Daftar Wisata, Alam, Budaya, Desa Wisata

6 Tempat wisata di Wangi-wangi Wakatobi

Desa Mola

Sumber: travellingyuk.com

Tempat wisata di Wangi-wangi – Nah, siapa sih yang tidak kenal dengan Wakatobi? Hampir semua orang yang menyukai wisata alam bawah laut pasti tau Wakatobi, termasuk kamu. Wakatobi sudah sangat dikenal dengan keindahan wisata bawah lautnya. Wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara.

Sudah kenal dengan Wakatobi, apa kamu juga sudah tau Wangi-wangi? Wangi-wangi adalah nama salah satu pulau besar yang ada di Kepulauan Wakatobi. Wangi-wangi sebagai pintu masuk wisata Wakatobi juga merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Wakatobi.

Jadi, bila kamu tau Wakatobi, maka kamu harus juga mengenal Wangi-wangi karena Wangi-wangilah salah satu gugusan pulaunya. Walau namanya yang tidak setersohor Wakatobi, Wangi-wangi punya wisata alam yang sangat menakjubkan dan bisa membuat kamu terpukau. Setelah membaca artikel ini, dijamin kamu akan menambahkan Wangi-wangi dalam bucket list-mu.

1. Laut Onemohete

Jadi, ini salah satu tempat wisata di Wangi-wangi yang berada di bawah laut. Laut Onemohete masih termasuk bagian dari Taman Nasional Wakatobi. Onemohete juga dijuluki sebagai “A Paradise for Divers” karena memiliki pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa. Sehingga bagi kamu yang menyukai diving, silahkan datang ke Laut Onemohete dan bersiaplah untuk terpukau.

Ada apa saja di Laut Onemohete? Tentunya, kamu bisa menemui biota-biota laut yang sangat menakjubkan. Daripada penasaran dengan Laut Onemohete, lebih baik kamu buktikan sendiri keindahan dan pesona surga bawah lautnya.

Selain menjadi nelayan, kebanyakan warga Wangi-wangi juga menyewakan perahu mereka untuk para wisatawan sebagai penghasilan tambahan mereka. Nah, tidak perlu khawatir, untuk bisa mengunjungi beberapa spot diving yang ada di Laut Onemohete, kamu bisa menyewa perahu warga setempat. Kamu pasti dijamin terpukau.

2. Gua Kontamale

Tidak hanya keindahan bawah laut, Wangi-wangi juga memiliki beberapa Gua Air Tawar yang juga sangat indah. Salah satunya adalah Gua Kontamale Wanci. Gua yang menakjubkan ini tepat berada di tengah Kota Wangi-Wangi, dekat dengan perumahan penduduk.

Tempat wisata di Wangi-wangi, Gua Kontamale

Tempat wisata di Wangi-wangi, Gua Kontamale – Sumber: indonesiakaya.com

Salah satu gua yang merupakan tempat wisata di Wangi-wangi ini adalah gua yang sangat asri dan rindang akibat dinaungi pepohonan yang besar. Sehingga, gua ini menjadi sangat teduh dan sejuk.  Di kawasan Kontamale, kamu akan menemukan area pemandian yang memiliki air jernih berwarna kebiruan. Selain dimanfaatkan untuk mandi, penduduk biasanya juga mencuci baju disana. Meski begitu, air yang ada di kawasan Kontamale tetap jernih loh.

3. Desa Mola

Salah satu desa sebagai tempat wisata di Wangi-wangi adalah Desa Mola. Kamu bisa bertemu dengan penduduk Suku Bajo yaitu dengan menyusuri perkampungan menggunakan perahu. Suku Bajo adalah suku asli yang tinggal di Pulau Mola yang setidaknya berjumlah 16.000 orang.

Tempat wisata di Wangi-wangi, Desa Mola

Tempat wisata di Wangi-wangi, Desa Mola – Sumber: travellingyuk.com

Uniknya, Suku Bajo tinggal di rumah tancap yang mereka bangun di atas laut. Itu merupakan kekhasan rumah Desa Mola yang juga membuat Desa Mola menjadi sangat unik. Dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan, hal ini membuat Suku Bajo identik dengan laut. Nah, bila berada di Desa Mola, kamu bisa berinteraksi langsung dengan penduduknya. Tenang, kamu bisa didampingi tour guide untuk membantumu menjelajah Desa Mola.

4. Desa Liya Togo

Selain Desa Mola, salah satu desa yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Desa Liya Togo. Kamu akan menemui suasana dan pemandangan desa yang asri. Tak hanya itu, Desa Liya Togo akan menunjukkan adat dan budaya Wangi-wangi yang masih sangat kental.

Dulu, sebuah kerajaan pernah berjaya di wilayah tersebut. Sehingga bila sampai di Desa Liya Togo, kamu bisa menemui sisa-sisa bekas banteng pada masa kesultanan Buton. Tidak hanya itu, kamu bisa melihat peninggalan lain berupa bangunan seperti masjid dan beberapa situs lainnya.

Nah, Wangi-wangi tidak hanya memiliki wisata alam yang bagus, tapi juga menyuguhkan wisata budaya yang mengedukasi para pengunjungnya. Siap untuk mengenal budaya Wangi-wangi?

5. Sombu Jetty

Sombu Jetty merupakan salah satu spot diving di Wangi-wangi yang sangat menakjubkan. Sangking bagusnya, Sombu Jetty selalu diramaikan oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Selain diving, kamu juga bisa menikmati kekayaan dan keindahan laut Wangi-wangi dengan berenang, snorkelling ataupun hanya sekadar untuk melihat senja matahari saja. Bagusnya lagi, air lautnya terlihat sangat jernih dan tampak bening seperti kaca. Bukan hanya itu, kamu bisa temui berbagai macam terumbu karang yang tentunya sangat indah.

6. Pantai Sousu

Tempat indah di Wangi-wangi memang tidak ada habisnya. Wangi-wangi masih punya Pantai Sousu yang merupakan salah satu tempat untuk menyaksikan sunrise terbaik. Pantai ini terletak di Desa Matahora, Kecamatan Wangi-wangi Selatan. Bukan hanya menyediakan sunrise yang indah, Pantai Sousu juga menjadi tempat snorkling dan diving favorit loh.

Tempat wisata di Wangi-wangi, Pantai Sousu

Tempat wisata di Wangi-wangi, Pantai Sousu – Sumber: jalanwisata.id

Pantai Sousu memiliki keanekaragaman karang dan koral yang luar biasa. Biota lautnya juga menjadi daya tarik yang kuat terhadap wisatawan untuk mencicipi keindahan bawah lautnya. Mau snorkling dan diving tapi ga bawa alatnya? Tenang, kamu bisa dengan mudah menjumpai penduduk yang menyewakan peralatan untuk diving dan snorkling di sana.

Nah, itulah 6 wisata yang patut kamu kunjungi saat berada di Wangi-wangi Wakatobi. Sekarang tentukan wisata mana yang harus kamu tulis dalam bucket list-mu. Semuanya juga boleh kok. Selain tempat wisata Sulawesi Tenggara yang bagus, kamu juga bisa liat 5 Tempat Wisata di Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan yang Lagi Hits loh.

Leave a Reply