6 Tempat wisata di Wangi-wangi Wakatobi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Budaya, Desa Wisata

6 Tempat wisata di Wangi-wangi Wakatobi

Desa Mola

Sumber: travellingyuk.com

Tempat wisata di Wangi-wangi – Nah, siapa sih yang tidak kenal dengan Wakatobi? Hampir semua orang yang menyukai wisata alam bawah laut pasti tau Wakatobi, termasuk kamu. Wakatobi sudah sangat dikenal dengan keindahan wisata bawah lautnya. Wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara.

Sudah kenal dengan Wakatobi, apa kamu juga sudah tau Wangi-wangi? Wangi-wangi adalah nama salah satu pulau besar yang ada di Kepulauan Wakatobi. Wangi-wangi sebagai pintu masuk wisata Wakatobi juga merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Wakatobi.

Jadi, bila kamu tau Wakatobi, maka kamu harus juga mengenal Wangi-wangi karena Wangi-wangilah salah satu gugusan pulaunya. Walau namanya yang tidak setersohor Wakatobi, Wangi-wangi punya wisata alam yang sangat menakjubkan dan bisa membuat kamu terpukau. Setelah membaca artikel ini, dijamin kamu akan menambahkan Wangi-wangi dalam bucket list-mu.

1. Laut Onemohete

Jadi, ini salah satu tempat wisata di Wangi-wangi yang berada di bawah laut. Laut Onemohete masih termasuk bagian dari Taman Nasional Wakatobi. Onemohete juga dijuluki sebagai “A Paradise for Divers” karena memiliki pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa. Sehingga bagi kamu yang menyukai diving, silahkan datang ke Laut Onemohete dan bersiaplah untuk terpukau.

Ada apa saja di Laut Onemohete? Tentunya, kamu bisa menemui biota-biota laut yang sangat menakjubkan. Daripada penasaran dengan Laut Onemohete, lebih baik kamu buktikan sendiri keindahan dan pesona surga bawah lautnya.

Selain menjadi nelayan, kebanyakan warga Wangi-wangi juga menyewakan perahu mereka untuk para wisatawan sebagai penghasilan tambahan mereka. Nah, tidak perlu khawatir, untuk bisa mengunjungi beberapa spot diving yang ada di Laut Onemohete, kamu bisa menyewa perahu warga setempat. Kamu pasti dijamin terpukau.

2. Gua Kontamale

Tidak hanya keindahan bawah laut, Wangi-wangi juga memiliki beberapa Gua Air Tawar yang juga sangat indah. Salah satunya adalah Gua Kontamale Wanci. Gua yang menakjubkan ini tepat berada di tengah Kota Wangi-Wangi, dekat dengan perumahan penduduk.

Tempat wisata di Wangi-wangi, Gua Kontamale

Tempat wisata di Wangi-wangi, Gua Kontamale – Sumber: indonesiakaya.com

Salah satu gua yang merupakan tempat wisata di Wangi-wangi ini adalah gua yang sangat asri dan rindang akibat dinaungi pepohonan yang besar. Sehingga, gua ini menjadi sangat teduh dan sejuk.  Di kawasan Kontamale, kamu akan menemukan area pemandian yang memiliki air jernih berwarna kebiruan. Selain dimanfaatkan untuk mandi, penduduk biasanya juga mencuci baju disana. Meski begitu, air yang ada di kawasan Kontamale tetap jernih loh.

3. Desa Mola

Salah satu desa sebagai tempat wisata di Wangi-wangi adalah Desa Mola. Kamu bisa bertemu dengan penduduk Suku Bajo yaitu dengan menyusuri perkampungan menggunakan perahu. Suku Bajo adalah suku asli yang tinggal di Pulau Mola yang setidaknya berjumlah 16.000 orang.

Tempat wisata di Wangi-wangi, Desa Mola

Tempat wisata di Wangi-wangi, Desa Mola – Sumber: travellingyuk.com

Leave a Reply