Asal Usul dan Makna Tari Trunajaya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Asal Usul dan Makna Tari Trunajaya

Tari Trunajaya

Tari Trunajaya - Sumber : nonikpanya.blogspot.com

Tari Trunajaya – Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena Bali banyak menyajikan tempat-tempat wisata yang mampu menyegarkan mata, pikiran, dan hati. Biasanya tempat wisata yang diunggulkan di Bali adalah wisata pantai dan budaya.

Di Bali sendiri adat istiadat masih di pegang dengan erat oleh penduduknya. Maka dari itu, kesenian-kesenian daerah juga berkembang dengan subur di sana. Salah satu contohnya adalan tari-tarian. Banyak wisatawan yang terpukau oleh pementasan tarian adat Bali.

Salah satu tarian adat dari Bali yang akan di bahasa disini adalah Tari Truna Jaya yang berasal dari Kabupaten Buleleng.

Asal Usul dan Makna Tari Trunajaya 1

Tari Trunajaya – Sumber : Youtube @Pregina Bali

Asal-Usul Tari Trunajaya

Tari Trunajaya diciptakan pada tahun 1915 oleh Pan Wandres dalam bentuk Kebyar Legog. Kemudian disempurnakan oleh seniman asal Bali yang bernama I Gede Manik.

Asal Usul dan Makna Tari Trunajaya 2

I Gede Manik – Sumber : bali1928.net/foto/

Dalam sejarahnya, Tari Trunajaya sendiri tidak terlepas dari Tari Kakebyaran yang berarti erat dengan kebyar. Di sebut seperti itu karena tarian ini bukan hanya diiringi oleh Gamelan Gong Kebyar, melainkan juga karena gerakannya sangat dinamis dan bernafaskan kebyar.

Gong Kebyar sendiri perkembangan di mulai pada tahun1920 dan begitu memikat karena iramanya dinamis dan bercorak modern. Kaum pemuda terutama sangat menggemari gong kebyar dan cepat menyebar di seluruh Bali. Terlebih saat I Maria menciptakan Tarian Kebyar.

Di Kabupaten Buleleng sendiri, masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan gong kebyar bahkan mendapatkan perhatian khusus dari Belanda yang berkoloni pada saat itu. Kedatangan gong kebyar tersebut mendorong terbentuknya tari-tarian baru yang menggunakan gamelan sebagai musik pengiring.

Asal Usul dan Makna Tari Trunajaya 3

Parade Gong Kebyar – Sumber : Tribun Bali

Leave a Reply