Mengenal Kota Unaaha Kabupaten Konawe - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Desa Wisata, Pengetahuan, Tentang Kota

Mengenal Kota Unaaha Kabupaten Konawe

Kota Unaaha Kabupaten Konawe Foto:Wikimapia.com

Kota Unaaha Kabupaten Konawe Foto:Wikimapia.com

Kota Unaaha Kabupaten Konawe – Kabupaten Konawe adalah salah satu Daerah Tingkat II yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibukota Kabupaten Konawe terletak di Unaaha yang berjarak 73 km  ke arah barat dari kota Kendari, secara geografis terletak dibagian selatan Khatulistiwa antara 02045’ dan 04015’ Lintang Selatan dan 121015 ‘ dan 123030’ Bujur Timur.

Kota Unaaha Kabupaten Konawe

 

Kantor Bupati Kabupaten Konawe Foto:Filckr.com

Kantor Bupati Kabupaten Konawe Foto:Filckr.com

Luas daratan  Kabupaten Konawe  sekitar 666,652 Ha atau 17,48 persen dari luas wilayah daratan Provinsi Sulawesi Tenggara dan luas wilayah perairan laut (termasuk Kabupaten Konawe Utara dan Selatan) kurang lebih 11.960 Km. Selain itu Kabupaten Konawe juga memiliki pulau-pulau seperti Pulau Wawonii, Pulau Bokori, Pulau Saponda Laut dan Darat. Dikota Unaaha sendiri memiliki 12 desa atau keluarahan.

BUDAYA KOTA UNAAHA KABUPATEN KONAWE

Corak utama yang dominan di Kabupaten Konawe adalah budaya Tolaki. Masyarakat Konawe adalah masyarakat dari beragam suku dan etnis. Meskipun masyarakat di daerah ini dikenal sebagai suku Tolaki, namun banyak juga yang berasal dari Bugis, Makassar, Jawa-Bali dan Toraja.

Kedatangan orang-orang dari berbagai daerah hidup di daerah Konawe ini tidak muncul saat kebijakan transmigrasi dicanangkan oleh pemerintah orde baru. Orang Bugis, Makasar, Buton, Muna, Ternate dan dari Jawa telah masuk ke daerah ini pada zaman kerajaan-kerajaan dahulu.

BUDAYA KOTA UNAAHA KABUPATEN KONAWE

Kebudayaan kota Unaaha Kabupaten Konawe

Kebudayaan kota Unaaha Kabupaten Konawe – foto jpnn.com

Adat isitiadat yang dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Konawe diantaranya terkait dengan perkawinan, upacara penyambutan tamu, penyelesaian konflik, upacara menyambut tamu, upacara pemulihan dan perdamaian. Adat istidat tersebut diantaranya meliputi Mepakawi, Kalosara, Mondotambe dan Mosehe.

Pengetahuan tradisional masyarakat Kabupaten Konawe diantaranya adalah Mekilala, Meowula, Moana, Sinonggi dan Sate Gogos Pokea.

Kesenian masyarakat Kabupaten Konawe diantaranya adalah Ana Elu, Anawai,  Anggo Ndula Tula, Baasi, Gambusu, Haluoleo, Konawe, Lebono Wuta Konawe, Lulo, Lulo Kreasi, Lulo Ngganda, Mondotambe, Motasu, Riringgu, Umoara, Wangui Wonuando, Wulele Sanggula, Wulele Wonua dan Wuwuho.

Bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Konawe diantaranya adalah Bahasa Tolaki.

PERMAINAN TRADISONAL KOTA UNAAHA KABUPATEN KONAWE

Permainan rakyat yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Konawe diantaranya adalah Mebiti, Mehule, Mekadawu, Mekatende, Mekou-kou, Memai Tali, Mepido, Mesamba-samba Ulu, Mesuke, Metauhu, Metinggi-tinggi, Metinggo, Meulo-ulo, Modinggu dan Selle/Asin.

Olahraga tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Konawe diantaranya adalah Melili (panco), Kondau (Silat Kampung) dan Metinggo.

TEMPAT WISATA DI KOTA UNAAHA KABUPATEN KONAWE

Wisata Argawana Camp di Kota Unaaha Foto: Argawana Camp-bussines.com

Wisata Argawana Camp di Kota Unaaha Foto: Argawana Camp-bussines.com

Diketahui dulunya terdapat Destinasi Wisata Argawana Camp yang terletak di Kelurahan Puohu Unaaha.Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Namun kini, tempat tersebut tidak terurus lagi. Terbukti dengan banyaknya spot-spot yang rusak dan tidak terawat.

Leave a Reply