Air Terjun, Alam, Daftar Wisata

Indahnya Air Terjun Silaklak di Kabupaten Sibolga, Luar Biasa!

Air Terjun Silaklak

Sumber: mashur-sirfamilyn.blogspot.com

Air terjun Silaklak, itulah nama objek wisata berupa air terjun yang cukup asri dan menenangkan di Sumatera Utara. Objek wisata ini juga dikenal dengan nama lain sebagai Air Terjun Sipitu-pitu. Air terjun ini sangat indah dan sering menjadi lokasi untuk berfoto kasual atau fotografi profesional. Selain indah, suasana di air terjun Silaklak sangat sejuk dan nyaman.

Air Terjun Silaklak

Sumber: tobatabo.com

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dari permukaan tanah. Objek wisata ini cukup populer karena tempatnya yang sangat indah. Namun, air terjun Silaklak menjadi mulai ditinggalkan karena pengunjung merasa akses jalan yang cukup sulit membuat mereka kesulitan mencapai air terjun. Karena itulah, para pengunjung bisa jadi enggan untuk datang kedua kalinya.

Lokasi Air Terjun Silaklak

Air terjun Silaklak berada di Jalan Sibolga-Barus, Desa Unte Mungkur III, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Utara. Jika ditempuh dari pusat ibukota Kabupaten Tapanuli Utara, yaitu Pandan, pengunjung akan butuh waktu 60 menit untuk mencapainya.

Ketika sampai di lokasi, pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di area parkir yang berada di pintu hutan. Tidak ada kendaraan yang bisa masuk karena jalan menuju air terjun Silaklak cukup sulit. Perjalanan harus dilakukan dengan menyusuri jalan setapak yang mendaki. Berjalan di jalur menuju air terjun ini harus berhati-hati untuk mengantisipasi tanah yang licin dan bebatuan hutan tropis. Selain itu, di sisi kiri jalan setapak juga ada jurang yang begitu lebar.

Air Terjun Silaklak

Sumber: mashur-sirfamilyn.blogspot.com

Perjalanan dari area parkir ke air terjun Silaklak dapat ditempuh sekitar 20 menit. Meski melelahkan dan arena berjalan yang cukup menantang, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam dengan pepohonan yang rimbun. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto ria di perjalanan karena suasana asri yang menyejukkan sekaligus bisa istirahat terlebih dahulu.

Suasana Air Terjun Silaklak

Semakin dekat dengan air terjun Silaklak, semakin terdengar gemuruh air yang jatuh dan menyatu dengan aroma dedaunan hutan. Kondisi tersebut akan mengobati rasa lelah para pengunjung. Jika sudah sampai di bibir air terjun, disarankan untuk melepas sepatu atau sendal yang digunakan. Bebatuan besar di pinggir air terjun memang terlihat mudah untuk dilewati, namun harus tetap berhati-hati dengannya.

Baca juga: Pesona Air Terjun Bukit Gibeon di Kabupaten Tobasa

Keindahan air terjun Silaklak memang tiada duanya. Suasana yang cukup eksotis mampu membawa ketenangan bagi siapapun yang melihatnya. Kabut air yang bertebangan membuat hawa udara menjadi semakin sejuk. Tebing batu yang menghimpit air terjun meminta untuk dipanjat. Berdasarkan informasi warga setempat, tebing tersebut memang sering didaki terutama untuk para pencari madu. Pepohonan di dekat area tebih memiliki banyak sarang lebah madu.

Kebanyakan pengunjung air terjun ini merupakan anak remaja yang sedang liburan untuk sekedar menghabiskan waktu. Tak jarang mereka datang dalam rombongan besar.

Air Terjun Silaklak

Sumber: jendeladunia16.com

Air terjun Silaklak sering dijadikan tempat mandi untuk menyegarkan diri. Selain itu, lokasi ini juga sering dijadikan terapi. Tidak sedikit pengunjung yang duduk bersila dan membiarkan punggung telanjangnya dihantam tumpahan air terjun. Rasanya seperti dipijat.

Untuk berkunjung ke air terjun ini, ada baiknya pengunjung membawa perbekalan sendiri. Lokasi tempat air terjun berada tidak menyediakan warung atau jualan apapun.

Terdapat kepercayaan di air terjun Silaklak bahwa ada yang bilang di air terjun ini ada naganya. Ada juga yang bilang kalau tempat ini adalah tempat mandi para putri. Memang banyak kisah yang lalu lalang, namun satu hal yang pasti adalah pengunjung diwajibkan untuk tidak melakukan tindakan yang menyeleweng. Tindakan tersebut dapat berupa melakukan aktivitas asusila, mengucapkan kata kotor, dan merusak alam.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Silaklak

Jika akan berkunjung ke air terjun Silaklak, pastikan kamu memiliki stamina yang cukup untuk pergi ke sini. Meskipun bisa istirahat di perjalanan menuju air terjun, akan lebih baik dan lebih memuaskan jika cepat sampai di air terjunnya. Kemudian, bawalah perbekalan secukupnya, minimal air minum dan makanan ringan. Bawa juga kantong plastik atau tas tambahan untuk menampung sampah, jikalau di perjalanan ke air terjun Silaklak tidak ditemukan tempat sampah.

Leave a Reply