Asal Usul dan Sejarah Tari Tnabar Ilaa - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Tnabar Ilaa

Pemecahan Rekor Muri Tari Tnabar Ilaa

Pemecahan Rekor Muri Tari Tnabar Ilaa - foto youtbe muri

Tari Tnabar Ilaa – Pernah melihat atau setidaknya tahu tentang Tari Tnabar Ila’a? Tari Tnabar Ila’a adalah tari adat tradisional dari Nusa Tenggara Barat yang sakral berupa pemujaan kepada Tuhan yang hanya dipentaskan pada pesta adat.

Tarian ini dijadikan media antara warga desa dengan para datuk, yaitu leluhur mereka yang dipercaya masih ada untuk menjaga masyarakat setempat. Inilah ulasan tentang asal usul dan sejarah tarian Tnabar Ilaa.

Asal Usul Tari Tnabar Ilaa

pertunjukan Tari Tnabar Ilaa

pertunjukan Tari Tnabar Ilaa – fo0 n25news.com

Tari Tnabar Ila’a adalah kebudayaan orang Tanimbar yang berada di Pulau Tanimbar yang tetap dijaga kelestariannya dari generasi ke generasi karena sudah ada sejak dahulu.

Pada hakikatnya, tarian ini adalah ungkapan janji atau pesan tertentu yang memiliki unsur kebaikan bagi masyarakat. Tnabar Ila’a dibuat berdasarkan konsekuensi masyarakat setempat yang bersekutu  dan memiliki perjanjian.

Bahasa yang digunakan dalam syair Tnabar Ila’a adalah bahasa fordata (vai dida) yang menunjukan identitas orang Tanimbar. Syair ini juga bisa menjadi sarana belajar apabila sesorang ingin mengetahui bahasa fordata. Vai dida atau bahasa fordata adalah bahasa ibu karena kunci untuk mengusai bahasa tersebut harus berguru dengan seorang ibu.

Tari Tnabar Ilaa

Tari Tnabar Ilaa – foto youtube.com

Nyanyian ini kerap disenandungkan ketika seorang anak duduk di pangkuan ibunya. Masyarakat pasti diberi perintah untuk melantunkan lagu agar anaknya tidak merajuk atau menangis. Lagu ini dipakai untuk membujuk anak kecil dengan menggunakan bahasa fordata sehingga anak-anak setempat akan tumbuh dengan bahasa tersebut.

Tari Tnabar Ila’a dikenal oleh seluruh masyarakat daerah Tanimbar, baik orang Fordata maupun orang Yamdena. Setiap daerah memang memiliki ciri khusus, tetapi pasti ada kesamaan unsur yang menandakan tarian tersebut adalah tarian Tnabar Ila’a.

Persamaan terlihat pada penggunaan bahasa, fungsi, dan makna yang terkandung dalam tari tersebut sebagai perwujudan nilai, hormat, tolong-menolong, dan saling melindungi yang menjadi bagian dari sistem budaya orang-orang Tanimbar.

Sejarah Tari Tnabar Ilaa

Gerakan Tari Tnabar Ilaa

Gerakan Tari Tnabar Ilaa – youtube.com

Upacara fangnea kidabela dalam perspektif budaya Tanimbar adalah salah satu wujud kearifan lokal yang bermakna penguatan terhadap ikatan persaudaraan dan persahabatan antara seluruh penduduk dari dua kampung atau lebih berdasarkan adat.

Adapun tujuan dari upacara ini adalah mempersatukan dan memperkokoh hubungan masyarakat kidabela/ keselibur/awai dalam wadah persekutuan sehingga tidak mudah pecah atau rusak.

Masyarakat Tanimbar mengimplementasikan upacara tersebut dalam bentuk tarian kebanggaan Tanimbar, yaitu Tnabar Ila yang mengisahkan kembali tentang sejarah asal mula dibentuknya persekutuan kidabela/keselibur/awai antara dua karnpung atau lebih.

Leave a Reply