Air Terjun, Alam, Desa Wisata

Mengunjungi Waterboom Alami di Curug Cipanji

Curug Cipanji

Curug Cipanji - Foto: segalainfo.com

Curug Cipanji – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung kerap dijadikan tujuan wisata oleh warga Jakarta di waktu libur. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, Bandung juga dikenal dengan hawanya yang sejuk dan banyaknya pilihan tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang belum banyak diketahui orang di Bandung adalah Curug Cipanji.

Curug cipanji adalah wisata air terjun yang terletak di Ciwedey, sebuah daerah yang terletak di Bandung Selatan. Ciwidey sendiri sudah sejak lama terkenal dengan keindahan wisata alamnya seperti Kawah Putih, Perkebunan Teh, dan banyak pemandian air panasnya.

Baca juga ya :

Namun ternyata, masih banyak lagi wisata alam yang cukup tersembunyi dan belum banyak terjamah manusia di Ciwidey, salah satunya adalah Curug Cipanji. Curug Cipanji sendiri adalah salah satu hidden paradise dari Ciwidey yang menawarkan air terjun bertingkat 3 dan waterboom alami.

Keunikan Curug Cipanji

Perbedaan yang cukup signifikan antara Curug Cipanji dan curug – curug lainnya terletak pada fakta bahwa curug ini memiliki 4 aliran air terjun. Salah satu alirannya melewati batuan datar yang halus dengan panjang 5 meter, sehingga sering dijadikan tempat berseluncur bagi para wisatawan dan dinamakan sebagai waterboom alami.

Curug Cipanji

Curug Cipanji – Foto: segalainfo.com

Masing – masing aliran air terjun disini memilik tinggi yang berbeda – beda. Curug yang paling bawah memiliki ketinggian sekitar 6 meter dengan tingkat kemiringan 45 derajat. Sementara curug yang paling atas dan paling tinggi memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Curug inilah yang dinamakan Curug Cipanji.

Air di curug ini sangat bersih, jernih, dan juga sangat dingin karena masih sangat alami dan jarang disentuh manusia, menjadikannya salah satu magnet yang menarik para wisatawan dari berbagai daerah.

Namun sayangnya, fasilitas di Curug Cipanji ini masih bisa dibilang kurang memadai karena memang masih tergolong sepi dan terpencil. Jangan harap kamu bisa menemukan mushola, toilet, maupun tempat parkir disini. Kalau kamu mau sholat atau buang air, kamu bisa numpang di salah satu warung milik warga setempat.

Rute dan Akses Menuju Curug Cipanji

Curug Cipanji berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung Selatan, tepatnya di kaki Gunung Cipanji. Sebenarnya masih banyak curug lainnya di kaki Gunung Cipanji, akan tetapi aksesnya masih sangat sulit untuk dilewati sehingga baru Curug Cipanji yang biasa dijadikan destinasi wisata.

Curug ini juga berada di tengah – tengah kebun teh yang sangat luas, sehingga sepanjang perjalanan menuju curug ini mata kamu akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang hijau.

Curug Cipanji

Curug Cipanji – Foto: segalainfo.com

Letak Curug Cipanji adalah sekitar 35 km dari Kota Bandung. Untuk kesana, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Namun, karena jalannya yang sangat berbatu, disarankan untuk tidak menggunakan mobil yang pendek seperti sedan karena akan sangat beresiko.

Rute dari Kota Bandung ke Curug Cipanji biasanya melewati Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu (melewati Rumah Makan Sindang Reret).

Kalau kamu menggunakan Google Maps, arahkan kendaraanmu ke Alun – Alun Ciwidey. Sebelum sampai ke Alun – Alun Siwidey, kamu akan melewati Rumah Makan Sindang Seret. Tak jauh dari rumah makan tersebut terdapat persimpangan sebelah kiri yang menuju kearah Curug Cipanji. Pelan – pelan ya, karena plang yang menunjukan arah ke Curug Cipanji ukurannya cukup kecil.

Setelah belok di persimpangan tersebut, kamu tinggal lurus terus saja mengikuti jalan raya sampai kamu melewati jalan berbatu menuju Desa Tenjolaya. Jika sudah sampai di desa tersebut, carilah rumah warga yang memiliki warung untuk menitipkan kendaraanmu sekalian mengisi perbekalan sebelum menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan yang harus kamu tempuh untuk sampai ke Curug Cipanji ini cukup jauh, sekitar 3,5 jam. Jadi siapkan fisikmu dan perbekalan yang cukup ya.  Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati perkebunan teh yang luas dan hutan pinus yang indah.

pemandangan lainnya di Curug Cipanji

pemandangan lainnya di Curug Cipanji – Foto: ridwanderful.com

Karena belum dikelola oleh Pemerintah Daerah sebagai salah satu tujuan wisata resmi, maka tidak ada jam operasional dan tiket masuk yang harus kamu bayar untuk masuk ke Curug Cipanji.

Tapi ingat ya, statusnya yang bukan sebagai tempat wisata resmi dan masih tergolong sepi ini bukan alasan bagimu untuk  merusaknya. Sebaliknya, kita harus bersama – sama menjaga Curug Cipanji ini agar tetap memiliki nuansa yang alami dan asri.

 

Leave a Reply