Alam

Pulau Condong Lampung

Pulau Condong

Pulau Condong | Foto : lampung.tribunnews.com

Pulau Condong Lampung – Apabila kalian memiliki rencana liburan, maka Pulau Condong Lampung bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat masuk ke dalam daftar perjalananmu. Pulau tak berpenghuni yang berada di Lampung ini memiliki beragam keunikan yang bisa kalian eksplore. Keindahan pulau menawarkan berbagai spot menarik serta aktifitas seru yang dapat membuat liburan kalian semakin terasa lebih menyenangkan.

Pulau Condong

Pulau Condong | Foto : travel.detik.com

Lokasi Pulau Condong

Pulau Condong Lampung merupakan salah satu pulau yang terdapat di Provinsi Lampung, pulau paling ujung timur Pulau Sumatera. Secara administratif, Pulau Condong masuk ke wilayah Desa Tarahan, Lampung Selatan. Pulau ini adalah salah satu pulau kecil yang tidak memiliki penghuni tetap dan pariwisatanya pun masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Pulau yang berjarak sekitar 5 km dari kawasan Pantai Pasir Putih, Lampung Selatan ini memiliki pesona yang luar biasa karena selama perjalanan menuju pulau ini, kalian akan menjumpai serba-serbi warna biru yang menyejukkan mata. Tak heran bahwa Pulau Condong Lampung merupakan salah satu pulau sebagai obyek wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Transportasi Menuju Pulau Condong

Pulau Condong

Transportasi menuju Pulau Condong | Foto : direktori-wisata.com

Untuk menuju Pulau Condong Lampung, kalian harus tiba di Bandar Lampung terlebih dahulu. Lalu kalian dapat langsung menuju ke Pantai Pasir Putih. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengikuti petunjuk jalan yang sudah ada atau juga dapat menggunakan transportasi umum seperti Bis Damri. Agar dapat sampai ke pulau ini, kalian dapat menggunakan speed boat (kapal motor) yang disewakan oleh masyarakat sekitar. Perjalanan menuju pulau ini tidak terlalu lama, waktu tempuh perjalanan sekitar 15-25 menit dari dermaga. Tarif sewa speed boat dari dermaga sekitar Rp150.000 sampai Rp300.000 per speed boat dengan kapasitas 10 orang. Disarankan untuk mengajak rekan, keluarga atau wisatawan lain yang hendak mengunjungi Pulau Condong Lampung karena semakin banyak orang maka akan semakin murah juga. Selain itu juga tidak disarankan untuk menyebrang sendiri. Tarif perahu pun juga beragam, penentuan harga dipengaruhi saat melakukan tawar-menawar harga dan kesepakatan di antara keduanya.

Tiket Masuk Ke Pulau Condong

Tiket masuk ke pulau ini tergolong murah, yaitu hanya sebesar Rp6.000 per orang. Selama di perjalanan, kalian akan dimanjakan dengan jernihnya air, bentangan laut berwarna biru kehijau-hijauan, dan ikan-ikan kecil warna-warnai yang banyak berenang bebas menambah kesan alami. Arus laut yang tenang dan perairannya yang tidak terlalu dalam juga bisa manfaatkan untuk menyelam dan melakukan rekreasi air yang lainnya.

Keunikan Dan Keindahan Pulau Condong

Bentuk Pulau Condong Lampung berbeda dari pulau-pulau lainnya karena memiliki bentuk yang unik. Selama di perjalanan menuju pulau ini, kalian akan melihat dari kejauhan bentuk pulau yang menyerupai mangkuk terbalik. Mungkin hal tersebut yang menginspirasi pemberian nama pulau ini karena bentuknya yang condong ke atas.

Pulau Condong

Pulau Condong | Foto : lampung.tribunnews.com

Pada bagian selatan pulau ini, kalian akan menemui pemandangan pantai berpasir putih disertai kerang-kerang yang bertebaran. Perairan di sisi selatan ini terkenal memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dan asri. Pada wilayah perairannya terdapat ekosistem terumbu karang yang masih alami. Jernihnya air membuat pulau ini menjadi salah satu tempat rekreasi seperti snorkling, diving, dan outbond training. Bahkan, jika wisatawan memiliki kecintaan terhadap olahraga ekstrem, pulau ini pun juga menyuguhkan rock climbing.

Bukan hanya itu, bagi kalian yang memiliki hobi memancing bisa untuk unjuk gigi di sini. Salah satu spot terbaik memancing adalah di atas batu karang yang posisinya sedikit condong ke tengah. Di sana kalian akan bertemu dengan banyak para pemancing yang sudah lebih dulu datang sambil bersantai menikmati panorama laut yang sangat mengenyangkan mata. Selain itu, pulau ini juga akan menampilkan keindahan alam yang begitu indah dan eksotis dengan jejeran pohon merbau, waru, dan ketapang yang merupakan vegetasi hutan pantai. Vegetasi tersebut tak kalah indah dengan pemandangan bawah laut Pulau Condong sendiri.

Pulau Condong

Pantai Pulau Condong | Foto : wisatasumatera.com

Kondisi alam Pulau Condong Lampung masih sangat alami. Kalian akan menemukan panorama alam yang sangat menarik dan akan rugi jika dilewatkan. Di tengah pulau terdapat kawasan pepohonan yang rimbun. Di sana merupakan tempat hidup ratusan monyet yang dibiarkan lepas, tidak perlu khawatir karena mereka tidak mengganggu manusia. Jika kalian membawa makanan berbungkus atau jajanan, maka dapat memberikan sedikit kepada monyet-monyet tersebut dengan cara melemparkannya ke arah yang lebih jauh. Sangat tidak dianjurkan untuk memberikannya langsung dari tangan karena bisa saja mereka jadi mengerumuni.

Artikel Terkait

Leave a Reply