7 Trik Menghadapi Ujian Online Agar Hasil Memuaskan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Informatif

7 Trik Menghadapi Ujian Online Agar Hasil Memuaskan

Trik Menghadapi Ujian Online

Saat pandemi melanda bahkan kasus pandemi mulai turun, tetap ada yang melaksanakan ujian online. Pendidikan formal dan non formal sama-sama mengadakan ujian yang dilakukan secara daring tersebut. Peserta ujian bisa melakukan trik menghadapi ujian online ini agar nanti saat ujian bisa lebih lancar.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika akan menghadapi ujian online, mulai dari latihan soal, persiapan dan tempatnya. Peserta bisa mengikuti ujian online dimana saja asalkan waktu sesuai dengan jadwal. Untuk bisa sukses dalam menghadapi ujian online, cobalah trik berikut ini:

1.Memahami Kisi-Kisi Soal

biasanya saat akan menghadapi ujian secara online, guru akan memberikan panduan belajar pada siswa. Salah satunya dengan memberikan kisi-kisi atau prediksi soal untuk ujian. Peserta bisa memanfaatkan secara langsung kisi-kisi yang diberikan guru tersebut untuk menjadi panduan belajar.

Ruang lingkup belajar memakai kisi-kisi akan lebih spesifik dan terarah. Jadi saat ujian siswa akan lebih mudah untuk bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Selain itu pula, panduan pada kisi-kisi akan memberikan batasan kepada siswa untuk memahami materi yang telah diberikan guru.

2. Membuat Manajemen Waktu Belajar

Sebelum ujian dimulai, trik menghadapi ujian online yaitu dengan membuat manajemen waktu belajar. Misalnya saja kamu bisa mengambil waktu-waktu yang efektif juga efisien jika ingin belajar. Malam sebelum tidur, atau bangun di pagi hari sebelum melakukan aktivitas keluar rumah.

Manajemen waktu belajar juga bisa didukung dengan adanya bantuan dari aplikasi kelas online. Misalnya saja materi dari Googleclassroom yang bisa diakses kembali saat akan belajar atau juga soal ujian yang ada di aplikasi tersebut. Dengan menentukan manajemen waktu belajar, pastinya akan lebih efektif dalam memahami pelajaran dan perbanyak latihan soal.

3. Gunakan Metode Belajar yang Tepat

Mengenali gaya belajar saat akan menghadapi ujian merupakan hal penting yang harus dilakukan. Metode belajar yang  tepat akan lebih efektif dan bisa dengan mudah memahami materi secara cepat. Kenali diri sendiri apakah suka dengan belajar secara audio, visual atau perpaduan antara audio dan visual.

Untuk bisa menghadapi ujian online, kamu tidak hanya cukup belajar secara mandiri saja, cobalah untuk belajar kelompok bersama teman. Adanya belajar kelompok menjadi salah satu metode belajar yang akan semakin membantu dalam memperkaya materi. Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman tentang tingkah laku guru tentang bagaimana cara mengawasi ujian online. Jadi saat ujian berlangsung bisa tetap percaya diri dan mengikuti ujian dengan lancar.

4. Bangun Tepat Waktu

Tips menghadapi ujian online bisa dengan memperhatikan waktu agar bisa bangun sebelum ujian dimulai. Oleh karena itu, kamu harus menghindari belajar dengan cara sistem kebut semalam. Pentingnya melakukan persiapan belajar sebelum ujian dimulai merupakan cara agar ujian bisa dihadapi dengan mudah.

saat akan ujian juga harus paham kapan jadwal ujian dimulai, agar tidak terlambat masuk secara daring. Penting bagi kamu untuk memperhatikan mata pelajaran apa yang nantinya akan diujikan secara langsung. Oleh karena itu, waktu istirahat yang cukup dan persiapan materi yang memadai akan melancarkan pelaksanaan saat menghadapi ujian online

5. Memilih Tempat yang Nyaman 

Berikutnya trik menghadapi ujian online bisa dengan memilih tempat yang nyaman. Pasalnya ujian online yang dilaksanakan ini memberikan keleluasaan pada siswanya untuk pilih tempat dimana saja. Pastikan tempat ujian nyaman, tenang dan sejuk, agar kamu bisa mengikuti ujian tanpa ada kendala.

Pasalnya tempat saat menghadapi ujian online juga berpengaruh pada siswa yang akan mengikuti ujian online. Seperti pencahayaan yang cukup, tempat harus tenang agar lebih mudah berkonsentrasi. Jangan lupa pula untuk pilih tempat yang mendukung koneksi internet bisa lebih kencang agar tidak terjadi kendala jaringan saat ujian online.

6. Persiapkan Perangkat dan Peralatan

Pada saat akan melakukan ujian online, maka diperlukan persiapan seperti perangkat elektronik. Kamu bisa menggunakan HP atau laptop untuk ikut ujian, pastikan perangkat yang digunakan full baterai. Jangan lupa pula untuk sediakan charge dan duduk di tempat yang tidak jauh dari stop kontak.

Tidak hanya perangkat saja yang penting untuk disiapkan saat ujian online. Persiapkan peralatan pendukung lainnya, seperti pensil, pulpen, catatan dan sebagainya. Jika menghadapi soal matematika atau berhubungan dengan perhitungan, maka kamu butuh alat bantu tersebut.

7. Berpikir Positif dan Tenang Saat Ujian

Saat akan menghadapi ujian online dan melaksanakan secara langsung, tetaplah berpikir positif. Bangun kepercayaan diri, bahwa mampu menghadapi soal ujian dengan tenang dan optimis. Dengan menjaga pola pikir positif ini bisa menaklukan soal ujian lebih baik lagi.

Menghadapi ujian, terutama online memang akan sangat berbeda, pastikan diri untuk selalu fokus pada soal. Saat berkonsentrasi dan dihadapi secara tenang maka soal ujian bisa dijawab dengan mudah. Saat mengawali saat ujian online dan mengakhirinya dengan berdoa agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dengan mengikuti trik menghadapi ujian online pastinya kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Saat ujian, tetaplah tenang dan siapkan semuanya dengan baik agar berjalan lancar. Jangan lupa pula untuk memeriksa koneksi internet agar tetap lancar saat mengikuti ujian online.

Leave a Reply