Alam

Puncak Sriti Lumajang, Tempat Menyaksikan Matahari Terbenam

Indahnya Matahari Terbenam di Puncak Sriti Lumajang

Indahnya Matahari Terbenam di Puncak Sriti Lumajang - Sumber: Gmap/konten receh

Puncak Sriti Lumajang – Keindahan alam Jawa Timur mulai banyak dikenal oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan asal Jawa Timur saja, tapi juga wisatawan luar Jawa Timur, hingga mancanegara. Jika dulu wisata Jawa Timur yang terkenal adalah Batu dan Malang, kini tidak lagi. Banyak daerah di Jawa Timur yang mulai mengembangkan wisatanya seperti Lumajang.

Lumajang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan berbagai keindahan. Alamnya yang masih asri, diolah dan dibuka untuk umum tanpa harus mengurangi keasriannya. Seperti Puncak Sriti yang ada di Lumajang ini.

Pemandangan Indah dari Puncak Sriti Lumajang

Pemandangan Indah dari Puncak Sriti Lumajang – Sumber: Gmap/konten receh

Harga Tiket Masuk Puncak Sriti Lumajang

Objek wisata ini sangat ramah di kantong wisatawan. Kamu tidak dikenakan tiket masuk ketika memasuki objek wisata ini. Hanya diharuskan membayar tarif parkir saja jika membawa kendaraan bermotor.

Jam Operasional Puncak Sriti Lumajang

Untuk mengunjungi Puncak Sriti, tidak harus terpacu waktu. Kamu bisa datang kapan saja, namun waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat sore jelang senja. Karena, objek wisata ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Hijau Asrinya Puncak Sriti Lumajang

Puncak Sriti Lumajang mulai dikenal oleh wisatawan sebagai objek wisata alam yang memukau. Apalagi, telah banyak wisatawan yang mengunggah foto – foto mereka di Puncak Sriti dan membagikannya di media sosial.

Alam Puncak Sriti masih sangat asri. Terlihat di sekitar masih banyak ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Bahkan, beberapa pohon tampak lebat dengan dedaunan yang hijau subur. Suara hewan dan serangga hutan masih dapat terdengar dengan sangat jelas. Seolah menjadi musik pengiring perjalanan menuju Puncak Sriti.

Baca juga ya :

Indahnya Pemandangan dari Puncak Sriti Lumajang

Indahnya Pemandangan dari Puncak Sriti Lumajang – Sumber: Gmap/Bintang Arttaizz

Kamu tidak perlu khawatir ketika mengunjungi Puncak Sriti, karena pengelola telah membuka jalan untuk menuju puncak. Sehingga, kamu bisa trekking menyusuri jalanan yang ada. Jalan ini dibuka supaya pengunjung tidak bingung dan tidak tersesat ketika mengunjungi Puncak Sriti.

Akses Trekking yang Mudah menuju Puncak Sriti Lumajang

Objek wisata ini sudah dikelola, meskipun masih sangat sederhana. Hal ini terlihat dari papan – papan penunjuk jalan yang ada di kawasan wisata. Selain itu, pengunjung juga dipermudah dengan akses jalan yang sudah diperbaiki.

Beberapa jalan masih berupa tanah, namun sudah diberi undak – undakan supaya tidak tergelincir. Ada juga bagian – bagian yang diberi pijakan dari bambu supaya lebih mudah untuk naik atau turun sisi yang cukup terjal. Pengunjung juga dipermudah dengan adanya tali pegangan di pinggir jalan, supaya tidak tergelincir ketika menaiki atau menuruni tangga.

Selain itu, ada juga bagian jalanan yang telah rata dengan semen. Sehingga tidak licin dan lebih nyaman, sayangnya belum semua bagian dibuat seperti ini.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbenam

Indahnya Matahari Terbenam di Puncak Sriti Lumajang

Indahnya Matahari Terbenam di Puncak Sriti Lumajang – Sumber: Gmap/konten receh

Jika biasanya wisata puncak identik dengan matahari terbit, namun berbeda dengan Puncak Sriti. Objek wisata ini menawarkan daya tarik mempesona berupa sunset poin atau pemandangan matahari terbenam.

Pengunjung hanya perlu menaiki puncak dengan waktu yang tidak lama, bisa dijangkau dengan 15 – 20 menit perjalanan dengan berjalan kaki. Dengan fasilitas trekking yang telah disediakan, tentu mempermudah perjalanan menuju Puncak Sriti.

Dari atas puncak ini, kamu dapat menyaksikan keindahan matahari terbenamnya dengan sempurna. Semakin menuju senja, warna matahari semakin memudar, dari kuning menjadi oranye. Bentuk bulat matahari pun semakin jelas terlihat, yang membuatnya semakin tampak sempurna dan mempesona. Sayup – sayup terdengar suara burung turut kembali ke sangkar. Pepohonan mulai memunculkan siluet gelapnya, membelakangi sinaran matahari senja.

Spot Foto di Puncak Sriti Lumajang

Spot Foto di Puncak Sriti Lumajang

Spot Foto di Puncak Sriti Lumajang – Sumber: Gmap/konten receh

Tidak hanya matahari terbenam yang menjadi daya tarik foto di sini. Kamu juga dapat berfoto di spot – spot foto yang telah disediakan. Spot foto dari bambu siap menemanimu untuk unjuk dalam berbagai gaya foto.

Ada sangkar burung hingga gardu pandang dari bambu yang cukup luas. Latar belakang foto di sini berupa pemandangan hijau yang begitu memukau. Dengan luasnya langit biru yang seolah memayungi hutan.

Lokasi dan Rute Menuju Puncak Sriti Lumajang

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dari pasar Pronojiwo, kamu dapat menuju arah Tempursari sejauh kurang lebih 900 meter. Jalan masuk menuju Puncak Sriti bukanlah gapura atau gerbang, namun warung bakso Puncak Sriti yang begitu terkenal itu. Dari ini, kamu bisa mulai trekking, yang mana sebaiknya dilakukan mulai pukul 4 sore.

Leave a Reply