Alam, Bukit, Desa Wisata, Gunung, Harga Tiket, Info Pendakian, Pendaki

Bukit Alas Bandawasa, Tempat Melihat Lautan Awan di Bogor

Lautan Awan di Bukit Alas Bandawasa

Lautan Awan di Bukit Alas Bandawasa - foto ig @encepmhmd87

Bukit Alas Bandawasa – Saat ini Indonesia tengah dilanda pandemi virus yang cukup membatasi ruang gerak masyarakat. Banyak orang tidak bisa bepergian dengan leluasa, bahkan lebaran tahun ini berbeda dengan lebaran yang biasa dilewati dengan berkunjung ke saudara dan keluarga.

Namun, untuk menambah daftar tempat yang akan dikunjungi apabila pandemi dan pembatasan sosial terah berakhir, tempat wisata satu ini mungkin dapat dijadikan referensi yang bagus.

Bukit Alas Bandawasa, tempat camping baru di Bogor

Bukit Alas Bandawasa, tempat camping baru di Bogor – ig @muflihahelly

Bagi para penikmat keindahan alam dan penyuka kamping yang sedang bosan dengan rutinitas hidup dan hiruk pikuk kota, ada rekomendasi lokasi asyik untuk kamping. Menariknya lokasinya tidak jauh dari Ibukota Jakarta. Tidak lebih dari 3 jam, kita sudah dapat mengakses lokasi.

Aksesnya juga mudah dan tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk mendakinya. Namanya lokasinya Bukit Alas Bandawasa. Bukit Alas Bandawasa adalah surga baru di Kabupaten Bogor yang diresmikan bulan Januari 2020 yang lalu. Lokasi ini banyak yang berkata mirip negeri diatas awan. Walaupun namanya Bandawasa, namun lokasinya terletak di Bogor.

Lokasi Bukit Alas Bandawasa

Lokasi Bukit Alas Bandawasa

Lokasi Bukit Alas Bandawasa – metropolitan.id

Bukit Alas Bandawasa itu sendiri terletak di desa Pasir Jaya kec. Cigombong kab. Bogor Jawa Barat. Hal yang mengagumkan dari wisata ini adalah wisata ini sendiri di kelola oleh para pemuda di desa tersebut dan ide pembuatan tempat pariwisata ini oleh kepala desa setempat. Mereka swasembada sendiri untuk mengembangkan tempat wisata ini, mulai dari pengelola juga yang melakukan operasional di tempat wisata ini.

Harga tiket untuk mengakses tempat wisata ini sendiri pun tergolong murah meriah yaitu sekitar Rp. 20000/orang. Jika membawa kendaraan bermotor membayar parkir ada tambahan sejumlah Rp 5000/motor. Disana disediakan parkiran untuk pengguna motor dan juga mobil. Akses menuju lokasi pun sudah cukup bagus, namun pasti jalan banyak tanjakan dan belokan tajam.

Fasilitas di Bukit Alas Bandawasa

Dikala malam hari dari Bukit Alas Bandawasa di suguhkan keindahan lampu kota bogor, dan angin sejuk terbebas dari polusi kota. Saat malam berganti dengan sang fajar pagi, para penggunjung disuguhkan dengan pemandangan mentari pagi berwarna jingga yang melihatkan sinarnya yang indah di balik tingginya gunung Gede.

Meskipun merupakan destinasi yang  baru dibuka yaitu di awal tahun 2020, Bukit Alas Bandawas di Kabupaten Bogor bagian selatan ini menyuguhkan para pengunjungnya dengan keindahan alam yang sangat memukau.

Baca Juga ya :

Bukit Alas Bandawasa Bogor

Camping Bukit Alas Bandawasa Bogor

Disini juga para pengunjung bisa menikmati keindahan lautan awan dari atas ketinggian. Untuk di area camping ground, demi menghindari hal-hal yang tidak dinginkan pihak pengelola juga memisahkan area camping laki-laki dan area camping perempuan.

Luas dari lahan campinng ground yang mencapai 27 hektare ini juga membuat pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di dekat arena camping.  Sehingga bagi para pengunjung yang ingin memarkir kendaraan disebelah tenda agar lebih terjaga dapat memarkir kendaraan mereka di sebelah tenda yang sudah didirikan. Namun, ini hanya berlaku bagi pemilik kendaraan roda dua atau motor.

Sunrise di Bukit Alas Bandawasa

Setelah menikmati indahnya pemandangan kota bogor di malam hari dari atas bukit Alas Bandawasa, disaat malam berganti dengan sang fajar pagi, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan mentari pagi berwarna jingga yang seakan malu – malu menunjukan sinarnya di balik gunung Gede.

Lautan Awan di Bukit Alas Bandawasa

Lautan Awan di Bukit Alas Bandawasa – foto ig @encepmhmd87

Sedikit tips untuk mengunjungi destinasi destinasi Bukit Alas Bandawasa, pastikan bahwa para pengunjung datang disaat musim panas. Hal ini, dimaksudkan agar para pengunjung dapat mengalami pemandangan dari panorama yang dimiliki oleh bukit Alas Bandawasa  secara maksimal. Disaat musim panas, seluruh pemandangan yang ada di bukit Alas Bandawasa dapat dilihat tanpa takut terhalang awan mendung maupun kehujanan.

Selain itu, untuk pengunjung yang hendak berangkat ke bukit Alas Bandawasa diharapkan untuk berhati-hati. Dikarenakan jalanan menuju destinasi wisata yang satu ini cukup berbahaya. Jalanan yang menanjak, berliku – liku ini diperlukan konsentrasi penuh.

Banyak hal yang dapat dilakukan di tempat ini namun paling tepat untuk kaum muda mudi ke tempat ini bersama dengan teman – teman untuk menikmati indahnya alam sambil bersantai bersama untuk sejenak meninggalkan hiruk pikuk kota metropolitan. Jadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke  Bogor, sempatkan waktu kalian untuk berkunjung ke destinasi yang satu ini.

Sumber : Kompasiana

Leave a Reply