Budaya, Daftar Wisata

5 Tempat Ngabuburit yang Ngehits dan Kekinian

5 Tempat Ngabuburit yang Ngehits dan Kekinian 1

food.detik.com

Ngabuburit adalah hal yang paling menyenangkan bagi orang muslim sembari menunggu buka puasa. Sembari menunggu buka puasa di sore hari, banyak orang mencari kegiatan bermanfaat atau menyenangkan seperti jalan-jalan dengan teman, keluarga atau hanya di rumah menyiapkan menu berbuka.

Ngabuburit akan terasa lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama keluarga atau dengan sahabat dekat sehingga ngabuburit menjadi hal yang menyenangkan dan juga seru

Melalui artikel ini ada 5 tips tempat yang seru sebagai tempat untuk ngabuburit bersama keluarga dan juga sahabat

  1. Simpang Lima

Simpang Lima merupakan ikon Kota Semarang yang sudah sangat populer. Selain dijadikan untuk lokasi konser, ternyata Simpang Lima juga dijadikan lokasi nongkrong yang asyik sambil nunggu bedug. Banyak hiburan yang ada di Simpang Lima, seperti sepeda warna-warni yang bisa disewa untuk berkeliling.

5 Tempat Ngabuburit yang Ngehits dan Kekinian 2

jateng.tribunnews.com

Selain itu, banyak pedang yang menjual menu takjil beragam rasa. Dan yang lebih menarik dari tempat ini adalah, setelah berbuka kamu juga bisa sekaligus menjalankan ibadah shalat Maghrib di Masjid Raya Baiturrahman.

  1. Waduk Jatibarang
5 Tempat Ngabuburit yang Ngehits dan Kekinian 3

pegipegi.com

Tempat yang selanjutnya adalah Waduk Jatibarang. Tempat ini juga sering dikunjungi oleh warga ketika menjelang bedug. Di sana kamu bisa berjalan-jalan atau olahraga jogging sambil menunggu buka puasa. Jika merasa lelah tidak perlu khawatir, kamu bisa langsung membeli takjil yang dijual oleh beberapa pedagang. Memang pedangang yang berjualan tidak sebanyak di Simpang Lima, sehingga ada baiknya kamu membawa bekal dari rumah.

  1. Kota Lama

Kawasan Kota Lama di Semarang juga bisa dijadikan tempat nongkrong asyik bersama teman-teman. Sambil menunggu bedug, kamu bisa bercengkerama atau berfoto di kawasan Kota Lama. Banyak bangunan bergaya Eropa yang bisa kamu jadikan background untuk berfoto. Nah Kota Lama di Semarang juga cocok dijadikan lokasi buka bersama karena ada beberapa kafe menarik untuk dikunjungi.

Revitalisasi Kota Lama memang belum sepenuhnya tuntas, namun tanda-tanda kawasan ini bakal lebih ciamik sebagai tempat wisata unggulan sudah mulai terlihat. Setiap sore selama Ramadhan, kawasan Kota Lama banyak didatangi wisatawan yang ingin mendapatkan spot baru dalam berswafoto.

5 Tempat Ngabuburit yang Ngehits dan Kekinian 4

jateng.fajar.co.id

Selain itu drainase dan bidang pejalan kaki, trotoar ini juga layak dibidik menjadi objek foto. Ada barisan tugu mini dan ukuran sedang warna hijai yang menjadi ornamen sekaligus pembatas trotoar dengan jalan paving tersebut. Sebagian gedung-gedung tua juga mulai direnovasi. Sejumlah resto dan kafe juga menempati bangunan-bangunan kuno yang disulap lebih eksotis sekaligus Instagramable.

Soal harga makanan dan minuman di kawasan ini, Anda tak perlu was-was. Semua harga dipatok wajar. Artinya, kalau Anda berbuka puasa di kendai kaki lima, Anda cukup bayar sesuai dengan harga berlaku di PKL. Begitu pula bila Anda jajan di resto atau kafe di Kota Lama, Anda akan membayar sesuai dengan harga kebanyakan kafe di tempat lain.

  1. Taman Tabanas

Jika ingin menikmati suasana ngabuburit dengan hawa sejuk, kamu bisa berkunjung ke Taman Tabanas.Di Taman Tabanas, kamu bisa melihat keindahan Kota Semarang dari ketinggian.

Sambil menunggu bedug, kamu juga bisa duduk dan berfoto dengan keindahan lampu kota. Untuk kuliner tidak perlu khawatir, di Taman Tabanas terdapat banyak restoran yang bisa kamu kunjungi untuk berbuka puasa.

  1. Masjid Cheng Ho

Bagi warga Surabaya dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan bentuk arsitektur akulturasi budaya dan agama ini. Masjid ini menjadi tempat yang pas bagi orang untuk ngabuburit sambil belajar sejarah dibalik Masjid ini.

Pertama kali dibangun pada tahun 10 Maret 2002, bangunan ini dari awal sudah terkonsep dengan tema akulturasi budaya yang mencerminkan Indonesia yang kaya akan budaya dan agama yang berjalan beriringan.

5 Tempat Ngabuburit yang Ngehits dan Kekinian 5

jatim.tribunnews.com

Selain sekedar berfoto selfie dan mempelajari sejarah, saat ngabuburit kita  juga bisa beribadah sambil menunggu datangnya azan maghrib. Banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk membaca Al Quran, berdzikir, salat sunah dan lain sebagainya selama bulan Ramadan ini.

Banyak tempat yang dapat dijadikan referensi tempat untuk ngabuburit yang asyik dan pastinya bermanfaat positif yang dapat dilakukan selagi meninggu buka puasa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba para pembaca sekalian.

http://travel.tribunnews.com http://medcom.id

Leave a Reply