Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Gua, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang

Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang

Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang - Sumber : qupas

Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang. Meskipun Nusa Tenggara Timur untuk selama ini sudah sangat terkenal dengan Pulau Komodo-nya. Namun untuk provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini juga diketahui menyimpan segudang tempat destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Khususnya di Kupang, ibukota NTT itu sendiri.

Di Kota Kupang, kamu bisa menikmati berbagai wisata pantai, air terjun, gua, serta masih banyak lagi yang lainnya. Penasaran apa saja tujuan tempat wisata yang ada di Oelamasi Kupang yang paling memukau, berikut ini ada beberapa rekomendasi destinasi wisata favorit, yaitu :

1. Pantai Batu Nona Kupang

Pantai Batu Nona Kupang, Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang

Pantai Batu Nona Kupang, Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang – Sumber : tribunnews

Pantai Batu Nona Kupang, Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang ini menawarkan berbagai keindahan pemandangan sunset yang sangat mempesona. Memang, para pengunjung disini disarankan untuk bisa datang ke objek wisata yang ada di Kupang ini kala senja karena pada siang hari, sinar matahari yang terik akan sangat mengganggu para pengunjung.

Konon zaman dahulu di pantai ini dipercaya oleh masyarakat setempat terdapat batu yang menyerupai gadis atau disebut juga nona. Namun sayangnya batu itu kini telah hilang karena terkikis ombak. Kendati demikian, maka pemerintah setempat sudah membangun 3 patung gadis supaya legenda masyarakat ini tetap hidup.

  • Lokasi: Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Jam Operasional: Setiap Hari 08:00 – 23:00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp 5.000,-

2. Pulau Kera, Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang yang indah

Pulau Kera, Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang yang indah

Pulau Kera, Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang yang indah – Sumber : okezone

Jangan salah sangka dulu, Pulau Kera ini bukan merupakan sebuah pulau yang biasa dihuni oleh ratusan kera. Malah, di pulau ini tidak ada satu pun kera ataupun monyet yang bisa dijumpai di pulau ini. Nama kera tersebut kemungkinan berasal dari kata kerang yang lama kelamaan huruf ng nya diketahui menghilang karena pengaruh penyebutan warga suku Bajo, suku yang diketahui mendiami pulau ini, yang biasa menyebut ng menjadi n.

Pulau Kera ini merupakan pulau kecil yang berukuran sekitar 1 kilometer persegi dan dihuni tidak lebih dari 100 kepala keluarga. Rumah penduduk disini terlihat sangat sederhana, yaitu tiang yang diberi penutup seperti gubuk. Pulau ini menyuguhkan pantai dengan pasir putih dan laut yang tenang.

  • Lokasi: Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
  • Tiket Masuk: Gratis

3. Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan ini merupakan salah satu dari oasis lainnya yang ada di tengah hawa kota Kupang yang cukup panas dan gersang. Memasuki kawasan air terjun, maka para pengunjung akan bisa langsung disambut oleh suguhan hutan dengan jalan setapak kecil.

Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang ini mempunyai tiga tingkat, dan air terjun tingkat pertama merupakan tempat yang paling ramai karena letaknya yang cukup mudah diakses. Air terjun yang di tengah merupakan air terjun yang paling indah karena mempunyai dinding yang paling lebar. Namun untuk akses menuju objek wisata Kupang ini sedikit agak sulit karena medan yang harus dilalui agak cukup terjal.

  • Lokasi: Desa Oenoni II, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
  • Tiket Masuk: Rp 2.000,- – Rp 5.000,-

4. Gua Kristal Kupang

Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang, Goa Kristal

Tempat Wisata di Oelamasi Kabupaten Kupang, Goa Kristal – Sumber : qupas

Gua Kristal ini merupakan salah satu dari destinasi wisata yang ada di Oelamasi Kupang yang menyimpan sejuta pesona tersembunyi. Bagaimana tidak? Bahkan banyak warga Kupang yang tidak mengetahui keberadaan gua ini.

Baca Juga ya : kunjungi 5 Tepat Wisata di Kalabahi Alor  yang keceh

Memang, tidak ada petunjuk khusus untuk bisa mencapai tempat wisata yang ada di Kupang ini, dan tidak ada pihak yang mengelola untuk tempat wisata potensial ini. Bahkan, untuk pintu masuknya pun terlihat masih dipenuhi oleh semak belukar serta jalan menuju ke Gua Kristal ini juga dipenuhi karang.

Gua ini dinamakan kristal karena terlihat ada ribuan liter air yang terjebak di dasar gua yang terlihat berwarna sangat jernih seperti kristal.

  • Lokasi: Bolok, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
  • Tiket Masuk: Gratis

5. Kupang Waterpark

Kupang Waterpark

Kupang Waterpark – Sumber : 17sekians

Kupang Waterpark ini merupakan taman rekreasi air yang diketahui pertama kali dibangun di kota Kupang. Tempat ini juga menawarkan berbagai macam fasilitas bermain air yang cukup lengkap, sampai dengan 22 fasilitas yang bisa digunakan oleh anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Permainan air yang paling diminati yaitu yellow racing, sebuah seluncuran yang diketahui berbentuk spiral dengan panjang sekitar 8 meter yang cukup memacu adrenalin. Selain itu, ada juga terdapat fasilitas permainan air yang biasa dinamakan istana balon, three racing slide dan ATV motor track.

  • Lokasi: Jalan WJ Lalamentik Oebufu, Oebofo, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Jam Operasional: 09:00 – 18:30 WITA
  • Tiket Masuk: Rp 25.000,- – Rp 40.000,-

***

Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata di Oelamasi Kupang, Nusa Tenggara Timur yang akan membuat liburanmu akan terasa makin seru. Jadi, objek wisata manakah yang paling menarik perhatianmu? Apapun itu pilihannya, maka pastikan perlengkapan traveling-mu cukup lengkap. Liburan akan semakin memuaskan jika kamu bisa menikmati suguhan keindahan tempat wisata yang ada di Oelamasi Kabupaten Kupang ini.

 

 

Leave a Reply