Bukit, Alam, Gunung, Harga Tiket, Pendaki, Tips Travelling

Bukit Seribu Bintang Kuningan

Bukit Seribu Bintang Kuningan

Bukit Seribu Bintang Kuningan - Foto: www.tipswisata.co

Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang menawan berada di Provinsi Jawa Barat. Konon banyak yang mengatakan bahwa “Tuhan tersenyum saat menciptakan Jawa Barat.”

Mulai dari daerah pantai, sampai daerah pegunungan dapat kalian temui di Jawa Barat. Apakah wisata santai menikmati sejuknya alam, angin pantai, sampai wisata yang menantang dan indah bisa kalian dapatkan.

Salah satu tempat wisata yang saat ini banyak menjadi perbincangan orang adalah wisata di Bukit Seribu Bintang Kuningan. Apa saja yang menjadikan tempat ini menarik? Yuk simak sama-sama artikel ini.

Tentang Bukit Seribu Bintang Kuningan

Bukit Seribu Bintang Kuningan 1

Bukit Seribu Bintang Kuningan – Foto: www.tipswisata.co

Bukit Seribu Bintang adalah sebuah tempat wisata di kaki Gunung Ciremai Jawa Barat berada di ketinggian 1250 mdpl yang diresmikan pada tanggal 15 Juli 2016. Kawasan wisata ini cocok sekali untuk kalian yang senang dengan suasana pegunungan.

Nama Bukit Seribu Bintang Kuningan sendiri diambil dari keindahan langit yang ada di bukit ini pada malam hari dimana kalian bisa menikmati hamparan bintang di langit bagaikan permadani yang digelar dengan dihiasi kerlap-kerlip bintang yang mempesona.

Tempat ini cocok sekali bagi kalian yang senang dengan kegiatan camping atau yang ingin merasakan sensasi lain dari wisata mainstream dengan bermalam disini.

Kawasan wisata ini memiliki konsep ekowisata dan eduwisata. Ekowisata adalah wisata di kawasan Bukit Seribu Bintang Kuningan ini memiliki basis konservasi. Konservasi adalah pelestarian dan perlindungan alam. Sehingga wisata di Bukit Seribu Bintang Kuningan ini memiliki tajuk berupa One Visitor One Tree.

Satu pengunjung satu pohon ini bertujuan agar selain menjaga kelestarian juga memberi edukasi kepada pengunjung mengenai pentingnya kelestarian alam bagi manusia dan ekosistem sekitar.

Sedangkan Eduwisata adalah bagaimana pengunjung yang datang ke Bukit Seribu Bintang Kuningan memiliki pemahaman tentang pentingnya menjaga alam demi anak cucu kelak.

Konsep Eduwisata sendiri dilakukan dalam bentuk program Camp Fire Care yang diadakan oleh pengelola Bukit Seribu Bintang Kuningan. Edukasi berupa berbagai kegiatan seperti perkemahan, patroli bersama polisi hutan, permainan yang edukatif, dan banyak lagi.

Sehingga sepulang dari Bukit Seribu Bintang Kuningan ini pengunjung bukan hanya dapat menikmati keindahan alam, memacu adrenalin menyusuri rute, atau menikmati langit dengan tebaran bintang. Tetapi juga membawa pengetahuan baru dan pandangan baru mengenai alam dan pelestariannya.

Lokasi dan Akses menuju Bukit Seribu Bintang Kuningan

Bukit Seribu Bintang Kuningan 2

Perjalanan Seru Menuju Ke Atas Bukit Bintang Kuningan – Foto: liburantravelling.blogspot.com

Lokasi Bukit Seribu Bintang Kuningan tepatnya berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Bila kalian dari Jakarta dan membawa kendaraan sendiri kalian bisa melewati rute Tol Cikopo – Palimanan menuju Jatibarang.

Keluar di exit 188 tol Cikopo – Palimanan. Setelah keluar tol kalian bisa lanjut ke Palimanan – Kramat, Jl. Cisaat – Kramat, Jl. Padamatang – Cisaat, lanjut ke jalan Pasawahan-Padabeunghar. Rute ini memakan waktu sekitar 3 jam 45 menit.

Bila sebelum menuju kesini kalian berkunjung dulu ke Cirebon maka jarak dari Cirebon hanya 47 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Dari pinggir jalan raya Batuluhur kalian bisa memarkirkan kendaraan kalian disini lalu lanjut ke atas menggunakan mobil offroad berupa JEEP, SUV atau mobil 4×4.  Kondisi jalan ke atas bukit masih alami dan menantang jadi adrenalin kalian dijamin terpacu deh!

Kondisi jalan yang kadang berlubang, kadang lembek, kadang keras, dan banyak batu besar menjadi sensasi awal yang kalian rasakan saat menuju Bukit Seribu Bintang Kuningan yang pastinya tidak terlupakan.

Keindahan yang Mempesona di Atas Bukit Seribu Bintang Kuningan

Bukit Seribu Bintang Kuningan 3

Keindahan Bukit Seribu Bintang Kuningan – Foto: www.knginfo.com

Perjalanan yang memacu adrenalin saat menuju ke atas bukit akan langsung terbayarkan begitu kalian menginjakkan kaki ke lokasi wisata di lereng Gunung Ciremai ini.

Udara yang dingin dan sejuk karena kawasan ini berada di ketinggian 1250 mdpl, didampingi oleh pemandangan yang ciamik dari atas bukit akan menghilangkan segala kelelahan kalian.

Keindahan bukit ini dapat dirasakan secara maksimal pada malam hari. Di sini kalian bisa menikmati hamparan bintang di langit luas. Begitu juga bila kalian melihat ke kaki bukit maka akan terlihat hamparan lampu-lampu  kota yang berasal dari daerah Cirebon, Majalengka, Kuningan, Subang, Brebes, Losari, dan Tegal.

Tiket Masuk dan Fasilitas 

Bukit Seribu Bintang Kuningan 4

Fasilitas di Bukit Seribu Bintang Kuningan – Foto: tamankuningkebunrayakuningan.blogspot.com

Untuk masuk ke kawasan Bukit Seribu Bintang kalian dikenakan biaya Rp.100.000 untuk pengunjung umum. Untuk pengunjung SMA/SMK atau mahasiswa dikenakan biaya masuk Rp. 75.000. Dan bagi kalian yang membawa anak atau keluarga yang berusia TK s/d SMP dikenakan biaya Rp. 50.000 untuk masuk.

Biaya di atas sudah termasuk biaya transportasi, dan biaya camping di sini. Termasuk juga sebuah bibit pohon yang nantinya akan ditanam di area Bukit Seribu Bintang.

Tetapi biaya di atas belum termasuk biaya sewa tenda, penginapan dan makan ya. Untuk kalian yang punya tenda sendiri dipersilahkan membawanya. Sedangkan kalau kalian ingin jajan disini juga tersedia warung.

Di warung yang ada di Bukit Seribu Bintang Kuningan kalian bisa membeli nasi telur dengan sambal dan kerupuk seharga Rp. 15.000, teh atau kopi Rp.5000, bubur kacang hijau Rp. 10.000, tersedia juga air mineral seharga Rp. 8000 untuk ukuran 600 ml.

Fasilitas yang ada disini terbilang cukup lengkap seperti penyewaan tenda, penyewaan tenda doom, genset, ATV, kedai, camping groundhome stay, gazebo, toilet, dan gardu pandang.

Fasilitas-fasilitas di atas masih terus dikembangkan lho oleh pengelola  kawasan ini. Sehingga dapat dijamin tempat wisata ini akan terus berkembang dan dapat memberi kepuasan bagi pengunjungnya.

Bukit Seribu Bintang Kuningan 5

Menikmati Keindahan Bukit Seribu Bintang Kuningan berasama Keluarga dan Teman – Foto: www.datawisata.com

Jadi bagaimana? Tertarik mengunjungi Bukit Seribu Bintang Kuningan? Jangan lupa siapkan peralatan, stamina, dan perkakas yang diperlukan untuk pengalaman seru kalian di sini. Rasakan pengalaman tidak terlupakan menikmati hamparan bintang di malam hari hanya di Bukit Seribu Bintang Kuningan.

Baca ini juga yuk!

https://seringjalan.com/review-curug-love-bogor-jawa-barat-yang-indah-luar-biasa/

https://seringjalan.com/curug-landung/

https://seringjalan.com/5-gunung-tertinggi-di-jawa-barat/

 

 

Leave a Reply