Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Pengetahuan

Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar

Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar 1

Kota Pattallassang Kabupaten Takalar– Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam, budaya, dan tradisi masyakat yang masih di lestarikan sampai saat ini. Salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya adalah Kabupaten Takalar.

Jika kamu ingin berkunjung dan berlibur ke Kabupaten Takalar, berikut kami akan beri informasi mengenai budaya masyarakat yang ada disana dan tempat wisata yang menarik di Kabupaten Takalar.

Sejarah Kota Pattallassang Kabupaten Takalar

Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar 2

Kabupaten Takalar Foto: tribunnews.com

Kabupaten Takalar adalah salah satu Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, dan ibukotanya adalah Pattallassang. Kabupaten Takalar yang tterbentuk pada 10 Februari 1960 ini memiliki luas wilayah 566,51 km2, serta jumlah penduduk sebanyak 250.000 jiwa.

Kabupaten Takalar yang mempunyai moto MENYALA (Menarik, Nyaman, dan Asri) ini memiliki 9 kecamatan diantaranya adalah Kecamatan Galesong dan Kecamatan Sanrobone, serta memiliki keadaan geografi yang terdiri dari pantai, bukit, dan daratan.

Batas Wilayah Kota Pattallassang Kabupaten Takalar
Utara: Kota Makassar dan Kabupaten Gowa
Timur: Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Gowa
Selatan: Laut Flores
Barat: Selat Makassar

Tradisi Masyarakat di Kota Pattallassang Kabupaten Takalar

Masyarakat di Kota Pattallassang Kabupaten Takalar memiliki sebuah tradisi yang sudah mereka jalankan sejak lama. Salah satu tradisi masyarakat di Kabupaten Takalar adalah tradisi Maudu Lompoa, Berikut adalah penjelasan mengenai tradisi Maudu Lompoa.

Tradisi Maudu Lompoa

Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar 3

Tradisi Maudu Lompoa Foto: wikipedia.org

Maudu Lompoa merupakan bahasa Bugis yang berarti Maulid Besar. Dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, masyarakat di Kabupaten Takalar menggelar tradisi Maudu Lompoa dengan menyiapkan beberapa hasil bumi seperti ayam, padi, buah buahan, dan ubi ubian.

Gotong royong adalah ciri khas dari tradisi Maudu Lompoa karena ada acara membawa julung julung atau masyarakat membawa hasil bumi dengan kapal kayu yang dihias. Atraksi Mapanca atau Pencak Silat dari pemuda dan tetua di Takalar juga menambah kemeriahan tradisi Maudu Lompoa.

Budaya di Kota Pattallassang Kabupaten Takalar

Budaya di Sulawesi Selatan sangat beragam dan punya keunikannya sendiri. abupaten Takalar memiliki budaya seperti tarian, baju adat, rumah adat , dan bahasa, yang sampai saat ini masih di pertahankan oleh masyarakatnya. Berikut adalah budaya yang ada di Kota Pattallassang Kabupaten Takalar.

1. Tarian Appa’ dekko

Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar 4

Tarian Appa’ dekko Foto: suaralidik.com

Tarian Appa’ dekko merupakan tarian khas Kabupaten Takalar, dan biasanya tarian ini dibawakan saat panen raya. Dengan menggunakan baju khas Bugis yaitu Baju Bodo, masyarakat menari sambil menumbuk padi yang ada didalam sebuah lesung (alat tumbuk padi yang terbuat dari kayu).

2. Rumah Balla Lampoa

Mengenal Kota Pattallassang Kabupaten Takalar 5

Leave a Reply