Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

Pulau Pastofiri, Tempat Wisata di Jailolo

Pulau Pastofiri, Tempat Wisata di Jailolo - foto jalanwisata

Tempat Wisata di Jailolo – Jailolo merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas sekitar 2.755 km persegi.

Yang menarik dari Kecamatan ini adalah hasil bumi yang sangat melimpah, terutama buah-buahan seperti rambutan, durian, manggis, langsat, dan lain sebagainya. Hal ini terbukti dengan adanya deretan penjual buah yang berbaris rapi di pinggir jalan sambil menjajakan jualannya.

Tidak hanya itu, Jailolo juga kaya akan keindahan tempat wisatanya. Tak heran jika banyak wisatawan datang hanya untuk menikmati keindahan yang diciptakan oleh Sang Pencipta di Kecamatan tersebut. Berikut adalah 5 tempat wisata di Jailolo Halmahera Barat yang bisa kamu datangi, diantaranya:

Baca juga: 5 Wisata Fenomenal di Tembilahan Indragiri Hilir

1. Pantai Idamdehe

pantai idambehe, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

pantai idambehe, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat – foto trubus

Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat yang pertama adalah pantai Idamdehe. Pantai Idamdehe terletak di desa Idamdehe yang berjarak sekitar 12 km dari Pusat Kota Jailolo dan dapat diakses dengan mobil ataupun motor kurang lebih 30 menit.

Pantai ini memiliki keunikan yakni terdapat aliran air panas di dalamnya. Hal ini dikarenakan pantai Idamdehe merupakan pantai vulkanik yang tersembunyi di desa Idamdehe.

Di pantai ini, kamu bisa menikmati halusnya pasir dan indahnya pemandangan di sekelilingnya. Tak cukup sampai disitu, kamu juga bisa membawa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan serta keeksotisan bawah lautnya.

2. Mercusuar Tanjung Bobo

Mercusuar Tanjung Bobo, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

Mercusuar Tanjung Bobo, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat – foto jalanwisata

Jika kamu menyukai ketinggian, mungkin Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat ini wajib kamu coba. Marcusuar Tanjung Babo terletak di desa Babo, Jailolo, Halmahera Barat. Mercusuar ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter sehingga kamu bisa menikmati Jailolo dengan pandangan 360 derajat.

Di atas mercusuar ini kamu bisa melihat pemandangan indah seperti gunung, kota, laut, pantai, yang menjadi satu kesatuan sehingga membentuk keindahan alam yang mampu menyegarkan mata.

3. Air Terjun Kahatola

Air Terjun kahatola, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

Air Terjun kahatola, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat – foto pegipegi

Tempat wisata selanjutnya adalah Air Terjun Kahotola. Air terjun ini terletak di daerah Loloda. Jika pada umumnya air terjun berada di atas gunung, berbeda dengan air terjun kahatola yang justru terletak di pulau tengah laut.

Oleh sebab itu, kamu harus menyewa speed boat dari Pelabuh Jailolo untuk mengunjunginya dan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 3 jam. Walaupun air terjun ini terletak di pulau tengah laut, keindahannya tak kalah dari air terjun yang terletak di atas gunung.

Tebing batu yang tinggi dan terjal akan menambah keeksotisan air terjun ini. Aliran air yang langsung menuju laut, juga menjadi keunikan tersendiri dari air terjun Kahatola. Selain itu, kamu juga bisa berenang dan diving menikmati indahnya Loloda.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

4. Pulau Pastofiri, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

Pulau Pastofiri, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

Pulau Pastofiri, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat – foto jalanwisata

Ingin menikmati indahnya panorama sekaligus mendapatkan kedamaian? Mungkin, pulau Pastofiri adalah tempat yang cocok. Pulau Pastofiri juga masuk kedalam daftar Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat  yang wajib kamu kunjungi.

kamu bisa mengunjungi pulau pastofiti ini jika ingin menenangkan diri dan bersembunyi dari bisingnya kota. Sebab, pulau Pastofiri merupakan pulau tak berpenghuni yang jarang sekali dikunjungi.

Pulau ini berdekatan dengan pulau Babua yang terletak di tengah teduhnya perairan Teluk Jailolo yang membingkai sisi barat Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara.

Hembusan angin secara perlahan mampu menciptakan keheningan dan kesejukan sehingga bisa membuatmu merasakan ketenangan. Tak hanya itu, birunya air laut juga dapat menarikmu berenang masuk ke dalamnya.

5. Pantai Galau

pantai galau, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat

pantai galau, Tempat Wisata di Jailolo Halmahera Barat – marischkaprudence

Tempat wisata di Jailolo Halmahera Barat yang terakhir adalah Pantai Galau. Sebelumnya dijelaskan lebih detail, jangan menganggap pantai ini selalu galau ya. Sebab, berbeda dengan namanya, pantai Galau merupakan pantai yang diperuntukkan orang-orang yang jauh dari rasa galau.

Pantai ini juga disebut dengan pantai kenangan karena jika kamu datang ke pantai ini, maka kamu akan mengingat segala kenangan indah di masa lampau. Pantai Galau sebenarnya terkenal dengan sebutan Bobanehena. Hal ini dikarenakan letak pantai ini yang berada di desa Bobanehena, Jailolo, Halmahera Barat.

Selain keindahan panorama yang disuguhkan oleh pantai ini, juga terdapat mitos yang masih dipercaya oleh banyak wisatawan, yakni tempat bertemu jodoh yang akhirnya bisa melabuhkan bahtera rumah tangga. Sehingga, banyak muda mudi yang datang hanya untuk mencari jodoh mereka di pantai Galau. Mungkin kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Leave a Reply