Mengenal Kota Pinang kabupaten Labuhanbatu Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota

Mengenal Kota Pinang kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah salah satu kota yang sangat indah dan menakjubkan. Bisa dibilang ini merupakan kota wisata di daerah Sumatera Utara. Bahkan kota ini selalu menjadi rujukan para turis yang sedang pelesir ke Indonesia.

Selain itu, Kota Pinang memiliki sejarah yang juga layak untuk dipelajari. Karena dengan ini kita akan mengetahui betapa banyaknya kebudayaan di Indonesia. Nah pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang kota Pinang kabupaten Labuhanbatu Selatan. Ini penjelasannya:

Kantor Bupati di Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kantor Bupati di Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan – foto flickr

Kota Pinang Labuhanbatu Selatan sejatinya adalah nama sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara. Sedangkan kotanya menjadi pusat administrasi di kecamatan tersebut.

Karena dianggap sebagai pusat administrasi maka Kota Pinang layak disebut ibukota Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Bahkan kabarnya kota ini juga pernah menjadi ibukota Kesultanan Pinang.

Sejarah Kota Pinang Kota Pinang kabupaten Labuhanbatu Selatan

Menurut sejarahnya Kota Pinang dulunya bernama Pinang Awan yang memiliki makna sebuah negeri. Namun bukan Negeri biasa melainkan satu negeri yang merupakan turunan dari Nuh Alam Minangkerbau yang masih masuk ke dalam kawasan Negeri Pagaruyung

Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kerajaan ini akhirnya berubah menjadi kerajaan Kota Pinang yang memiliki keturunan asli menyebar ke segala arah sehingga ada yang menjadi raja Asahan dan Aceh. Nah itu artinya raja-raja Asahan maupun Aceh masih ada hubungan kekerabatan dengan raja-raja yang memerintah di kerajaan Kota Pinang.

Sejarah Kesultanan Kota Pinang

Sistem pemerintahan di Kota Pinang awalnya adalah Kesultanan. Yang mana Menurut sejarahnya Kesultanan ini sudah berdiri pada tahun 1630.

Pada tahun 1837 Kesultanan Kota Pinang diambil alih oleh Hindia Belanda. Baru pada tahun 1946 Kesultanan ini kembali melebur menjadi negara Indonesia.

Menurut sejarahnya Kesultanan Pinang atau Kesultanan Pinang Awan didirikan oleh Batara Sinomba yang merupakan anak dari Sultan Alam Shah Saifudin yang merupakan pendiri kerajaan Pagaruyung.

Kisahnya bermula ketika Sultan Batara Sinomba menikahi seorang putri dan dari pernikahan tersebut lahir dua orang Putra dan seorang putri yang bernama Siti Ungu Selendang.

Leave a Reply