Tari Adat

6 Tari Adat Kepulauan Riau

Tari Adat Kepulauan Riau

https://perpustakaan.id/

Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Kepulauan Riau memilik beberapa tari adat kepulauan Riau yang memiliki gerakan dan makna yang berciri khas. Budaya kepulauan Riau sangat mencerminkan budaya suku Melayu. Indonesia sangat terkenal dengan budaya Melayunya.

Indonesia memiliki banyak macam budaya dari berbagai daerah sehingga membuat Indonesia negara dengan kekayaan budaya yang lebih banyak daripada negara lainnya. Dan karena kekayaan budaya tersebut Indonesia menjadi negara yang unik dan menarik.

Mari kita mengenal tari adat kepulauan Riau agar budaya Nusantara terus berkembang sepanjang generasi. Bekali anak dan cucu kalian mengenai wawasan budaya negara tempat mereka. Semakin berkembangnya zaman jangan sampai semakin tidak mengenal budaya Nusantara. Anda dapat browsing mengenai pengetahuan budaya Nusantara lainnya, seperti rumah adat, pakaian adat, dan lagu daerah.

Baca artikel lainnya mengenai budaya daerah Indonesia, yaitu :

Tari adat kepulauan Riau yang kami akan bahas, yaitu :

1. Tari Tandak

Tari Tandak merupakan tari adat Kepulauan Riau yang biasa disebut Tari Danding. Tari Tandak merupakan tarian khas Kepulauan yang bermakna pergaulan. Para penari akan menari dan menyanyi dalam bentuk pantun dan pantun tersebut saling berbalas. Pantun tersebut mengenai kehidupan sehari-hari atau sesuatu yang ada di bumi.

Anggota Tari Tandak adalah pemuda dan pemudi.  Selain sebagai hiburan ternyata Tari Tandak merupakan sekaligus mencari jodoh dikarenakan para penari berasal dari kampung lain. Dan mereka bertemu dan memiliki kesempatan untuk saling mengenal.

Di dalam Tari Tandak juga terdapat gerakan bela diri. Tari Tandak sering dipentaskan pada malam hari.  Tari Tandak merupakan tarian yang terkenal dari Kepulauan Riau dan paling sering dipentaskan. Terdapat 2 unsur dalam Tari Tandak, yaitu unsur sastra dan unsur tarian.

2. Tari Malemang

Tari Adat Kepulauan Riau selanjutnya adalah Tari Malemang disebut sebagai Tari Malemang karena gerakan tarian ini dengan cara malemang, yaitu berdiri, membongkokkan badan ke arah belakang. Tarian ini menunjukan kecakapannya mengambil sesuatu (sapu tangan, uang receh, dll).

Latar belakang dari Tari Malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan dengan paduan unsur tari, musik dan menyanyi. Tarian adat Kepulauan Riau ini dipentaskan oleh 14 orang angota penari dan masing-masing mereka akan memainkan perannya. Tari Malemang biasanya dipertunjukan dengan durasi sekitar satu jam.

3. Tari Persembahan

Tari Persembahan atau Tari Makan Sirih yang digunakan untuk tarian penyambutan untuk menghormati dan menyambut tamu kehormatan yang datang ke daerah Kepulauan Riau. Tarian Persembahan ini merupakan hasil pembakuan tari yang dimusyawarahkan pada tahun 1957 di Pekanbaru.

Gerekan Tari Persembahan lebih bertumpu pada tangan dan kaki sehingga tarian ini terlihat lebih sederhana. Umumnya anggota penari berjumlah ganjil dan semua anggotanya adalah perempuan. Satu dari anggota penari akan bertugas membawa tepak berisi sirih. Kotak sirih tersebut akan dibuka dan diberikan pada tamu. Tamu yang paling dihormati akan diberikan pertama kali, kemudian baru tamu-tamu lainnya.

Dalam budaya klasik Melayu Riau, sirih bukan hanya sebatas hal biasa, dimana sirih merupakan dianggap penting terutama dalam mempererat dan merekatkan persaudaraan dalam pergaulan.

4. Tari Zapin

Tari adat Kepulauan Riau selanjutny adalah Tari Zapin. Tari Zapin merupakan salah satu tarian yang terkenal juga dari Kepulauan Riau. Tari Zapin mendapatkan pengaruh dari Arab dan gerakan dari tarian ini lebih menonjolkan langkah kaki yang cepat mengikuti pukulan gendang dan gerakan.

Sebelum tahun 1960-an, Tari Zapin hanya dimainkan oleh kaum pria saja, namun saat ini beranggotakan campuran pria dan wanita.

5. Tari Mak Yong

Tari Mak Yong merupakan tari dramatari atau teater berbentuk tarian. Penari akan menggunakan topeng untuk mewakili sebagian karakter. Dalam pertunjukannya, penari dan pemusik menggabungkan berbagai unsur, termasuk upacara keagamaan, sandiwara, tari, musik, serta naskah yang sederhana.

6. Tari Gamelan

Tari adat Kepulauan Riau yang terakhir kami akan bahas adalah Tari Gamelan. Umumnya penari Tari Gamelan adalah wanita. Keindahan Tari Gemelan mencerminkan keindahan dari keelokan gerakan, musik pengiring dan kekayaan akan budaya sejarah.

Kostum dalam tarian ini menampilkan ciri khas Melayu, dan ditambah dengan properti kipas, selendang yang diikatkan di pinggang dan “Suntiang” di kepala.

Leave a Reply