Alam, Gunung, Harga Tiket

Hutan Pinus Pancar – Wisata Alam Bogor yang Bikin Ceria

Hutan Pinus Pancar – Wisata Alam Bogor yang Bikin Ceria 1

Sumber: hargatiket.net

Hutan Pinus Pancar – Siapa yang tidak tahu Bogor? Kota yang terletak di selatan kota Jakarta ini memiliki beberapa objek wisata yang terkenal yang kalian semuanya pasti bisa sebutkan: Kebun Raya Bogor dan Taman Safari. Selain itu, ada pula curug-curug yang indah seperti Curug Leuwi Hejo, Curug Cibaliung, Curug Barong, Curug Bidadari, dan banyak lagi. Namun, ada yang kurang rasanya bila kalian tidak mengetahui tempat wisata yang tak kalah indahnya di Bogor, yaitu Hutan Pinus Pancar.

Lokasi Hutan Pinus Pancar

Hutan Pinus Pancar ini terletak di desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini juga cukup dikenal dengan sebutan Sentul. Lokasi hutan pinus ini berdekatan dengan Gunung Pancar yang memiliki ketinggian 300-800mdpl. Selain vegetasi pinus, yang merupakan vegetasi mayoritas di gunung Pancar, terdapat berbagai vegetasi yang lain seperti Rasamala, Puspa, Pasang, Beringin, dan lainnya.

Untuk tiba di hutan pinus Pancar dari Jakarta, kalian bisa melewati jalan tol Jagorawi dengan durasi perjalanan 1 – 1,5 jam (perhitungan keadaan lalu lintas normal). Kemudian kalian akan keluar di pintu tol Sentul Selatan / Sentul City. Setelah itu, kalian bisa mengikuti arah penunjuk jalan Jungle Land berhubung lokasi Jungle Land dan Gunung Pancar yang berdekatan.

Aktivitas di Hutan Pinus Pancar

Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan saat berada di Hutan Pinus Pancar Bogor.

Berfoto di Hutan Pinus Pancar              

Di dalam hutan pinus yang sangat indah ini, kalian bisa bersantai menikmati ketenangan alam yang ada dan juga mengambil foto. Cukup banyak yang memilih objek wisata ini sebagai lokasi foto pre-wedding mereka lho.

Hutan Pinus Pancar

Hutan Pinus Pancar – Sumber: BeritaSatu

Outbond di Hutan Pinus Pancar

Hutan Pinus Pancar – Wisata Alam Bogor yang Bikin Ceria 2

Sumber: gunungpancar.com

Hutan Pinus Pancar memiliki beberapa wahana outbond dan fun games. Pihak pengelola menyediakan paket team building yang biasanya dimanfaatkan oleh sekolah dan perusahaan untuk mengadakan program kebersamaan. Permainan outbond sangat beragam karena disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga : Suka main ke curug, jangan lupa kunjungi Curug Lontar di Bogor

Ada yang bertujuan menghilangkan kejenuhan, ada pula yang bertujuan mengembangkan kekompakan tim. Suasana outbond team building yang diadakan menjadi lebih seru dengan ditemani pemandangan Hutan Pinus Pancar yang asri.

Camping di Hutan Pinus Pancar

Bermalam di hutan pinus bersama orang-orang terdekat? Mengapa tidak? Alangkah indahnya bisa menghabiskan waktu bermalam ditemani indahnya langit dan suara sayup hewan dalam hutan. Kalian bisa membawa alat camping kalian sendiri atau bila belum punya, ada warga yang menyediakan paket camping yang lengkap dan aman untuk digunakan.

camping di Hutan Pinus Pancar

Camping di Hutan Pinus Pancar Sumber: Instagram – @gunungpancar

Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Pancar

Di dalam Hutan Pinus Pancar tersedia berbagai fasilitas seperti toilet, aula, mushola, tempat makan minum dan fasilitas umum lainnya. Jangan lupa mampir ke satu kedai kopi hits yang ada di sini. Karena berada di Bogor dengan udara yang dingin, nongkrong di kedai kopi ini tentunya dapat menghangatkan badan. Nama café ini adalah Ameera Coffee. Meskipun sederhana dan tidak semewah cafe di perkotaan, rasa kopi di sini jangan diragukan.

Hutan Pinus Pancar – Wisata Alam Bogor yang Bikin Ceria 3

Sumber: google maps/DJavaEnterprise

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pancar

Untuk berwisata di taman wisata alam Gunung Pancar ini, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Untuk karcis masuk kendaraan, roda 2 dikenakan Rp 5.000,- per unit, roda 4 Rp 10.000,- per unit, roda 6 50.000,- per unit.

Harga tiket masuk cukup terjangkau: Rp 5.000,- pada hari biasa dan 7.500,- pada akhir pekan. Namun, bagi warga negara asing, akan dikenakan biaya masuk Rp 100.000,- pada hari biasa dan Rp 150.000,- pada akhir pekan. Biaya tersebut belum termasuk aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di sana, seperti camping, outbond dan lain-lain.

Leave a Reply