Tari Adat

Review Singkat Asal Usul Tari Pendet Yang Mendunia

asal usul tari pendet

asal usul tari pendet

Bali adalah salah satu provinsi Indonesia yang identik dengan kesenian. Selain memiliki tradisi seni tari kecak yang populer hingga ke mancanegara, di pulau dewata ini juga memiliki kesenian lain yang tak kalah hebat, yaitu Tari Pendet. Terkait hal tersebut, berikut akan dijelaskan asal usul Tari Pendet yang lengkap:

Tari pendet

Asal Usul Tari Pendet

Tari Pendet muncul di tahun 1967. Pelopornya adalah seniman tersohor Bali yang bernama I Wayan Rindi yang berkeinginan untuk membuat satu atraksi tarian tradisonal yang ber-filosofis penyambutan. Kebetulan di saat itu, Bali masih belum memiliki seni khusus yang diikutsertakan dalam upacara penyambutan tamu dan selainnya.

Menurut Asal usul Tari Pendet sendiri ternyata tari ini telah lama muncul dan menjadi bagian dari ritual agama di Bali. Karena beberapa kali kesenian ini dipentaskan di beberapa pura dalam upacara-upacara keagamaan tertentu. Jadi di saat itu, Tari Pendet sudah dikenal oleh masyarakat luas tetapi dengan ruang lingkup fungsi yang masih terbatas.

Kini Tari Pendet ala Rindi dijadikan upacara penyambutan tamu sekaligus juga ritual agama. Sedangkan filosofinya ialah supaya si tamu betah di Bali serta terjauhkan dari segala macam mara bahaya dan masalah. Karena sudah menjadi khas tentu kesenian ini menjadi atraksi wajib dalam setiap upacara penyambutan.

Baca Juga: Tari Nguri Sumbawa

Sekilas Tentang Tari Pendet

Istilah Tari Pendet tidak asing di telinga tetapi banyak yang tidak tahu jenisnya. Bahkan ada beberapa orang yang menyamakan antara Tari Pendet dengan Tari Kecak, padahal keduanya berbeda sekalipun sama berasal dari Pulau Dewata Bali.

Tari Pendet dilakukan oleh penari-penari perempuan. Mereka akan meliukkan tubuhnya mengikuti irama khas Bali yang tempo ritme-nya pelan. Berbeda dengan Tari Kecak yang musiknya sedikit lebih bit.

Para penari Pendet membawa bokor berwarna perak. Di dalamnya akan diisi bunga berbagai jenis dan warna yang harus dipastikan tidak jatuh saat sedang menari. Nah, ketika sudah tiba pada sesi tarian tertentu, bunga tersebut diambil lalu dilemparkan kepada tamu yang sedang disambut.

Keunikan Tari Pendet

Tari Pendet merupakan kesenian tari tradisional yang unik. Sebab, jika kesenian yang lain tekniknya sangat sulit tidak demikian dengan Tari Pendet. Justru tari penyambutan ini tekniknya mudah sehingga tidak perlu latihan intensif untuk melakukannya.

Turis asing suka berlatih Tari Pendet. Karena selain tekniknya mudah katanya juga menyehatkan dan melenturkan tubuh. Maka dari itu, jangan terkejut jika masuk ke sanggar Tari Pendet, Anda akan menemukan beberapa bule yang juga ikut berlatih.

Hal inilah yang membuat Tari Pendet terkenal hingga ke Eropa dan Amerika. Karena sepulang para turis ke negaranya, mereka langsung menerapkan ilmu yang ia dapatkan. Bahkan tidak jarang, mereka juga mengundang seniman Tari Pendet untuk pentas di sana.

Tari Pendet Adalah Aset Bangsa

Tari Pendet adalah kesenian tradisional murni milik Bali dan Indonesia. Maka dari itu, ketika terjadi kasus pelanggaran hak cipta yang dilakukan Singapura dalam iklan yang diputar di Malaysia, mayoritas rakyat Indonesia mengecam keras.

Sebagai aset tentu Tari Pendet harus dijaga dan dilestarikan. Caranya dengan memasukkan kesenian ke dalam kurikulum ekstra kurikuler di sekolah-sekolah. Dengan teknik ini tentu kaderisasi seni tidak akan putus di tengah jalan.

Pembangunan sanggar juga perlu digalakkan. Karena itu merupakan kawah candradimuka untuk melatih anak-anak tidak hanya bisa menari Pendet tetapi juga cinta Tari Pendet. Rasa cinta inilah yang akan memupuk hasrat mereka untuk melestarikan kesenian ini.

Demikian review singkat seputar asal usul Tari Pendet. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pemahaman Anda kalau tradisi di negeri Indonesia ini beraneka ragam dan kaya. Suatu dasar alasan kalau diri ini memang harus memiliki patriotisme tinggi untuk bangsa ini.

Leave a Reply