Alam, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Pulau

5 Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Candi Bahal, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Candi Bahal, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara - foto jalanpoto76

Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara – Mendengar nama Kota Gunung Tua yang terletak di Kabupaten Padang Lawas Utara selalu terbayang akan indah dan keeksotisannya. Dimulai dari nuansa alamnya yang begitu kental dipadukan dengan udaranya yang begitu sejuk. Keindahan seperti ini begitu jarang didapatkan di daerah lainnya.

Eloknya pemandanga alam di padang Lawas Utara tak lepas dari kondisi daerahnya yang dikelilingi oleh banyaknya pegunungan. Tak heran jika wisata yang kerap ditawarkan dari daerah tersebut selalu bernuansa alam, kendati demikian ada beberapa wisata buatan yang tak kalah menakjubkannya.

Kali ini sering jalan akan membahas 5 Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara yang sayang untuk dilewatkan karena pesonanya yang menakjubkan.

1. Barumun Nagari

Pecinta alam dan juga hewan sepertinya sangat cocok untuk mengunjungi lokasi wisata bernama Barumun Nagari. Pasalnya, lahan hijau dengan luas sekitar 23 hektare ini merupakan sebuah hutan konservasi sekaligus menjadi wildlife sanctuary.

Barumun Nagari, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Barumun Nagari, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara ini juga bisa disebut sebagai tempat tinggal atau habitat dari gajah dan juga harimau Sumatra. Tak heran jika Barumun Nagari menjadi tujuan ekowisata terbaik di Padang Lawas Utara.

Tidak hanya fokus memberikan yang terbaik bagi para wisatawan yang berkunjung, namun pengelola juga begitu perhatian akan upaya pelestarian habitat dan lingkungan alam. Lokasi dari Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) ini berada di Desa Nanggar, Aek Godang Kecamatan Batang Onang.

Wisatawan tidak perlu bingung jika mengunjungi lokasi wisata ini, sebab Barumun Nagari menyediakan paket wisata menarik. Salah satunya paket eco-tourism yang disediakan manajemen bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan gajah yang tinggal di sana.

2. Danau Tasik

Danau Tasik, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Danau Tasik, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Indonesia tak hanya piawai membuat wisata buatan layaknya tempat wisata populer dunia. Sebab di negara dengan sebuatan seribu pulau ini juga terdapat wisata alam yang sedikit menyerupai dengan yang ada di luar negeri.

Salah satunya adalah Danau Tasik yang disebut-sebut mirip padang rumput di New Zealand. Danau Tasik yang begitu asri dengan warna airnya yang sedikit kehijauan ini dikelilingi oleh lapangan hijau yang begitu luas.

Ditambah lagi sejuknya udara di sekitar lokasi Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara ini akan semakin menambah nuansa syahdu bagi para pengunjung. Jika ingin mendapat pengalaman lebih, disarankan untuk mencoba menaiki sampan bamboo yang tersedia di danau tersebut.

Lokasi Danau Tasik ini sebenarnya cukup terpencil karena akses ke lokasinya cukup sulit dengan medan bebatuan. Letaknya masih di Desa Batang Onan baru dan terpaut jarak 37 kilometer dari Kota Gunung Tua. Menariknya wisatawan bisa menikmati keindahan panorama di Danau tasik tanpa biaya sepeserpun alias gratis.

Baca Juga: 

3. Candi Bahal

Candi Bahal, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Candi Bahal, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara – foto jalanpoto76

Berwisata mengunjungi candi mungkin sudah mulai dilewatkan bagi kalangan milenial. Namun untuk candi yang satu ini, sepertinya saying untuk dilewatkan begitu saja sebab bangunannya begitu terawat. Namanya adalah Candi Bahal yakni sebuah kompleks percandian yang menjadi Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara paling terkenal.

Selain itu jika dilihat secara visual, keseluruhan candi berbentuk otentik dengan bagian-bagian yang masih utuh. Candi Bahal ini dibagi menjadi tiga bagian, misalnya Candi Bahal 1 memiliki relief Yaksha menghiasi tepi candi.

Sebaran Candi populer di Sumatra Utara jumlahnya sangat terbatas dan hanya bisa ditemukan di Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. Sebenarnya kompleks percandian Candi Bahal juga terpisah, karena memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Dan, lokasi ini kerap digunakan untuk belajar banyak untuk bukti sejarah.

Kelebihan lain dari Candi Bahal ini adalah lokasinya yang terletak di jalan lintas sehingga dilalui banyak kendaraan. Terletak di Desa Bahal, Sibatu Loting, Padang Bolak dan Paluta.

4. Batu Kapur Paranginan

batu kapur paranginan, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Batu Kapur Paranginan, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara yang kini menjadi primadona adalah Batu Kapur Paranginan yang menyediakan spot instagenik dengan keindahan dan keunikan yang tersaji di sana.

Di sini, pengunjung dapat menikmati batu-batuan yang tersusun secara natural oelh pengaruh alam. Areanya pun tergolong luas sehingga batu-batu tersebut terlihat seperti bentolan putih dengan ujungnya yang tumpul.

5. Liang Kabor

Liang Kabor, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Liang Kabor, Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara

Liang Kabor merupakan sebuah gua yang ditemukan bersebelahan dengan Gua Tuktuk. Gua Liang kabor ini berada di sudut hutan lindung Padang Lawas Utara. Tepatnay di Desa Batu Gana, Padang Bolak Julu.

Pintu masuknya pun juga sempit dibandingkan dengan Gua Tuktuk yang memiliki luas diameternya mencapi 15 meter. Tempat Wisata di Gunung Tua Padang Lawas Utara meski tidak seterkenal tempat wisata lainnya namun memiliki sejarah dan keunikan yang sayang untuk dilewatkan.

Leave a Reply