Alam

Review Hutan Pinus Pengger Jogja Yang Eksotis

hutan pinus pengger jogja

hutan pinus pengger jogja

Hutan Pinus Pengger Jogja merupakan destinasi wisata andalan kota gudeg yang tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini disebabkan oleh pemandangan hutan yang luar biasa yang membuat traveller betah berlama-lama di sana.

Untuk lebih jelasnya berikut akan dijabarkan review singkat seputar tempat wisata Hutan Pinus Pengger. Silakan disimak siapa tahu bisa menjadi tempat wisata rujukan Anda di akhir pekan. Ini dia penjelasannya:

hutan pinus pengger

Keindahan Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus Pengger memiliki keunikan tersendiri dibandingkan jenis hutan lainnya. Sebab tempat wisata ini berada di wilayah perbukitan sehingga keindahannya lebih luar biasa.

Selain itu, di tempat ini tidak hanya rindang tetapi udaranya juga bersih karena terbebas dari polusi. Sedangkan bau getah pinus yang harum membuat pengunjung lebih betah berwisata mengelilingi hutan.

Yang paling eksotis dari hutan pinus Pengger adalah kontur-nya yang berkelok-kelok dengan beberapa jalan setapak yang dibiarkan terbentuk secara natural. Sedangkan sedikit ke arah puncak pengunjung akan bertemu dengan dataran tinggi yang bisa dijadikan sarana melihat sunrise.

Silakan dibaca juga: Eksotisnya Bukit Cianten Bogor

Fasilitas Wisata Hutan Pinus Pengger

Banyak sekali fasilitas Hutan Pinus Pengger Jogja yang disediakan oleh pihak pengelola. Salah satunya adalah spot foto yang jumlahnya mencapai puluhan unit. Semua angle tersebut didesain dengan posisi yang sangat eksotis dan instagramable.

Selain itu, juga sudah dibangun beberapa wahana permainan bagi traveler yang ingin memacu adrenalin. Wahana yang bisa dicoba di antaranya adalah bersepeda di atas tali, flying fox, serta rumah pohon.

Sarana Wisata Hutan Pinus Pengger

Selain berfasilitas bagus, di Hutan Pinus Pengger juga ada sarana wisata yang juga lengkap. Selain toilet yang kebersihannya terawat juga telah dibangun beberapa gazebo di dalam hutan.

Selain itu, di puncak bukit ada beberapa gardu pandang tempat pengunjung melihat sunsite maupun sunrise. Sekalipun berada di ketinggian sarana ini aman untuk ditempati serta bagus sebagai angle foto.

Sarana selanjutnya adalah lahan parkir yang cukup luas bahkan bisa menampung puluhan mobil. Lokasinya tidak terlalu jauh dari hutan cuma jalannya sedikit terjal sehingga harus dipastikan kalau mobil yang dikendarai sedang dalam kondisi prima.

Jika datang ke Hutan Pinus Pengger Anda tidak perlu membawa bekal dari rumah. Karena di sekitar tempat wisata sudah dibangun banyak warung yang menyediakan kuliner khas Jogja maupun sekitarnya.

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Hutan Pinus Pengger

Harga tiket masuk wisata sangat terjangkau, per-orang hanya dikenai uang sebesar Rp5.000 rupiah saja. Akan tetapi jika akan memainkan wahana yang tersedia, traveler harus mengeluarkan biaya tambahan sekadarnya.

Parkir khusus sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp2.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil cukup membayar Rp5.000. Jika pergi rombongan dengan naik bis, maka biaya parkirnya sebesar Rp20.000 rupiah.

Harga tiket ini berlaku untuk seluruh jam operasional, yaitu dari hari senin sampai minggu. Sedangkan jam bukanya dari pukul 06.30 dan tutup pada pukul 23.00 malam. Nah, waktu terbaik untuk datang ke hutan adalah sore hari menjelang senja.

Rute Menuju Lokasi Tempat Wisata

Hutan Pinus Pengger berada di Jalan Dlingo Patuk Sendangsari Dlingo Bantul Yogyakarta. Anda bisa berangkat dari Kota Yogyakarta yang jaraknya hanya 25 km. Durasi di perjalanan paling lama hanya 45 menit saja.

Nah, jika sedang ke Yogyakarta maka rugi jika tidak mampir ke Hutan Pinus Pengger Jogja. Apalagi jika Anda ingin foto selfie di tengah hutan pinus yang rindang atau menikmati pemandangan alam Jogja dari ketinggian.

 

Leave a Reply