5 Suku Yang Ada Di Papua - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Suku, Informatif

5 Suku Yang Ada Di Papua

suku yang ada di papua

suku yang ada di papua // kabarrantau.com

Suku Yang Ada Di Papua – Suku bangsa yang mendiami Provinsi Papua berjumlah sangat banyak. Bahkan, salah satunya ada yang menjadi suku terpopuler tidak hanya di Indonesia tetapi sampai ke manca negara.

Nah, pada artikel berikut ini, saya akan menjelaskan nama suku-suku tersebut supaya kamu bisa mendapatkan informasi penting darinya.

Kelompok masyarakat atau suku di Papua terbagi menjadi dua yaitu suku asli atau suku tradisional, dan yang ke dua adalah suku imigran atau pendatang.

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua – foto tribunews.com

Namun, kedua suku ini bisa hidup berdampingan asalkan saling menjaga budaya, agama, adat istiadat dan sosial masing-masing.

Orang Papua sendiri memang terbilang sopan apalagi suku yang sudah bermukim di wilayah luar atau wilayah pemukiman penduduk.

Untuk kamu yang ingin mengetahui suku apa saja yang berada di Papua, maka silakan kamu membaca artikel ini yang sudah berisi list lengkap nama-nama suku yang dimaksud. Ini dia suku-suku tersebut:

1. Suku Asmat

suku asmat, Suku Yang Ada Di Papua

suku asmat, Suku Yang Ada Di Papua – foto ig @yudha.abian

Suku asmat merupakan Suku Yang Ada Di Papua yang menjadi salah satu suku terbesar di Provinsi Papua dengan jumlah penduduk yang juga tinggi.

Selain itu, Suku Asmat memiliki kemampuan membuat ukiran kayu yang elegan dan eksotis. Bahkan, turis yang berdatangan ke Papua, semata untuk berwisata sembari membeli hasil pahat karya suku Asmat.

Yang membuat hasil ukir Suku Asmat terkenal hingga ke luar Papua ialah adanya ciri khas seni ukir yang masih tetap terjaga keasliannya.

Ciri khasnya berupa motif perahu yang oleh masyarakat sekitar disebut Mbis. Suku Asmat sengaja membuat seni ukir dengan motif perahu, karena mereka meyakini kalau perahu merupakan kendaraan nenek moyangnya saat menuju kematian.

2. Suku Amungme

Suku Amungme, Suku Yang Ada Di Papua

Suku Amungme, Suku Yang Ada Di Papua – foto ig @arirudenko

Suku Amungme juga termasuk suku besar di Provinsi Papua. Kelompok masyarakat ini tergolong modern sekalipun menempati daerah dataran tinggi dan pegunungan di Papua.

Menurut masyarakat di sana, daerah pegunungan merupakan wilayah yang suci dan warisan dari leluhur yang harus terjaga kelestariannya.

Sebagian besar warga suku Amungme bekerja sebagai petani pindahan.

Sedangkan para pemudanya lebih menyukai berburu binatang di hutan untuk bekal makanan sehari-hari dan sebagian dijual ke pasar.

Pekerjaan inilah yang telah menjadi alat penyambung hidup suku Amungme setiap hari.

3. Suku Dani

Suku Dani Papua

Suku Dani Papua – foto fachri09.blogspot.com

Leave a Reply