City Tour, Pengetahuan, Tentang Kota

Mengenal Kota Pinang Labuhan Batu Selatan

Mengenal Kota Pinang Labuhan Batu Selatan 1

Kota Pinang Labuhanbatu Selatan. Sumber : Photographerlabusel.blogspot.com

Berluaskan daerah 482,40 km² , Kota Pinang Merupakan salah satu kecamatan yang berada di Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Berjarak sekitar 345 km dari kota Medan, Kota Pinang diperkirakan sudah ada sejak 250 tahun lalu berdasar dari bukti-bukti sejarah yang pernah ditemukan.

Tentang Kota Pinang

Kota Pinang

Sumber : Wikipedia.com

  Kota Pinang menurut sejarah diambil dari kata Hutan Pinangaon yang memiliki arti pinang yang mengawan atau pinang yang menjulang sampai ke awan. Dinamakan begitu karena menurut  sejarahnya dahulu di daerah Kota Pinang ada pohon pinang yang tinggi dan berdiri di depan istana Kota Pinang. Selain itu alasan lain yang menjadikan dinamakan Kota Pinang adalah karena dahulu tempat ini di sepanjang Sungai Barumun dulunya berpagar pinang.

Sebelum bernama Kota Pinang, daerah ini mulanya bernama Kesultanan Pinang Awan dengan pemimpin pertamanya bernama Sultan Batara Sinombah. Kesultanan Pinang Awan sendiri berdiri sejak tahun 1630, sebelum akhirnya bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1946, selepas berakhirnya penjajahan Jepang.

Di Kota Pinang Sendiri hanya ada satu Kelurahan dengan nama yang sama, yaitu Kelurahan Kota Pinang. Di Kelurahan Kota Pinang terdiri dari 8 desa yang terdaftar, yaitu Hadundung, Mampang, Pasir Tuntung, Perkebunan Nakondang, Perkebunan Normark, Perkebunan Sei Rumbia, Simatahari, Sisumut dan Sosopan.

Pesona Wisata di Kota Pinang

Wisata Kota Pinang

Sumber : Portalwisata.co.id

   Kota Pinang sendiri ternyata juga memiliki pesona alam yang begitu indah sehingga sangat cocok dijadikan tempat yang layak untuk dikunjungi jika sedang berada di Sumatera Selatan. Selain itu sejarah dari Kota Pinang yang merupakan daerah Kesultanan, menjadikan banyak sekali peninggalan-peinggalan sejarah yang menjadi pesona wisata budaya yang sangat cocok dan menarik untuk dipelajari.

Salah satu wisata di Kota Pinang yang menjadi andalan dan selalu jadi destinasi favorit wisatawan adalah Taman Wisata Indah Batu Ajo. Wisata Indah Batu Ajo ini adalah waterpark yang berdiri di tengah-tengah perkebunan sawit. Menikmati sensasi berenang bersama keluarga ataupun kawan dengan suguhan pemandangan hijau khas perkebunan sawit disekeliling, membuat tempat ini mempunyai kesan yang berbeda yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.

Melihat Bukti Sejarah Peradaban di Kota Pinang

Sejarah Kota Pinang

Sumber : Kucing-cinta.blogspot.com

Bagi pecinta wisata sejarah dan bangunan-bangunan kuno, di Kota Pinang juga terdapat spot-spot menarik yang merupakan peninggalan Kesultanan Kota Pinang, salah satunya adalah Istana Kota Bahran. Istana ini merupakan bukti kejayaan peradaban Melayu di Kota Pinang. Namun meski pernah menjadi simbol kebesaran dari Kesultanan Kota Pinang, bangunan ini kini banyak mengalami kerusakan karena mengalami penghancuran di masa revolusi sosial tahun 1946. Di tahun itu terjadi pergerakan anti-kaum bangsawan yang menginginkan dihapuskannya sistem kesultanan di Sumatera Utara.

Selain itu, jika berjalan-jalan ke pusat Kota Pinang, akan banyak juga dijumpai bangunan-bangunan kuno yang masih banyak berdiri dengan kokoh. Arsitektur bangunannya yang klasik akan sangat menarik untuk diabadikan dalam kamera dan menjadi background foto bergaya vintage yang kekinian.

Kuliner Kota Pinang

Kuliner Kota Pinang

Sumber : Dimanaaja.com

Berkunjung ke Kota Pinang jangan lupa untuk mencicipi olahan kuliner lokalnya yang tentu saja akan mampu menggoyang lidah. Kuliner khas di Kota Pinang yang wajib untuk dicoba adalah Gulai Asam Ikan Baung. Sesuai namanya, makanan ini dimasak dengan menggunakan bumbu gulai dan menggunakan bahan dasar Ikan Baung. Gulai Asam Ikan Baung ini adalah makanan kebanggan bagi masyarakat Kota Pinang karena rasanya yang begitu lezat. Ikan Baung yang dipadukan dengan bummu rempah beraneka rupa memberikan cita rasa yang khas dan membuat ketagihan.

Selain Gulai Asam Ikan Baung, ada satu lagi makanan khas Kota Pinang yang juga istimewa, yaitu Holat. Holat ini dahulu adalah makanan raja Tapanuli Selatan yang terbuat dari ikan mas. Holat ini terkenal memiliki cita rasa yang begitu menggugah selera, selain itu kandungan gizi yang terdapat dalam kuliner khas Kota Pinang ini dipercaya bisa dijadikan obat untuk berbagai jenis penyakit, misalnya darah tinggi, asam urat, rematik dan penyakit lainnya.

 

Begitulah tadi informasi singkat mengenai Kota Pinang di Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah pengetahuan tentang Kota Pinang.

Leave a Reply