

Yang lebih menarik lagi, selain saung juga terdapat rumah adat Jawa Tengah atau Joglo di kawasan wisata Watu Gunung Semarang. Rumah Joglo ini dilengkapi dengan alat musik berupa gamelan lengkap. Tampak begitu artistik dan menarik. Tak jarang, lokasi ini seringkali digunakan untuk sesi prewedding atau foto model.

Menikmati Sajian Kuliner Khas Watu Gunung Semarang

Danau di Watu Gunung Semarang

Saung di sekitar Danau. Foto: Gmap/Restu Surbakti

Puas berenang atau berendam, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner di Watu Gunung Semarang. Objek wisata ini menyediakan menu makanan khas Jawa Tengah dan menu ikan. Makan dengan suasana seperti ini tentu akan sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Watu Gunung Semarang

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan tarif masuk yang cukup murah. Di hari biasa, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 20.000, sementara di hari libur dikenakan tiket Rp 25.000. Harga tiket ini sebanding dengan kesegaran dan keindahan pemandangan area sekitar Watu Gunung. Apalagi jika kalian datangny abersama orang tercinta pasti lebih asik lagi.

Lokasi dan Rute Watu Gunung Semarang

Dari pusat Kota Semarang, Watu Gunung berjarak kurang lebih 17 kilometer. Waktu tempuh kurang lebih 35 menit melalui Jalan Semarang – Surakarta atau Jalan Semarang – Yogyakarta. Setelah tiba di Alun – alun Ungaran, ambil jalan ke arah kiri, tidak jauh dari situ terdapat petunjuk jalan menuju Watu Gunung Semarang.

 

Leave a Reply