Air Terjun, Alam, Budaya, City Tour, Daftar Wisata, Harga Tiket, Pantai, Uncategorised

6 Tempat Wisata di Arga Makmur Bengkulu Utara

6 Tempat Wisata di Arga Makmur Bengkulu Utara 1

Indonesia memang dikenal dengan keindahan alamnya yang terbaik di dunia, hal tersebut memang patut dibanggakan. Keindahannya juga tak perlu diragukan lagu, banya tujuan destinasi wisata yang mencuri perhatian para pengunjungnya. Salah satunya Arga Makmur.

Arga Makmur merupakan ibu kota dari Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Indonesia, dan kota ini menjadi kota terbesar kedua setelah Kota Bengkulu. Kecamatan sekaligus pusat pemerintahan ini memiliki luas 100,00 km² yang terbagi menjadi 24 desa dan tiga kelurahan.

Arga Makmur juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah serta menakjubkan dan wajib kalian kunjungi. Dengan keindahan alamnya yang menarik banyak perhatian para wisatawan, Agra Makmur memiliki tempat yang sangat bersejarah di tempatnya sendiri.

Apa saja tempat wisata di Arga Makmur Bengkulu Utara? Yuk, simak uraiannya sebagai berikut:

DAFTAR 6 TEMPAT WISATA DI AGRA MAKMUR BENGKULU UTARA

1. Pantai Tapak Balai

Tapak balai

Sumber foto: chris13jkt.wordpress.com

Tempat ini juga disebut sebagai Tapak Keramat oleh masyarakat setempat. Lokasinya terletak di Desa Tebing Kandang. Dari Kota Bengkulu atau Kota Arga Makmur akan menempuh waktu sekitar satu jam dengan kendaraan bermotor.

Kelebihan dari Pantai Tapak Balai ini adalah para pengunjung bisa menikmati waktu istirahat dengan suguhan air kelapa muda segar yang bisa wisatawan beli dengan penjual sekitar pantai. Lokasinya yang strategis juga membuat pantai ini ramai dengan pengunjung setiap harinya.

Selain itu, Pantai Tapak Balai ini juga memiliki tanah kuning di atas karang yang dikenal dengan istilah Tanah Lot-nya Bengkulu Utara. Seperti Tanah Lot Bali, tanah ini juga ditumbuhi pohon kelapa dan jenis rumput lainnya.

Dan ada pula cerita mistisnya bahwa Pantai Tapak Balai mempunyai makam tua yang diyakini sebagai makan orang sakti.

2. Air Terjun Batu Layang

Batu layang

Sumber foto: @andi_a.r_99

Tempat wisata satu ini berada di Desa Batu Layang, Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara dan termasuk tujuan wisatawan yang ramai dikunjungi. Jaraknya dari Pusat Kota Bengkulu adalah kurang lebih 55 km. Dan lebih dekat apabila kalian bermula dari Arga Makmur, yakni sekitar 15 km yang ditempuh dengan waktu 20 menit.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dan pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Jika beruntung, terkadang para pengunjung bisa melihat monyet ekor panjang di sekitar air terjun. Selain itu, kalian bisa bermandi, tetapi jika belum terlalu pandai berenang maka diperkenakan untuk tidak menjelajahi area yang cukup dalam.

3. Pantai Urai

Urai

Sumber foto: gerbangbengkulu.com

Pantai ini terletak di Desa Urai, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara. Sebagaian masyarakat setempat menyebutnya dengan Pantai Abrasi Urai.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan sunset yang membuat wisatawan menghentikan perjalanannya sejenak dan menikmati keindahan kuningnya langit di atas laut sewaktu senja.

Baca juga :

• Ini 6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara

• Dan ini Mengenal Tari Tabot Bengkulu

4. Air Terjun Palak Siring

Palak siring

Sumber foto: m.republika.co.id

Tempat wisata ini juga perlu kalian kunjungi, para pengunjung akan dibawa turun ke bawah jurang seperti berjalan ditembok mini China. Selain pemandanga alam yang asri nan unik bisa wisatawan nikmati, tempat ini juga memiliki peninggalan Belanda, hutan konservasi yang dijadikan tempat Rafflesia.

Suasana dari air terjun Palak Siring yang sangat mendukung ini adalah terdengarnya suara kicauan burung dan gemercik bunyi air. Sesudah kalian mengunjunginya, kerinduan akan muncul untuk kembali mengunjungin tempat wisata ini.

Jika kalian ingin mengunjunginga, air terjun ini berjarak 7 km dari Kota Arga Makmur. Jam kunjungan dimulai pukul 9 pagi hingga 5 sore dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5000 saja.

5. Tangga Seribu

Tangga seribu

Sumber foto: northbengkulu.wordpress.com

Nah, objek wisata ini tidak jauh dengan tempat wisata sebelumnya. Keduanya sama-sama terletak di Palak Siring, Desa Kemumu, Kecamatan Arga Makmur, Bengkulu Utara. Selain diberi keindahan alam yang bebas, air terjun, sungai yang masih lestari, tempat ini juga memiliki tangga menurun yang menuju sungai tersebut.

Katanya, jumlah anak tangga yang dihitung setiap pengunjung wisatawan tersebut hasilnha berbeda-beda. Sehingga dinamakan Tangga Seribu. Namun, petugas obyek wisata pernah mengatakan anak tangga tersebut tidak sampai seribu atau hanya sekitar dua ratusan.

6. Lorong Waktu

Lorong waktu

Sumber foto: beritalima.com

Tempat wisata ini berada di Desa Kemumu, Bengkulu Utara. Dinamakan Lorong Waktu sebab tempat ini membust para pengunjung bersantai dengan lupa waktu. Tempat ini juga memiliki air dingin dan suasana yang masih alami.

Dari Kota Bengkulu untuk menempuh ke Lorong Waktu butuh waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan perjalanan darat. Lalu, pengunjung berjalan sekitar 2 km dari area parkir. Namun, anda bisa memilih menggunakan ojek.

Leave a Reply