Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Danau

5 Tempat Wisata di Bangkinang Kabupaten Kampar yang Jadi Incaran Traveler

Tempat Wisata di Bangkinang

Tempat Wisata di Bangkinang

Tempat Wisata di Bangkinang – Kabupaten Kampar adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Riau. Ibu Kota Kabupaten ini adalah Bangkinang yang terkenal akan spiritualnya sehingga sering dijuluki sebagai Serambi Mekah di Provinsi Riau. Begitu banyak tempat-tempat keagamaan di tempat ini sesuai dengan julukannya.

Namun, di balik itu, tahukah kamu bahwa ternyata Bangkinang juga memiliki banyak destinasi wisata yang mulai naik daun? Mulai dari wisata sejarah, wisata religi, sampai wisata budaya yang dimilkinya kini mulai terekspos media sehingga tak butuh waktu lama, Bangkinang menjadi sorotan para traveler dari seluruh penjuru negeri.

Nah, kira-kira apa saja objek wisata di Bangkinang Kabupaten Kampar yang jadi incaran traveler? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 5 Wisata Fenomenal di Tembilahan Indragiri Hilir

1. Sungai Hijau

sungai Hijau, STempat Wisata di Bangkinang

sungai Hijau, STempat Wisata di Bangkinang – foto exploreriau.com

Tempat Wisata di Bangkinang kabupaten Kampar yang pertama adalah Sungai Hijau. Sungai Hijau  adalah salah satu jenis wisata alam yang cukup ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Sungai ini disebut sebagai Sungai Hijau karena airnya sangat bening sehingga memantulkan bias cahaya dari pepohonan yang berjejer rapi di tepian. Selain itu, bentangan sungai ini juga dipenuhi lumut dan ganggang sehingga penampilannya semakin memanjakan mata.

Sungai Hijau berlokasi di Desa Salo, Kabupaten Kampar. Dari pusat kota, dibutuhkan waktu sekitar satu jam perajalanan menggunakan kendaraan. Sesampainya di Desa Salo, ada banyak papan petunjuk arah yang bisa kamu ikuti untuk sampai di tujuan. Di tempat wisata ini kamu tidak perlu bingung jika lapar atau haus karena banyak pedagang yang menjual minuman dan makanan.

2. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jembatan-Waterfront-City-Bangkinang

Jembatan Waterfront City, Tempat Wisata di Bangkinang – foto riauexpose.com

Jembatan Water Front City Bangkinang adalah Tempat Wisata di Bangkinang selanjutnya yang bisa kalian kunjungi. Jembatan ini adalah sebuah jembatan besar yang membentang di atas sungai Kampar.

Jembatan ini menghubungkan Kota Bangkinang dengan Kampung Godang, Kecamatan Bangkinang. Dikonsep dengan desain yang menarik membuat jembatan ini tidak hanya digunakan sebagai alat penghubung saja, tapi juga sebagai objek wisata.

Apalagi jika melewatinya di malam hari. Kerlap-kerlip spektrum lampunya benar-benar memukau sehingga sangat sayang jika tidak berswafoto. Sampai saat ini, masih banyak muda mudi yang mengunjunginya di malam hari. Sensasinya benar-benar baru dan tidak akan pernah terlupakan.

3. Bukit Naang Bangkinang

bukit naang bangkinang

bukit naang bangkinang – foto alainaalmardyah

Tempat Wisata di Bangkinang berupa alam adalah Bukit Naang. Buat kamu yang suka berpetualang di alam terbuka, Bukit Naang adalah salah satu objek wisata yang layak kamu coba. Di tempat ini, kamu bisa mencoba beberapa atraksi yang memacu adrenalin, salah satunya adalah Flyng Fox dengan ketinggian 22 meter. Tempat ini benar-benar cocok buat kamu yang ngaku anak petualangan.

Lokasinya berada di Jl. Simpang Sei Jernih, Kel. Pasir Sialang, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau. Untuk sampai di sana, kamu bisa menggunakan mobil atau motor. Ada sejumlah fasilitas yang disediakan, mulai dari tempat parkir, tempat istirahat, tempat ibadah, toilet, dan kantin. Harga tiketnya cukup terjangkau, yaitu cuma Rp15.000 saja (belum termasuk wahana). Jadwalnya adalah setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Baca juga: Inilah 10 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

4. Stanum Bangkinang

stanum bangkinang

Stanum Bangkinang – foto detakkampar.com

Stanum Bangkinang adalah Tempat Wisata di Bangkinang yang juga tak kalah serunya untuk dikunjungi. Stanum Bangkinang taman rekreasi yang cukup favorit di Kampar. Tempat wisata ini menyediakan tempat bermain skate board, taman bunga, kolam, restoran, dan penginapan. Selain itu, Stanum Bangkinang juga menyediakan gedung pertemuan sehingga cocok digunakan sebagai tempat seminar, arisan, atau reunian.

Kabar punya kabar, destinasi wisata di Bangkinang ini sudah ada sejak tahun 90-an. Jadi, bisa dibilang jika wisata ini termasuk sebagai wisata legend di Kabupaten Kampar. Lokasinya berada di daerah Langgini, Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dari pusat Kota Kampar, waktu tempuh ke Stanum Bangkinang sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Tiketnya cukup terjangkau, yakni dimulai dari Rp20.000 saja.

5. Puncak Pukatan

Tempat Wisata di Bangkinang Kampar adalah Puncak Pukatan

Puncak Pukatan, Tempat Wisata di Bangkinang terbaru- foto riaurealita

Di Kabupaten Kampar juga ada puncak, namanya Puncak Pukatan. Puncak yang satu ini menawarkan keindahan yang sangat diminati oleh muda mudi setempat. Di atas puncak, ada sebuah gardu yang bisa kamu gunakan untuk berselfie. Meski terbuat dari anyaman bambu, tapi gardu ini bisa membawamu melihat keindahan alam dan danau yang terbentang.

Untuk menuju ke sana, kamu pun harus melewati rute yang tidak mudah. Diperlukan sedikit perjuangan agar bisa sampai di atas. Lokasinya berada di Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kabupaten Kampar. Untuk harga tiket, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis.

Nah, itulah 5 tempat wisata di Bangkinang Kabupaten Kampar yang jadi incaran para traveler. Bagaimana? Kapan kamu mau ke sana? Jangan lupa bawa keluarga ya!

Leave a Reply