City Tour, Alam, Daftar Wisata, Tentang Kota

6 Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai

Tempat wisata di Kigamani Dogiyai

Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai

Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai – Beribu cerita bisa kita peroleh dari tanah emas Nusantara yang bernama Pulau Papua. Keindahan alamnya, kekayaan sumber daya alamnya, adat dan keragaman budayanya, kemajemukan suku masyarakatnya menjadikan Papua sebagai sebuah intan hitam yang sangat memesona. Kigamani, Distrik Kamuu merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Dogiyai.

Kabupaten Dogiyai sendiri secara geografis sangat strategis karena terletak antara Kabupaten Paniai dan Kabupaten Nabire. Daerah yang pernah sangat berjaya akan kayanya produk kopi ini memiliki keindahan alam dan budaya yang wajib kalian tahu.

Berikut kami akan sampaikan 6 tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai.

1. Danau Makamo

makamo Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai

Danau Makamo,Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai – Foto: /wartawisata.id

Rekomendasi Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai  yang pertama adalah Danau Makamo yang merupakan danau yang sangat menawan dan menjadi icon  Kota Kigamani, Dogiyai. Selain airnya yang masih jernih dan berwarna biru, danau ini juga memiliki panorama yang masih asri dan natural.

Danau Makamo ini terletak pada ketinggian sekitar 1.700 mdpl dan mempunyai luas sekitar 1.500 hektar. Wisatawan dapat menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah.

Hal yang paling unik dari Danau Makamo adalah bentuknya yang menyerupai Pulau Papua. Keindahan dataran tinggi di sekitar danau dan panorama danaunya tersendiri berpadu dengan serasi. Dataran tinggi di sekitar daun masih banyak terdapat rumput tinggi yang sangat hijau dan tebal sehingga menutupi daerah sekitaran danau. Terdapat pemukiman salah satu suku asli Papua yaitu Suku Mee.

2. Jalan Trans Nabire-Dogiyai

Dogiayi2

Jalan Trans Nabire-Dogiyai – Destinasi Wisata di Dogiyai Foto: id.pinterest.com

Jalan Trans Nabire-Dogiyai adalah jalan yang menghubungkan kedua kota yang berada di Provinsi Papua ini. Jalan ini merupakan jalan yang sangat penting untuk aspek perekonomian kedua daerah. Jalan raya yang dikelilingi oleh perbukitan yang masih sangat hijau dan asri.

Panorama pegunungan dan ladang hijau terbuka menjadi daya tarik utama dari jalan Trans Nabire-Dogiyai. Itulah mengapa banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat ke jalan trasn ini dan menjadikanya sebagai Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai yang bisa dikunjungi.

3. Wisata Kopi Dogiayi

kopi dogiayi

Kopi Dogiyai – Destinasi Wisata di Dogiyai Foto: instagram.com/kedai_dijiku/

Kekayaan sumber daya alam yang paling diunggulkan dari daerah Kigamani, Kota Dogiyai adalah biji kopi khasnya. Biji kopi dogiyai yang merupakan salah satu biji kopi unggulan Indonesia ini mulai ditanam sekitar tahun 1950-an yang diperkenalkan oleh seorang misionaris Belanda ke Indonesia. Kopi dogiyai termasuk ke dalam kopi arabika jenis Tpyica. 

Dari segi aroma, kopi ini memiliki aroma seperti kacang panggang bercita rasa gurih dan memiliki aroma yang sangat harum. Kopi dogiyai secara kualitas termasuk ke dalam golongan speciality grade dengan kualitas biji kopi nomor satu. Kualitas terbaik dari kopi ini juga dikarenakan proses pengolahan yang sangat baik terdiri dari proses Honey, Semi Washed, Full Washed, dan Natural Process.

Kopi dogiyai ini sangat cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah. Kisaran harga biji kopi dogiyai ini dimulai dari Rp. 200.000,- sampai Rp. 500.000 per kilonya. Kini semakin banyaknya wisatawan yang sengaja datang ke Digiyai hanya untuk mencicipi rasa kopi ini. Itu sebabnya kawasan warung kopi digiyai kini menjadi Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai.

4. Lembah Hijau

lembah hijau

Lembah Hijau – Destinasi Wisata di Dogiyai Foto: instagram.com/aangsoebakti/

Lembah hijau yang terletak di distrik Kamuu, Kigamani adalah tempat wisata yang dibuka untuk wisatawan yang ingin menikmati panorama lahan terbuka yang sangat luas dengan hamparan rumput ilalang hijau yang tinggi. Lembah ini pun menjadi salah satu Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai yang harus kalian kunjungi.

Baca artikel tentang rekomendasi tempat wisata lainnya :

Untuk tiket masuk tempat wisata ini saat hari kerja adalah sebesar Rp 20.000 dan untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Lembah Hijau Dogiyai ini pada akhir pekan harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

5. Perkampungan Suku Mee

suku mee, Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai

Suku Mee, Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai – Foto: instagram.com/adam.setiadi/

Cerita rakyat yang dipercaya oleh suku Mee adalah nenek moyang mereka pada masa prasejarah bermigrasi dari arah timur, dari Pupupapa atau Goa besar (Pagimo Peku) di Lembah Baliem.Dalam keseharian hidup mereka menggunakan bahasa Mee dialek Dogiyai sebagai sarana interaksi.

Masyarakat Mee umumnya mengenal sistem pertanian berladang yang dikenal dengan nama bugi. Jenis tumbuhan yang biasa mereka tanam adalah umbi-umbian, sayuran, dan pisang. Kini karena Suku Mee sangat menarik untuk dikujungi menjadikanya sebagai Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai yang juga bisa kalian datangi.

6. Pusat Kota Dogiyai

dogiayi4

Kabupaten Dogiyai Foto: dogiyaikab.go.id

Pusat kota adalah pusat pemerintahan Kabupaten Dogiyai dengan sistem perekonomian dan sarana transportasi yang sedang berkembang pesat. Wisatawan dapat mengobservasi terkait interaksi antar masyarakat di pusat kota dan dapat berinteraksi secara langsung. Bagi warga setempat pusat kota merupakan Tempat wisata di Kigamani Kabupaten Dogiyai yang tentuny atak boleh dilewatkan.

 

 

Leave a Reply