5 Suku Yang Ada Di Papua - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Suku, Informatif

5 Suku Yang Ada Di Papua

suku yang ada di papua

suku yang ada di papua // kabarrantau.com

Suku Yang Ada Di Papua – Suku bangsa yang mendiami Provinsi Papua berjumlah sangat banyak. Bahkan, salah satunya ada yang menjadi suku terpopuler tidak hanya di Indonesia tetapi sampai ke manca negara.

Nah, pada artikel berikut ini, saya akan menjelaskan nama suku-suku tersebut supaya kamu bisa mendapatkan informasi penting darinya.

Kelompok masyarakat atau suku di Papua terbagi menjadi dua yaitu suku asli atau suku tradisional, dan yang ke dua adalah suku imigran atau pendatang.

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua – foto tribunews.com

Namun, kedua suku ini bisa hidup berdampingan asalkan saling menjaga budaya, agama, adat istiadat dan sosial masing-masing.

Orang Papua sendiri memang terbilang sopan apalagi suku yang sudah bermukim di wilayah luar atau wilayah pemukiman penduduk.

Untuk kamu yang ingin mengetahui suku apa saja yang berada di Papua, maka silakan kamu membaca artikel ini yang sudah berisi list lengkap nama-nama suku yang dimaksud. Ini dia suku-suku tersebut:

1. Suku Asmat

suku asmat, Suku Yang Ada Di Papua

suku asmat, Suku Yang Ada Di Papua – foto ig @yudha.abian

Suku asmat merupakan Suku Yang Ada Di Papua yang menjadi salah satu suku terbesar di Provinsi Papua dengan jumlah penduduk yang juga tinggi.

Selain itu, Suku Asmat memiliki kemampuan membuat ukiran kayu yang elegan dan eksotis. Bahkan, turis yang berdatangan ke Papua, semata untuk berwisata sembari membeli hasil pahat karya suku Asmat.

Yang membuat hasil ukir Suku Asmat terkenal hingga ke luar Papua ialah adanya ciri khas seni ukir yang masih tetap terjaga keasliannya.

Ciri khasnya berupa motif perahu yang oleh masyarakat sekitar disebut Mbis. Suku Asmat sengaja membuat seni ukir dengan motif perahu, karena mereka meyakini kalau perahu merupakan kendaraan nenek moyangnya saat menuju kematian.

2. Suku Amungme

Suku Amungme, Suku Yang Ada Di Papua

Suku Amungme, Suku Yang Ada Di Papua – foto ig @arirudenko

Suku Amungme juga termasuk suku besar di Provinsi Papua. Kelompok masyarakat ini tergolong modern sekalipun menempati daerah dataran tinggi dan pegunungan di Papua.

Menurut masyarakat di sana, daerah pegunungan merupakan wilayah yang suci dan warisan dari leluhur yang harus terjaga kelestariannya.

Sebagian besar warga suku Amungme bekerja sebagai petani pindahan.

Sedangkan para pemudanya lebih menyukai berburu binatang di hutan untuk bekal makanan sehari-hari dan sebagian dijual ke pasar.

Pekerjaan inilah yang telah menjadi alat penyambung hidup suku Amungme setiap hari.

3. Suku Dani

Suku Dani Papua

Suku Dani Papua – foto fachri09.blogspot.com

Suku Dani merupakan salah satu Suku Yang Ada Di Papua yang sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah pusat maupun daerah.

Suku ini mendiami wilayah Jayawijaya dengan bermata pencaharian sebagai petani.

Sekalipun kelompok masyarakat begitu sigap ketika bertani, tetapi hal ini tidak didukung dengan peralatan yang lengkap. Bahkan masih banyak masyarakat suku yang bercocok tanam menggunakan alat dari tulang binatang.

Sisi tradisionalitas Suku Dani juga terlihat dari pakaian yang dipergunakan warga. Untuk warga pria masih menggunakan koteka atau sejenis kain yang menutupi kemaluan.

Sedangkan untuk warga perempuannya masih menggunakan Wah sejenis pakaian penutup tubuh bagian bawah berbahan dasar rumput dan ilalang.

4. Suku Korowai

Suku Korowai

Suku Korowai – Foto: PAPUA NEWS

Suku Yang Ada Di Papua selanjutnya adalah Suku Korowai yang merupakan suku di Papua yang menutup diri dari masyarakat luar.

Hal ini berdasarkan pada anggapan mereka, kalau suku korowai-lah satu-satunya manusia yang mendiami bumi.

Sekalipun demikian, masyarakat ini tidak tinggal di pedalaman hutan, melainkan menempati dataran rendah seperti rawa dan pinggiran sungai.

Suku Korowai merupakan satu-satunya suku Papua yang kaum prianya tidak memaki koteka.

Bahkan ada ahli yang menyatakan kalau suku ini hidup dengan bertelanjang bulat alias bugil. Mereka membangun rumah di atas pohon sehingga masyarakat Papua menyebutnya sebagai manusia pohon.

5. Suku Muyu, Suku Yang Ada Di Papua

Suku Muyu, Suku Yang Ada Di Papua

Suku Muyu, Suku Yang Ada Di Papua – foto regional.kompas.com

Suku Muyu terbilang suku asli Papua yang sudah modern. Sebagian besar suku ini mendiami Kabupaten Boven Digoel yang uniknya, sebagian besar warga Suku Muyu menjadi PNS di kabupaten tersebut.

Ini membuktikan kalau tingkat pendidikan masyarakat sudah begitu bagus.

Suku Muyu menempati wilayah Sungai Muyu yang dianggap terbesar di Kabupaten Digoel.

Penamaan suku sendiri diambil dari nama sungai tersebut yang sampai saat ini masih tetap mengalir dengan deras. Maka dari itu, Kabupaten Boven Digoel tergolong wilayah paling subur di Papua.

Itulah beberapa nama suku bangsa yang berada di Provinsi Papua Indonesia. Tentunya dengan adanya artikel ini, kamu menjadi mengetahui kalau Indonesia memang ragamnya suku bangsa.

Oleh sebab itu, menjaga kerukunan dan solidaritas adalah harga mati di dalam bangsa ini.

Leave a Reply