Air Terjun, Alam, Danau

6 Tempat Wisata di Kolonedale Kabupaten Morowali Utara

danau lowo morowali sulawesi tengah

danau lowo morowali sulawesi tengah - foto ig @danaulowo.telaga

Tempat Wisata di Kolonedale – Jika Anda sedang bingung menentukan destinasi liburan kali ini, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Kolonedale, di Sulawesi Tengah.

Kolonedale merupakan ibu kota Morowali Utara yang terkenal sebagai penghasil tambang nikel. Mungkin Anda baru kali ini mendengar tentang Kolonedale, karena merupakan kota kecil  yang baru resmi terbentuk pada 1999.

Namun jangan ditanya soal potensi keindahan alam yang dimiliki Kolonedale. Destinasi wisatanya sangat indah dan kaya, maka jangan sampai Anda melewatkan berkunjung ke kota cantik di Sulawesi Tengah ini.

Tidak hanya keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan budayanya yang menarik patut untuk dinikmati.

6 Tempat Wisata di Kolonedale, Morowali Utara

1. Air Terjun Panapa

Air Terjun Panapa

Air Terjun Panapa – Sumber : pesona morowali utara

Tempat Wisata di Kolonedale kabupaten morowali utara yang pertama adalah Berwisata ke air terjun selalu jadi destinasi yang menyenangkan.

Anda bisa bemain air sepuasnya bersama teman-teman atau keluarga. Hawanya juga sejuk dan asri. Di Kota Kolonedale, Anda juga bisa menemukan air terjun yang indah bernama Air Terjun Panapa.

Untuk menuju kesana, jaraknya sekitar 10 km dari Ibu kota Kolonedale. Airnya sangat sejuk dan segar, dikeliling pemandangan alam yang indah. Anda bisa berenang dibawah air terjun untuk bersenang-senang.

2. Teluk Tomori, Tempat Wisata di Kolonedale

teluk tomori

teluk tomori – Sumber : oyamagz

Di kota Kolonedale, bisa dikatakan teluk Tomori merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dikunjungi. Lokasinya berada di depan kota Kolonedale ini.

Jika Anda berkunjung ke Teluk Tomori, Anda akan menemukan pemandangan indah dihiasi tebing-tebing tinggi, hamparan rumput, bebatuan, bukit dan air teluk yang jernih.

Pemandangan bawah laut di Teluk Tomori juga tak kalah cantiknya. Maka tak heran ada banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi Teluk indah ini. Sangat sayang untuk dilewatkan pastinya.

baca juga ya ;

3. Istana Raja Mori

Istana Raja Mori

Istana Raja Mori – foto budaya kita

Setelah puas bermain di tempat wisata alam, Anda bisa juga mengunjungi Tempat Wisata di Kolonedale yang bersejarah yaitu Istana Raja Mori.

Situs  Istana Raja Mori dilindungi oleh Ibu Kota Kolonedale dan sangat dijaga keasliannya. Cagar budaya ini berupa rumah kayu berbentuk sederhana namun asri. Sebab letaknya di bukit kecil, pada ambang Teluk Tomori.

Konon, lokasi tersebut dulunya adalah pusat Komando dari Kerajaan Mori. Kemudian di bangunan kayu tersebut di dalamnya terdapat kamar tidur dari Raja Kerajaan Mori yang terus dijaga keasliannya.

4. Air Terjun Menduru

Air Terjun Menduru

Air Terjun Menduru – Sumber : pesona morowali utara

Di Kecamatan Mori Atas, ada lagi air terjun yang sayang dilewatkan yaitu Air Terjun Menduru.

Lokasinya berkisar 40 km dari pusat ibu kota kolonedale. Bisa dibilang air terjun Menduru masih sangat alami dan memiliki air yang sangat jernih dan dingin.

Air terjun ini terbentuk dari bebetuan alam serta proses erosi yang sudah lama. Menghasilkan air terjun bertingkat yang sangat indah.

di Tempat Wisata di Kolonedale ini juga Anda juga bisa mandi di bawah air terjun. Atau sekedar menikmati alamnya yang sangat asri dan sejuk di pandang. Membuat badan dan pikiran lebih rileks tentunya.

5. Danau Lowo

danau lowo , Tempat Wisata di Kolonedale

danau lowo, Tempat Wisata di Kolonedale – foto ig @danaulowo.telaga

Jika Anda hobi memancing atau sekedar duduk menikmati alam sekitar, maka  Tempat Wisata di Kolonedale yakni Danau Lowo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di danau Lowo, terdapat banyak sekali ikan air tawar yang bisa Anda pancing. Untuk menemukan lokasi yang strategis untuk memancing, Anda bisa memanfaatkan perahu kecil.

Selain memancing, Anda juga bisa sekedar duduk-duduk atau berjalan di sekitar danau Lowo yang memiliki pemandangan eksotis dan hawa yang sejuk. Apalagi lingkungan sekelilingnya banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri.

6. Danau Tiu

Danau Tiu morowali utara

Danau Tiu morowali utara – foto ig @mita_tinjak

Danau lainnya yang tidak kalah menarik di Morowali Utara adalah Danau Tiu. Danau tersebut terletak di Petasia Barat, Morowali Utara. Danau Tiu banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar karena mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah.

Ada begitu banyak ikan di danau Tiu, sehingga dijadikan sebagai mata pencaharian oleh warga di sekitarnya.

Untuk menikmati keindahan alam danau Tiu, Anda bisa menggunakan perahu untuk berkeliling. Keindahan alamnya yang memikat serta hawa yang sejuk juga menjadi daya tarik Danau Tiu.

Nah itu tadi 6 tempat wisata di kota Kolonedale, Morowali Utara yang memiliki potensi wisata sangat mengagumkan. Jangan sampai Anda melewatkan untuk menikmati destinasi wisata disana ya. Selamat berlibur.

 

Leave a Reply