Alam, City Tour, Daftar Wisata, Desa Wisata, Tentang Kota

6 Tempat wisata di Teluk Bintuni

gunung botak,Tempat wisata di Teluk Bintuni

gunung botak,Tempat wisata di Teluk Bintuni

Tempat wisata di Teluk Bintuni – Wisata alam memang selalu menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Selain sebagai relaksasi alami dengan menghirup udara segar, wisata alam juga sangat cocok untuk mengabadikan momen-momen berharga dengan orang terkasih dan panaroma indah yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa.

Papua, pulau dengan beribu pesona alam dan budayanya dapat menjadi pilihan kalian dalam menghabiskan masa liburan bersama keluarga. Begitu halnya dengan Kabupaten Teluk Bintuni yang terletak di Provinsi Papua Barat. Cagar alam, air terjun, sungai, pegunungan, dan pantai menjadi jenis tempat wisata yang memiliki nilai istimewa dari Teluk Bintuni.

Berikut kami akan sampaikan rekomendasi 6 tempat wisata di Teluk Bintuni.

1. Kampung Masina

Kmapung Masina Tempat wisata di Teluk Bintuni

Kampung Masina – Tempat Wisata di Teluk Bintuni Foto: instagram.com/bintuni_top/

Tempat Wisata di Teluk Bintuni yang pertama adalah Kampung Masina yang berlokasi di distrik Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Perkampungan ini menjadi sangat unik karena berada di antara perbukitan dan muara sungai sehingga sangat ingat untuk dinikmati panoramanya.

Terdapat suku asli Bintuni yang bermukim di perkapungan ini. Pada tahun 2019, Kampung Masina ditanami 1.000 bibit Mangrove yang dilakukan atas kerjasama antara anggota TNI AD, perwakilan BUMN, PNS, Basarnas, mahasiswa, dan masyarakat sekitar sebagai upaya pelestarian hutan Mangrove di sekitar distrik tersebut.

Baca juga yang ini :

2. Cagar Alam Teluk Bintuni

Cagar Alam Teluk Bintuni,Tempat Wisata di Teluk Bintuni

Cagar Alam Teluk Bintuni, Tempat Wisata di Teluk Bintuni – Foto: beritapapua.id

Cagar alam Teluk Bintuni adalah kawasan cagar alam hutan mangrove yang memiliki luas mencapai lebih dari 120.000 hektar. Cagar alam hutan mangrove yang terletak di Kabupaten yang mempunyai luas wilayah 20.840 km persegi ini memiliki peranan penting untuk masyarakat Papua Barat sebagai penyokong industri penangkaran ikan dan udang yang menjadi salah satu komoditi utama.

Cagar alam ini memiliki view yang sangat indah yang tercermin dari jernihnya air dan udara yang begitu segar. Disamping itu, di kawasan Cagar Alam Teluk Bintuni ini juga memiliki berbagai jenis fauna seperti buaya muara, marsupial dan burung.

3. Air Terjun Botai

Air Terjun Botai , Tempat Wisata di Teluk Bintuni

Air Terjun Botai , Tempat Wisata di Teluk Bintuni – Foto: instagram.com/anidor494/

Tempat Wisata di Teluk Bintuni lainnya yang wajib kalian kunjungi adalah Air Terjun Botai. Airnya yang sangat jernih dan dilengkapi bebatuan yang masih terlihat alami menjadikan daya tarik utama tempat ini. Air terjun yang airnya sangat menyejukan dari tempat ini ditambah pula dengan pemandangan indah di sekitarnya terasa menyejukkan mata.

Namun yang harus kalian perhatikan adalah akses menuju air terjun ini tidak begitu mudah. Kalian harus menempuh jarak sekitar 50 km dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Teluk Bintuni dan dilanjutkan berjalan kaki yang menempuh jarak selama satu jam.

4. Gunung Botak

gunung botak, Tempat Wisata di Teluk Bintuni

Gunung Botak ,Tempat Wisata di Teluk Bintuni – Foto: instagram.com/trianatryy/

Nama yang unik dari gunung ini dapat membuat kita bertanya-tanya. Kawasan gunung ini botak? atau tidak ditumbuhi tanaman apapun? Ternyata gunung ini masih sangat hijau. Meski gunung ini gundul namun eksotismenya menjadinya sebagai salah satu Tempat Wisata di Teluk Bintuni.

Istilah nama botak diberikan kepada gunung ini dikarenakan kalau dilihat dari kejauahan, Gunung Botak ini terlihat tidak ada rerumputan atau pohon diakibatkan tumbuhan yang berada di lokasi gunung tersebut memiliki batang yang pendek.

Ketika berada di atas Gunung Botak, kalian bisa memandangi panorama yang sangat indah dikarenakan gunung ini berhadapan langsung dengan laut Pasifik sehingga keindahan hamparan laut akan sangat terlihat jelas.  Gunung Botak adalah spot yang sangat cocok untuk mengabadikan foto diri dengan latar belakang alam yang indah.

5. Pelabuhan Bintuni

pelabuhan bintuni, Tempat Wisata di Teluk Bintuni

Pelabuhan Bintuni ,Tempat Wisata di Teluk Bintuni -Foto:

Tidak hanya berfungsi sebagai keluar masuknya kapal laut ke daerah Teluk Bintuni, namun pelabuhan yang satu ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai Tempat Wisata di Teluk Bintuni.

Pelabuhan ini juga biasa digunakan untuk mengambil foto karena memiliki latar belakang pemandangan hutan rawa dan perumahan penduduk. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pelabuhan ini adalah di sore hari ketika matahari akan terbenam.

6. Taman Kota Bintuni

Taman Kota, Tempat Wisata di Teluk Bintuni

Taman Kota, Tempat Wisata di Teluk Bintuni – Foto: papuakini.co

Taman kota menjadi salah satu Tempat Wisata di Teluk Bintuni yang sangat direkomendasikan karena taman ini merupakan salah satu ruang hijau terbuka yang nyaman.

Berkumpul dan mengobrol dengan keluarga sambil duduk di tempat-tempat duduk yang telah disediakan bisa menjadi momen yang tidak terlupakan. Di taman ini juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan khas daerah Teluk Bintuni yang wajib kalian coba.

 

Leave a Reply