Bukit, Alam, Daftar Wisata, Desa Wisata, Gunung

Nostalgia Kapal Titanic di Jurang Tambelan Kanigoro Yogyakarta

Jurang Tambelan Kanigoro

Sunrise di Tepi Jurang Tambelan Kanigoro - foto syam

Jurang Tambelan Kanigoro – Yogyakarta memang layak disebut sebagai daerah istimewa dengan keberagaman yang dimilikinya. Salah satunya di sektor pariwisatanya yang begitu mengagumkan dan sukses menarik minat wisatawan lokal maupun domestik. Yogyakarta memang tergolong sukses dalam mengadakan dan mengembangkan kawasan wisata alam.

Nama Kabupaten Bantul tentu menjadi sorotan karena Kawasan tersebut yang paling banyak menyumbangkan nama daerah wisata terkenal. Salah satunya adalah Hutan Pinus dan Puncak Mangunan, tak jauh dari sana terdapat objek wisata yang tak kalah memukau. Tak jauh berbeda karena ini juga merupakan objek wisata alam yaitu Jurang Tambelan Kanigoro.

Harga Tiket Masuk Jurang Tambelan Kanigoro

Jurang Tambelan Kanigoro

Jurang Tambelan Kanigoro – foto lilik sabarisman

Bagi wisatawan yang bosan dengan suasana perkotaan, Jurang Tambelan bisa menjadi salah satu alternative untuk sedikit melepaskan penat. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk menikmati kawasan wisata satu ini tidaklah mahal. Bahkan pihak pengelola memberikan harga spesial yaitu gratis, hanya saja dikenakan biaya untuk parkir saja.

Adapun datar biaya parkir kendaraan di Jurang Tambelan adalah:
Sepeda motor : Rp 3.000,-
Mobil : Rp 5.000,-
Elf : Rp 10.000,-
Bus : Rp 20.000,-

Kapal Titanic yang Ikonik di Jurang Tambelan Kanigoro

Jangan membayangkan adanya kapal besar nan megah seperti dalam film yang pernah dibintangi oleh Leonardo DiCaprio tersebut. Kapal Titanic di Jurang tambelan ini adalah sebutan warga sekitar, karena memang kapasitasnya hanya dua orang. Letaknya di bibir jurang dan terbuat dari kayu, wisatawan tidak perlu khawatir karena cukup aman untuk dijadikan spot di Kawasan tersebut.

Banyak yang menyebut jika berkunjung ke Jurang Tambelan seolah belum lengkap jika belum mengabadikan momen di Kapal Titanic ini. Terlebih jika membawa pasangan, berdiri di ujung kapal sembari menikmati hembusan angina seolah meningkatkan romantisme dalam hubungan. Ditambah lagi eloknya pemandangan Pegunungan Sewu yang terlihat dari sana semakin menambah ksempurnaan.

Jurang Tambelan Kanigoro

Kapal Titanic ikonik di Jurang Tambelan Kanigoro

Spot Kapal Titanic itu juga sering digunakan oleh wisatawan untuk menangkap momen sunrise maupun sunset . Berada di puncak ketinggian, lengkap dengan panorama indahnya benar-benar pas untuk menikmati sunset. Terlihat begitu indah cahaya berwarna oranye yang perlahan mengilang terbenam di balik Pegunungan Sewu.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati sunrise wajib untuk datang pagi hari, jika perlu saat Shubuh. Saat beruntung, wisatawan bisa mengabadikan foto diri di atas kapal berhiaskan kabut awan di pagi hari. Sehingga memberikan efek seolah berlayar di nirwana.

Fasilitas di Wisata Jurang Tambelan Kanigoro

Selain spot unik kapal Titanic, ada juga kupu-kupu raksasa yang berada di tepi jurang. Biasanya kupu-kupu ini juga menjadi primadona kedua untuk dijadikan latar foto, tempatnya pun juga tidak terlalu jauh dari Kapal Titanic. Selain itu ada sebuah ayunan dengan tali yang berhiaskan bunga, sangat cocok bagi pasangan yang sedang kasmaran.

Jurang Tambelan Kanigoro

Spot Foto Lain di Jurang Tambelan Kanigoro – foto Supri Supreet

BACA JUGA:

Lokasi wisata Jurang Tambelan ini rupanya juga memiliki fasilitas yang cukup memadai meskipun biaya masuknya gratis. Lokasi parkir yang lumayan luas adalah fasilitas pertama yang dapat dinikmati wisatawan. Jurang Tambelan juga menyediakan toilet dan kantin atau warung penjual makanan bagi wisatawan yang tidak membawa bekal.

Rute ke tempat wisata Jurang Tambelan Kanigoro

Rute menuju Jurang Tambelan Kanigoro

Rute menuju Jurang Tambelan Kanigoro – foto Ilham Ramadhan

Wisatawan tidak perlu khawatir untuk mengunjungi lokasi satu karena sangat mudah dijangkau. Dimulai dari pusat kota Yogyakarta, kearah Timur menuju Jalan Pangurakan, kemudian mengambil jalur kearah selatan melewati jalan Brigjen Katamso. Dilanjutkan lurus hingga ke perempatan kearah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono sampai ke pertigaan kearah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja.

Lurus terus hingga ke Jalan Imogiri Barat, sampai pertigaan kearah timur melewati Jalan Makan Raja, sampai pertigaan kearah selatan menuju jalan Imogiri – Dlingo. Dilanjutkan jalan lurus hingga ke Kebun Buah Mangunan dan ikuti petunjuk hingga menuju Jurang tambelan. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Jurang tambelan itu sekitar 22 kilometer.

Leave a Reply