Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Desa Wisata

Lokasi dan Harga Tiket Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan

Kampung Singkur Pangalengan

- foto @ayorizqi

Satu lagi destinasi wisata baru yang bernuansa alam ciri khas daerah pegunungan di kawasan pangalengan Bandung adalah Kampung Singkur Pangalengan atau juga sering disebut Singkur Glamping River Side. Kampung Singkur Pangalengan ini merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di Hutan Pinus Rahong. Jadi kawasan wisata ini mengutamakan keindahan pohon pinus dan alam sekitarnya sebagai magnet untuk menarik wisatawan.

Kampung Singkur Pangalengan Bandung

Kampung Singkur Pangalengan Bandung – foto @sigotik91

Kampung Singkur Pangalengan memang masih tergolong destinasi wisata baru. Banyak masyarakat atau wisatawan yang datang ketempat ini karena mulai ngehits di media sosial. Namun banyak pengunjung yang mengaku betah dan nyaman berada di kawasan Kampung Singkur Pangalengan terlebih jika mereka membawa keluarga atau temanya. Kesejukan alam disekitarnya dan juga aktivitas lainnya yang menarik untuk dilakukan ditempat ini.

Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan

Sebenarnya salah satu spot utama yang menarik wisatawan datang ke Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan adalah kawasan sungainya yang sudah dihias sedemikian rupa Sehingga aliran sungainya terlihat seru, lucu dan juga menarik untuk dikunjungi. Apalagi ada kayu-kayu di tengahnya hingga ada sebuah jembatan kayu yang terlihat cantik dengan deretan tempat duduk disepanjang sungai yang bersih dan segar ini.

Baca juga destinasi lainnya:

Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan

Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan – foto @evasucianaputri

Deretan pepohonan pinus Rahong sangat ciamik untuk dijadikan sebagai latar spot foto bahkan banyak wisatawan yang memasang hammock untuk bersantai dibawah pohon pinus. Seperti yang kita tahu jika Hutan Pinus Rahong juga berfungsi sebagai kawasan resapan air dan juga sebagai penghasil getah pinus yang banyak dimanfaatkan untuk industri-industri. Hutan pinus ini berada di sepanjang pinggir Jalan Raya Utama Rahong.

Kampung Singkur

Kampung Singkur -foto @faujiannasional

Bagi yang ingin beristirahatpun atau ingin menginap dikawasan ini sudah tersedia gazebo atau rumah-rumah mini yang unik ditepi sungai. Jadi sekali liburan bisa sambil bersantai menikmati keindahan alam dan kesegaran sungainya. Oh ya di tempat Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan ini juga banyak dibangun spot foto-foto lucu kekinian yang menjadi daya tarik tambahan bagi para anak muda yang ingin tetap eksis dimedia sosial.

Aktivitas dan Kegiatan di Kampung Singkur Pangalengan

Kampung Singkur di Pangalengan tak hanya dijadikan sebagai tempat bersantai menikmati keindahan alamnya saja namun juga bis amelakukan banyak aktivitas seru bersama keluarga terutama anak. Misalnya saja kawasan  menangkap ikan untuk anak-anak, naik perahu dan berkeliling di Situ Cileunca hingga aktivitas Petik buah Strawberry.

Kampung Singkur Pangalengan

Arung Jeram di Kampung Singkur Pangalengan – foto @ayorizqi

Buat kalian yang menyukai Arung Jeram, Kampung Singkur Pangalengan juga menawarkan aktivitas Arung Jeram yang saya rasa cukup seru dilaukan bareng teman-teman. Keberadaan air dikawasan situ Cilenca menjadi titik awal lokasi arung jeram di kawasan Kampung Singkur Pangalengan. Jangan khawatir soal lajunya karena aliran air dari situ cileunca ini cukup deras menuju kawasan bawah hutan minus sejauh 5km. Menyusuri sungai dikawasan inipun terasa lama karena hampir 2 jam lamanya. Dijamin seru dan cukup memacu adrenalin loh.

situ cileunca Kampung Singkur Pangalengan

situ cileunca Kampung Singkur Pangalengan – foto @terasdanoe_camping_ground

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Kampung Singkur adalah aktivitas outbond seru yang bisa dilakukan bersama teman-teman hingga team kantor untuk memperkuat kekompakan team. Berbagai fasilitas outbound yang cukup lengkap juga tersedia dikawasan ini. Di antaranya ada flying fox, paint ball, dan tubing trip.

Bagi yang suka Camping bareng teman-teman, nah Kampung Singkur Juga bisa menjadi rekomedasi tempat camping yang asik dan seru. area campingnya juga cukup luas bisa menumpung banyak tenda dan dibagi kedalam beberapa area. Jika tidak suka area dipepohonan pinus, kita bisa memilih camping disekitaran situ cileuncanya.

Baca juga wisata lainnya :

camping seru di Kampung Singkur Pangalengan

tempat camping seru di Kampung Singkur Pangalengan – foto @miftahbrow,

Harga Tiket Masuk Kampung Singkur Pangalengan

Saat ini untuk masuk ke kawasan Kampung Singkur Pangalengan sendiri setiap pengunjung akan dikenakan  biaya Rp 10.000 per orang. Sementara untuk fasilitas lainnya yang ada dikawasan ini dikenakan biaya tambahan dan disesuaikan dengan jenis kegiatanya yakni antara Rp 15 ribu – Rp 100.000 ribuan.

Lokasi Kampung Singkur Pangalengan

Bagi kalian yang tertarik datang ketempat ini, lokasi Kampung Singkur Pangalengan berada dikawasan Hutan Pinus Rahong, Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Mungkin kalian pernah berkunjung ke Situ Cileunca, nah lokasinya persis berada disamping situ ini.  Atau jika sedikit bingung, kalian arahkan saj alaju kendaraan kalian dari arah kota Bandung menuju Pangalengan. Nah saat lewat jalan raya Rahong, arahkan saja menuju ke jalan ke Kampung Singkur.

Leave a Reply